Mengintip Gurihnya Usaha Budidaya Tanaman Gaharu


Butuh ketahuan pohon penghasil gaharu (Aquilaria, Sp) ialah spesies original Indonesia yg serasi ditanam di daerah Sumatera, dataran tinggi Jawa, Kalimantan & Irian Jaya. Dari sekian tidak sedikit type gaharu, sekian banyak spesies gaharu komersial yg telah mulai sejak dibudidayakan ialah : Aqualaria Malaccensis, A.Microcarpa, A.Beccariana, A.Hirata, A.Filaria & Grynops Verteggi pula A. Cresna asal Kamboja. Gaharu Cianjur.

Gaharu ialah tipe kayu yg mempunyai beraneka ragam macam warna & wujud yg khas. Type kayu gaharu mempunyai kandungan damar wangi maka kayu ini dijadikan sbg bahan pewangi alami. Butuh ketahuan serta bahwa kategori kayu gaharu yaitu bahan aromatik yg termahal didunia. Indonesia merupakan negeri pengekspor kayu gaharu nomor wahid didunia. maka dari itu, budidaya pohon gaharu ialah kesempatan business yg amat sangat menggiurkan. Sekedar kabar, harga kayu gaharu bersama mutu yg paling baik mampu berharga antara Rupiah 5 juta per kg sampai Rupiah 20 juta per kg. Sempat diberitakan bahwasannya harga kayu gaharu sempat mencapai Rupiah 100 juta per kg. Bukankah ini teramat menjanjikan?

Harga Tergantung Mutu Gaharu
Meskipun kayu yg kita hasilkan tak sebagus yg di harapkan, namun tak butuh galau. Dikarenakan harga kayu gaharu konsisten tergolong tinggi walaupun kualitasnya rendah. Dari kelas yang paling rendah saja, harga kayu gaharu masihlah dapat mencapai Rupiah 50 ribu per kg. Kita terus mampu untung meski kualitas hasil panen kurang baik.

Sebenarnya kayu gaharu digunakan utk apa hingga harganya mampu mencapai amat sangat tinggi? Type kayu ini diimpor oleh negara-negara lain dari Indonesia untuk dijadikan bahan baku obat-obatan, parfum, kosmetik, hingga diperlukan untuk acara-acara ritual keagamaan. Maka budidaya gaharu yaitu salah satu peluang business yang amat baik prospeknya ketika ini.

Trick Budidaya Gaharu
Ada sekian tidak sedikit arahan menyangkut bersama budidaya gaharu. Yg paling dilakukan dilakukan merupakan menyiapkan lahan. Setelah Itu, kita mencari bibit pohon gaharu yg berkwalitas baik. langkah berikutnya kita harus mencari tahu serta di mana kita akan menyetorkan hasil panen kita ini nantinya. Setelah semuanya info kita temukan, langkah berikutnya yaitu menuntut ilmu dengan cara mendalam menyangkut budidaya gaharu.

Step - Step Dalam Penanaman Gaharu
1. Pilihlah lahan yg tepat, lahan yang tidak terendam air (seperti sawah ataupun rawa-rawa) yang berada di ketinggian antara 0 hingga 750 mdpl.
2. Menyiapkan bibit gaharu. Dalam musim pembibitan, gaharu mampu ditanam dahulu di dalam polybag.
3. Sembari menunggu bibit siap dipindahkan, kita mengolah lahan biar tanahnya lebih subur. Kita menciptakan lubang-lubang utk penanaman, memberinya pupuk kandang, dan membiarkannya hingga kurang lebih 1 bln.
4. Sesudah bibit siap ditanam, baru kita pindahkan ke lahan yang telah kita siapkan tadi. Ketika penanaman, jarak tanam yangg ideal yaitu kira kira 2 x 2,25 meter. Sedangkan waktu paling baik untuk menanam ialah di awal masa hujan ketika pagi atau sore hri.
5. Setelah itu, pohon terus dirawat bersama pemberian pupuk dan pengairan dgn kiat rutin. Hingga mencapai usia 18 bulan, pohon sebaiknya diberikan naungan agar teduh. Utk naungan (peneduh) dapat memanfaatkan paranet/shading net. Utk kepentingan paranet dapat hubungi kami di 08123.258.4950 - 0877.0282.1277 - 0852.3392.5564. Berita lebih rincian mengenai paranet mari klik disini.

Pembersihan rumput dapat dilakukan 3 bulan sekali atau menyaksikan situasi keadaan tanaman. Pemangkasan cabang/ranting pohon mampu dilakukan pada dikala tanaman berumur 3 – 5 tahun, dgn memotong cabang bagian bawah dan menyisakan 4 – 10 cabang atas. Pucuk tanaman dipangkas dan dipelihara cukup sekitar 5 M sehingga memudahkan pekerjaan inokulasi gaharu. Apa itu Inokulasi?

Inokulasi (Penyuntikan)
Inokulasi adalah salah satu elemen yang sangat penting dalam business gaharu, karena resin gaharu sangat tidak enteng terbentuk dgn kiat alami. Oleh dikarenakan itu dibutuhkan campur tangan manusia seperti pelaksanaan pelukaan dan memberikan bahan pemicu produksi resin gaharu seperti cendawan dan bahan yg lain.

Cendawan yg biasa diinokulasikan seperti tipe fusarium sp, phiolphora parasitica, torula sp, Aspergilus sp, Penicilium sp, Cladosporium sp, Opicoccum Granulatum sp, Clymndrocladium sp, sphaeropsis sp, Botryodlipodhia theobromae, Tricodarma sp, phomopsis sp, Chunninghamella echinulata.

Tingkat keberhasilan inokulasi terhadap satu pohon amat bervariasi. Perhitungan yang amat pesimis hasil budidaya kepada tahun ke tujuh yakni 1 kg gubal, 10 kg kemendangan dan 15 kg abu. Namun Berdasarkan pengalaman optimis dari Thailand hasilnya mencapai 5 – 10 kg gubal.

Musim Panen Gaharu
Ada dua macam kiat memanen gaharu.
a. Pemanenan Dengan Cara Berkala
Pemanenan ini dilakukan dgn kiat mengeruk, mengerok, mengupas bidang pohon yang telah terinfeksi dan menghasilkan damar wangi (gaharu) dan hasilnya kebanyakan berbentuk serpihan-serpihan kecil. Setelah dilakukan pemanenan maka dilakukan proses inokulasi lagi.

b. Pemanenan Total
Pemanenan ini dilakukan dengan cara menebang habis tanaman penghasil gaharu yang sudah diinokulasi dan menunjukkan pohon tersebut telah terbentuk gubal gaharu antara lain :
1. Daun pada tajuk menguning dan rontok.
2. Ranting-ranting telah mulai sejak mengering.
3. Dipandang dengan cara fisik pertumbuhan telah berhenti (mogok).
4. Kulit batang telah mulai sejak mengering.
5. Kulit kupasan seandainya dibakar dapat mengeluarkan aroma harum khas.
Begitu artikel berkaitan trik budidaya pohon gaharu, mudah-mudahan berguna.
Baca juga Jual Mulsa Plastik Merk KUDA.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama