081232584950 | Efek Penggunaan Mulsa Plastik Hitam Perak (MPHP) Pada Tanaman


Pengembangan teknologi sistem Mulsa Plastik dirintis oleh Jepang dan Taiwan yang memperkenalkan Mulsa Plastik Hitam Perak (MPHP). MPHP ini memiliki dua muka dan dua warna, yaitu muka pertama berwarna hitam dan muka kedua berwarna perak.
* Warna perak (menghadap atas/tanaman) berfungsi memantulkan sinar matahari/sinar ultraviolet yang berguna untuk membunuh hama yang ada di permukaan bawah daun seperti: aphid, thrips, tungau, ulat, dan cendawan.
* Warna hitam untuk menutup permukaan tanah, menghadap bawah, yang berfungsi untuk menghalangi tumbuhnya gulma atau rumput liar yang mengganggu tanaman.

Dari fungsinya tersebut maka penggunaan mulsa plastik di daerah tropis sangat dianjurkan. Apalagi dengan mulsa plastik yang berwarna hitam perak dengan ketebalan 0,275-0,35 (27,5-35 mikron) mempunyai dampak yang sangat baik. Ukuran plastik mulsa yang sering digunakan biasanya lebar 120 cm & panjang sekitar 450-600 meter. 
Biasanya Plastik mulsa sering digunakan pada tanaman: mentimun, tomat, strawberri dan kubis bunga, cabai, jagung dll. 

Beberapa keuntungan/manfaat menggunakan mulsa plastik hitam perak (MPHP) antara lain :
- Pemberian pupuk dapat dilakukan sekaligus total sebelum tanam
- Menjaga tanah tetap gembur, suhu dan kelembaban tanah relatif tetap (stabil)
- Mencegah tercucinya pupuk oleh air hujan, dan penguapan unsur hara oleh sinar matahari
- Buah cabai yang berada di atas permukaan tanah terhindar dari percikan air tanah sehingga dapat mengurangi resiko   berjangkitnya penyakit busuk buah.
- Kesuburan tanah tetap terjaga karena pemupukan dapat merata, sehingga pertumbuhan dan produksi tanaman budidaya relatif seragam (homogen).
- Praktis untuk melakukan sterilisasi tanah dengan menggunakan gas fumigan seperti Basamid-G, karena fungsi MPHP mempercepat proses pembentukan gas zat fumigan tanpa harus membeli plastik khusus.
- Secara ekonomis penggunaan MPHP dapat mengurangi pekerjaan penyiangan dan penggemburan tanah, sehingga biaya pengadaan MPHP dapat dialokasikan dari biaya pemeliharaan tanaman tersebut.
- Pada musim kering (kemarau), MPHP dapat menekan penguapan air dari dalam tanah, sehingga tidak terlalu sering untuk melakukan penyiraman (pengairan).

Kami produsen & distributor plastik mulsa.
Bagi Anda yang ingin melakukan pemesanan mulsa plastik hitam perak (MPHP) bisa menghubungi kami:
- SMS/Call: 087702821277 | 081232584950
- Phone: 031-8830487
- Email: limcorporation2009@gmail.com

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama