Manfaat Mulsa Untuk Pembudidayaan


Mulsa yaitu bahan yang disebar di atas permukaan tanah disuatu pertanaman berbentuk bekas –sisa tanaman, jerami, daun serta bahan organik serbuk gergaji, sekam serta plastik (Ahmad, 1991).
Sedang menurut Rismunandar (1989), kalau mulsa yaitu tiap-tiap bahan organik yang datang dari tanaman, tangkai atau cabang dengan daunnya, serbuk gergaji, rerumputan yang sudah kering serta ditimbun di bawah makkota daun.
Setelah itu menurut Soepardi (1983), kalau tiap-tiap bahan yang ditutup pada permukaan tanah untuk kurangi air lewat penguapan atau menghimpit perkembangan rumput bisa dikira sebagai mulsa

Penggunaan mulsa bakal memberi efek yang baik/berguna pada produksi tanaman. Faedah mulsa salah satunya yaitu :

*Baca Gagal Budidaya Cabai, Bagaimana Solusinya?

a. Tingkatkan kesibukan jasad renik (mikroorganisme tanah), hingga melakukan perbaikan karakter fisika serta kimia tanah.
b. Menolong melindungi suhu tanah dan kurangi penguapan hingga menjaga kelembapan tanah serta pemakaian kelembapan tanah jadi lebih efektif.
c. Menghimpit perkembangan gulma hingga kurangi cost tenaga kerja untuk penyiangan.
d. Membuat perlindungan permukaan tanah dari guyuran air hujan, kurangi aliran permukaan, erosi serta kehilangan tanah.
e. Mulsa yang berbentuk beberapa bekas tanaman jadi sumber bahan organik tanah. Termasuk tehnik konservasi tanah yang membutuhkan jumlah tenaga kerja/cost rendah.




PLASTIK MULSA HITAM PERAK
Terbuat berbahan plastik serta additive uv stabilizer berkwalitas tinggii hingga lebih ulet dan
tak gampang robek jika terserang sengatan cahaya matahari dalam periode waktu relative lama. Warna hitamnya tidak tipis, pekat serta rata jadikan mulsa plastik tak tembus cahaya matahari, sehinggal gulma tanaman tidak bisa tumbuh.
Warna peraknya penuh, bisa memantulkan cahaya matahari semakin banyak, hingga hama menyusut serta tanaman bisa tumbuh tambah baik dan lebih subur. Plastik mulsa ini pas untuk beragam tanaman hortikula, umpamanya cabe, tomat, melon, semangka, dan sebagainya.

http://UVPlastik99.com

*Baca Juga Konservasi Tanah Dengan Mulsa Plastik

Pemakaian mulsa plastik mempunyai banyak keuntungan dibanding dengan type mulsa yang lain, keuntungan itu diantaranya :

  1. Produksi lebih tinggi, penambahan suhu tanah bakal meningkatkan perkembangan tanaman dan mempercepat saat panen, dari hasil riset saat panen lebih cepat 7-14 hari.
  2. Kurangi evaporasi, dengan tertutupnya tanah dengan mulsa plastik kehilangan air akibat evaporasi bakal menyusut, diluar itu pada pemakaian irigasi tetes pada tempat dengan mulsa plastik bakal melindungi kelembapan tanah dan tingkatkan keperluan air untuk tanaman. 2 Pemakaian air lebih efektif lantaran bisa kurangi pemakaian air s/d 45% dibanding dengan irigasi penyemprotan.
  3. Perlakuan gulma lebih rendah, mulsa plastik hitam serta hitam perak bakal kurangi intensitas sinar ke permukaan tanah hingga gulma condong tak tumbuh. Tetapi pada pemakaian mulsa bening masihlah diperlukan penyemprotan herbisida untuk menghindar tumbuhnya gulma.
  4. Kurangi kehilangan hara dari pupuk, aliran air permukaan bakal tertahan oleh mulsa plastik hingga unsur hara pupuk akan tidak hilang oleh pencucian. Pemakaian mulsa plastik bakal melindungi nutrisi untuk tanaman ada pada zona perakaran, hingga pemakaian nutrisi lebih efektif.


Manfaat Mulsa Untuk Tanaman

a. Mulsa plastik bisa mengatur serta melindungi kelembapan tanah supaya tetaplah stabil (normal), hingga sangat mungkin tanah tak alami kekeringan ;

b. Mulsa plastik dapat juga melakukan perbaikan kwalitas media tanam, hingga pengangkutan nutrisi (unsur hara) dari dalam tanah ke akar tanaman jalan maksimal sebab nutrisi memanglah tetaplah dipadatkan di sekitar ruang tanaman, hingga bila pada musim hujan media tanam itu tergenangi air, jadi nutrisi tak gampang hilang atau terbawa arus air ;

c. Mengusir serangga, hama. Pemakaian mulsa plastik juga dapat dibuktikan bisa mengusir hama. Mekanisme rasionalnya yaitu ketika sinar matahari begitu terik, jadi umumnya sinar yang tentang mulsa plastik itu bakal memantul ke arah atas tanaman hingga sangat mungkin tentang organ daun. Bila di organ daun itu ada hama serta atau penyakit jadi cahaya ultraviolet (UV) itu bakal dapat mengusir/membunuh penyakit patogen beresiko. Begitu direferensikan pakai saja mulsa plastik berwarna perak ;

*Baca Lagi  Jual Mulsa Plastik Tembakau Ukuran 60/120cm x 500meterx 0,35

d. Pemakaian mulsa dapat juga kurangi serta menghindar terjadinya erosi tanah bila mungkin saja saja curah hujan meninggi ;

e. Susunan tanah bedengan bakal makin terbangun dengan baik serta memberi nilai faal (faedah) untuk tumbuhan yang ditanam di ruang itu ;

f. Tumbuhan yang ditanam diatas bedengan bermulsa umumnya bakal subur serta cepat menghasilkan buah dalam jumlah yang banyak ;

g. Perkembangan tanaman yang ditanam di ruang/bedengan yang di beri mulsa berwarna perak umumnya bakal tumbuh seragam serta tumbuhan terlihat lebih sehat.
Baca juga 



CV.LIM CORPOPRATION menyediakan plastik mulsa hitam perak yang kuat dan berkualitas cocok untuk melindungi kelembapan tanah dan mengusir hama, jika anda berminat
Untuk melakukan pemesanan silahkan hubungi:
- Office: 031-8830487
- HP     : 081232584950 |087702821277 | 085233925564
info selengkapnya di SINI

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama