Senin, 09 Mei 2016

Langkah Budidaya Strawberry




 Ada cara-cara untuk pembibitan budidaya stoberi, tetapi yang kerap dipakai beberapa pekebun stoberi yakni pembibitan dengan biji serta pembibitan dengan stolon.

1. Pembibitan dengan Biji
Benih sroberi bisa kita beli di beberapa toko penyedia bibit tanaman, jika bibit telah ada langkah pertama untuk menanam stoberi yakni merendam benih sepanjang 15 menit, sesudah di rendam benih kita angin-anginkan agar kering. Benih yang telang kering lalu disemai ditempat penyemaian yang telah diberi media tanam berbentuk kombinasi tanah, pasir, serta pupuk kompos halus yang steril. Dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Setelah itu benih kita semai dengan cara rata di kotak bibit persemaian yang sudah kita sediakan lalu tutup dengan tanah tidak tebal. Serta paling akhir tutp permukaan dengan plastic atau kaca bening serta taruh pada temperature 18-20 °C.
Proses seterusnya siram benih sehari-hari. Sesudah tumbuh serta memiliki dua helai daun, jadi bibit sudah siap untuk dipindahkan kebedengan sapih. Bibit ditanam di bedengan sapih dengan jarak antarbibit, yakni 2-3 cm. media tanam bedeng sapih sama juga dengan media yang dipakai pada persemaian. Bedengan di beri atap plastic bening. Sepanjang di dalam bedengan, bibit di beri pupuk daun. Sesudah memiliki ukuran 10 cm serta tanaman sudah merumpun, bibit siap dipindahkan ke kebun.

2. Pembibitan dengan Stolon
Stolon bisa dimanfaatkan untuk perbanyak tanaman strobery. Langkahnya adalah seperti berikut. Tentukan rumput strobery yang sudah mempunyai akar sulur pertama serta ke-2. Lalu, potong ke-2 akar sulur itu. Selanjutny, bibit sulur ditanam didalam polybag memiliki ukuran 18 x 15 cm yang diisi media kombinasi tanah, pasir, serta pupuk kandang, dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Sesudah tingginya 10 cm serta berdaun rimbun, bibit siap dipindahkan ke kebun.
Diluar itu langkah budidaya dapat digunakan memakai polybag-polybag dengan memakai media tanam kombinasi gabah padi serta pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1.
Sesudah bibit di persemaian berdaun, bibit itu siap dipindahkan ke polybag-polybag besar dengan ukuran 30 x 30 cm dengan media yang sama. Serta di polybag ini bibit dipelihara hingga menghasilkan buah siap panen.


Pemrosesan Media Tanam
Setelah melakukan pembibitan hal yang perlu di perhatikan adalah pemrosesan media tanam. Pada umumnya, media tanam tumbuhan strobery dibedakan jadi 2 jenis, yakni kebun tanpa plastic mulsa serta kebun yang ditutupi oleh plastic mulsa.

1. Kebun Tanpa Menggunakan Plastik Mulsa 
Cara cara merawat stoberi di kebun yg tidak memakai plastik mulsa, pertama area di proses dengan baik dengan kedalaman 30-40 cm, setelah di proses diangin-anginkan selama 15-30 hari.
Tempat di buat bedengan dengan ukuran lebar 80 x 100 cm, tinggi 30-40 cm, sedang panjang disesuai dengan tempat. Disamping itu jarak anatara bedengan adalah 40 x 60 cm. ukuran guludan (petakan tanah yang sudah digemburkan untuk tempat menyemai bibit) adalah lebar 40 x 60 cm serta tinggi 30 x 40 cm, serta panjang sesuai dengan tempat yang ada, serta jarak antar guludan 40 x 60 cm.
Sesudah guludan usai setelah itu pupuk kandang ditaburkan dengan rata. Jumlah pupuk kandang yang ditabur adalah 20-30 ton/ha. Setelah itu, bedengan atau guludan dilewatkan sepanjang 15 hari. Paling akhir, buat lubang tanam dengan jarak 40 x 30 cm, 50 x 50 cm, atau 50 x 40 cm. lalu, strobery juga siap ditanam.

2. Kebun dengan Plastik Mulsa 
Pengolahan kebun dengan plastik mulsa hampir sama denga pemrosesan tanpa ada plastik mulsa. Dimuka musim hujan, tempat di proses dengan baik serta diangin-anginkan sepanjang 15-30 hari agar kering.
Bedengan di buat dengan ukuran lebar 80 x 120 cm, tinggi 30-40 cm, serta panjang sesuai dengan tempat yang ada. Sedang jarak antar bedengan adalah 60 cm atau guludan di buat dengan ukuran lebar bawah 60 cm, lebar atas 40 cm, tinggi 30-40 cm. serta panjang sesuai dengan tempat, jarak antar bedengan 60 cm.
Kemudian tempat diangin-anginkan sepanjang 15 hari, sesudah kering, 200 kg urea, 250 kg SP-36, serta 100kg/ha KCl ditaburkan serta digabungkan dengan tanah bedengan. Lalu bedengan disiram sampai lembab selanhutnya, plastic mulsa hitam atau perak ditutupkan pada bedengan atau guludan, kuatkan ujung-ujungnya dengan bambu.
Sesudah bedengan tertutup plastic mulsa, buat lubang diatas plastic seukuran kaleng sisa susu kental manis. Jarak antar lubang dalam barisan 30-50 cm hingga jarak tanam 40 x 30, 50 x 50, serta 50 x 40 cm. paling akhir, buat lubang pas pada plastic yang telah dilubangi.

Pengapuran
Pengapuran dilakuan bila tanah terlalu asam langkah ini dikerjakan dengan menyebarkan 2-4 ton/ha kapur kalsit atau dolomite di atas bedengan atau guludan. Sistem pengapuran ini dikerjakan selekasnya sesudah bedengan atau guludan usai di buat.
Tehnik Penanaman
Sistem setelah itu sesudah pemrosesan media tanam adalah penanaman. Penanaman ini memerlukan tehnik supaya tak mengakibatkan kerusakan strobery yang bakal ditanam. Hal pertama yamg mesti dikerjakan adalah menyiram polybag diisi bibit. Lalu mengeluarkan bibit berbarengan media tanamannya denga hati-hati.
Setelah itu, tanam satu bibit dilubang tanam, lantas padatkan tanah di sekitar pangkal batang. Pemberian pupuk basah bisa dikerjakan untuk tanaman tanpa ada mulsa. Dosis pupuk yang disarankan adalah 200 kg/ha urea, 250 kg SP-36, serta 150 kg/ha HCl. Pupuk diberikan dalam lubang sejauh 15 cm di kiri-kanan tanaman. Paling akhir, tanah di sekitar pangkal batang disiram hingga lembab.

Pemeliharaan Tanaman

1. Penyulaman
Bibit tumbuhan strobery biasanya ada yang alami kematian saat dipindahkan ke media tanam di kebun, jumlah bibit yang mati umumnya 10-20% dari keseluruhan bibit yang ditanam.
Bibit tanaman strobery yang mati atau tumbuh lambat serta tak normal mesti dicabut serta ditukar dengan bibit tanaman strobery yang baru. Prasyarat bibit tanaman stoberi pengganti mesti memiliki type, ukuran, serta usia yang sama juga dengan bibit tanaman stoberi yang mati.

2. Penyiangan 
Tanaman strobery yang ada dilahan terbuka umumnya kerap diikuti tumbuhan lain yang turut tumbuh di sekitar tanaman strobery, hal semacam ini bisa merugikan tanaman poko yang kita tanam lantaran banyak nutrisi serta beberapa zat makanan yang “diambil” oleh tanaman pengganggu atau gulma itu.
Untuk hindari hal itu jadi dikerjakan penyiangan yakni mencabut serta buang gulma itu supaya tak menggaggu tanaman strobery. Serta umumnya penyulaman diikuti pemupukan.

3. Pemangkasan 
Perkembangan strobery yang cukup cepat umumnya diimbangi perkembangan daun yang rimbun. Oleh karenanya, mesti dikerjakan pemangkasan pada daun itu. Terkecuali pemangkasan pada daun yang rimbun pemangkasan dikerjakan pada daun yang telah tua serta mongering dan pada stolon.
Pemangkasan pada stolon dikerjakan untuk tingkatkan produksi buah, hingga buah yang dihasilkan semakin besar serta menarik. Saat pemangkasan umumnya 2 th. sekali.

4. Pemupukan
Pemupukan adalah penambahan nutrisi pada tanaman, pemupukan pada tumbuhan strobery yang ditanam di kebun tanpa ada mulsa dikerjakan sesudah 1, 5-2 bln.. Jumlah pupuk yang didapatkan 2/3 dosis yang disarankan. Pemberian pupuk lewat cara ditabur, lalu ditutupi tanah.
Disamping itu, pemupukan dikebun dengan mulsa dikerjakan bila perkembangan di rasa kurang baik. Komposisi pupuk yang umum diberikan adalah kombinasi urea, SP-36, KCl dengan perbandingan 1 : 2 : 1, 5 sejumlah 5 kg yang dicampurkan di air 200 liter. Setelah itu, tiap-tiap tanaman disiram dengan 350-500 cc larutan pupuk itu.

5. Pengairan serta Penyiraman
Air adalah unsure utama dalam pemeliharaan tanaman strobery. Oleh karenanya, penyiraman adalah hal utama yang perlu dikerjakan. Penyiraman dikerjakan 2 x satu hari sampai tanaman berusia dua minggu. Setelah itu, penyiraman dikurangi dengan cara berangsur-angsur supaya tanah tak mongering. Air bisa segera disiramkan pada tanaman atau mengaliri parit antarbedengan dengan air.




Baca Juga ;Rumah Rindang Dengan Paranet


MELAYANI PEMESANAN MULSA PLASTIK UKURAN KHUSUS

PLASTIK MULSA HITAM PERAK.Terbuat dari bahan plastik dan additive uv stabilizer berkualitas tinggii sehingga lebih ulet dan tidak mudah robek apabila terkena sengatan sinar matahari dalam jangka waktu relative lama. Warna hitamnya tebal, pekat dan merata menjadikan mulsa plastik tidak tembus sinar matahari, sehinggal gulma tanaman tidak dapat tumbuh. Warna peraknya penuh, dapat memantulkan sinar matahari lebih banyak, sehingga hama berkurang dan tanaman dapat tumbuh lebih baik serta lebih subur. Plastik mulsa ini cocok untuk berbagai tanaman hortikula, misalnya cabe, tomat, melon, semangka, dan lain-lain.
Ukuran Plastik Mulsa Hitam Perak yang tersedia :
Lebar ( keadaan terlipat/terbuka ) : 50cm/100cm, 60cm/120cm,
Tebal :  35 mikron
Melayani pemesanan ukuran khusus untuk tambak maupun untuk tanaman. Ketebalan untuk tambak biasanya 50micron - 80micron. Tersedia jenis kw super, kw biasa, dan original. Info harga 0812.3258.4950 | 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277
www.mulsa99.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar