Jumat, 26 Agustus 2016

Langkah Budidaya Melon Supaya Panen Berlimpah



Usaha budidaya melon akan demikian mengasyikkan untuk petani bila panen berlimpah. Yaitu berbuah banyak dan mempunyai kualitas tinggi. Dengan hal itu tentu demikian untungkan untuk petani dan semua pihak akan merasa happy. Untuk kemudian lebih semangat lagi membudidaya melon.

Bagaimana langkahnya membudidaya melon yang baik, tentu tidak mudah. Membutuhkan ketekunan serta pengetahuan serta pengetahuan karena itu. Kami akan coba beberapa artikel kedepan mengposkan tentang budidaya melon yang baik dan telah melalui riset oleh sebagian ahli.

Mengingat artikel demikian panjang kami akan membagi bebrapa sisi. Untuk awal tersebut beberapa garis besar yang dapat dikelompok untuk budidaya melon

*Baca Juga Teknik Budidaya Tanaman Melon Agar Hasilnya Maksimal

1. Prasyarat Tumbuh Melon


Prasyarat tumbuh atau tempat pertanian yang cocok untuk budidaya melon yaitu tempat dengan ketinggian sekitaran pada 200 sampai 2000 m dpl. Dengan suhu 12-27 °C. Curah hujan ideal 2000 - 3000 mm/th.
sinar matahari sekitaran pada 10 - 12 jam/hari, tanah kaya bahan organik dengan pH 6, 0 - 6, 8. dengan kelembaban udara sekitaran 70 -80 %. Lebih jauh mengenai prasyarat tumbuh melon.


2. Pemrosesan Tempat Budidaya Melon

Tempat dapat menggunakan polybag atau tidak. Tempat disterilkan lebih dahulu terlebih dulu digunakan untuk penyemaian atau untuk tanam. Tempat digemburkan dan di buat parit berjajar dan ditutup dengan plastik. Makin tambah baik lagi dikombinasi dengan tanah humus. Lebih jauh mengenai pemrosesan tempat tanaman melon


3. Penyemaian

Untuk budidaya menggunakan polybag ditinggikan sekitaran 30 sampai 40 cm dari permukaan tanah. Polybag dikumpulkan dapat berbentuk persegi panjang dan ditepinya diberi penyekat. Benih yang telah berkecambah dapat dipindah ke kantong polybag yang sudah siap. Benih dalam polybag harus selalu disiram lewat cara kontinyu, pagi jam 06. 00 dan sore jam 16. 00, dan ingat jangan sampai begitu bosan air. Lebih jauh mengenai penyemaian melon.


4. Menanam Melon


Setelah bibit melon berumur 2 minggu jadi bibit dapat dipindah ke tempat budidaya. Jarak tanam sama seperti lubang pada mulsa yang telah disedia. Dalaman lubang tanam sekitaran 10-15 cm. Sekian perihal tanaman yang ditanam dengan polybag. Kemudian lakukan penyiraman yang cocok agar tanaman melon tumbuh dengan baik.


http://Polybag99.com

          *Baca Juga Cara Pemasangan Plastik Mulsa Hitam Perak Pada Tanaman Cabe (Cabai)

5. Pemeliharaan Budidaya Melon

Kerjakan penyiraman lewat cara teratur, penyulaman, penyiangan, pemupukan dan mengatur hama penyakit. Inlah yang perlu ditangani semasa perawatan sampai tanaman melon siap di panen.
Satu lagi yang perlu ditangani yakni pemangkasan tunas dan seleksi buah. Pemangkasan ditangani pada tunas-tunas baru tumbuh yaitu tunas 1 - 8. Apabila sudah berbuah lakukan seleksi buah yang akan ditingal sampai panen.


6. Pupuk Tanaman Melon

Mulai dari 5 hari tanaman melon dapat diberi pupuk anorganik. Pemupukan pada umur 5 HST diberi urea berupa larutan dengan kosentrasi 3 kg/300liter air. Pupuk ZA + NPK 17 HST dan 50 HST yatiu 2 kg ZA dan 1 kg NPK konsentrasi 3 - 4kg/200 liter air. Pupuk daun diberikan 7 HST dengan interval 7 - 15 hari sekali, konsentrasi larutan 1 - 2 cc/1 liter air.


7. Ingindalian Hama Penyakit Tanaman Melon


Hama yang sering menyerang yaitu Aphids, lalat buah, ulat daun, Tungau, Thrips, Oteng-oteng dan cacing tanah. Hama ini dapat dikendalikan dengan insektisida. Untuk tungau basmi dengan akarisida.

Penyakit umumnya yaitu Layu bakteri, Phytoptora molonis, Layu fusarium, Gummy stemBlight, busuk daun, embun tepung, virus dan cendawan tanah. Penyakit ini tangani dengan dengan fungisida.

*Baca Juga BARU...!!! Mulsa Plastik Hitam Perak Merk MONTANA Harga Murah

8. Panen

Waktu yang ditunggu tunggu telah tiba. Buah Melon dapat dipetik umur 65 - 70 Hst. Melalui langkah petik dengan memotong tangkai buah kurang lebih 3 cm dari pangkal. Guunakan gunting pangkas atau pisau tajam.


untuk membantu melembabkan tanah dan menjauhakan dari hama, kami distributor plastik mulsa MPHP, jika anda berminat silahkan hubungi kami di SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277
Email: limcorporation2009@gmail.com. atau Klik DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar