Jumat, 11 November 2016

10 Tips Komplit Tehnik Serta Langkah Budidaya Buah Alpukat Berkwalitas Tinggi



Media Tanam


Tanaman alpukat supaya tumbuh maksimal membutuhkan tanah gembur, tak gampang digenangi air, (system drainase/pembuangan air yang baik), subur serta banyak terkandung bahan organik.
Type tanah yang baik untuk perkembangan alpukat yaitu type tanah lempung berpasir (sandy loam), lempung simak (clay loam) serta lempung endapan (aluvial loam).

Keasaman tanah yang baik untuk perkembangan alpukat sekitar pada pH sedikit asam hingga netral, (5, 6-6, 4). Apabila pH dibawah 5, 5 tanaman bakal menanggung derita keracunan lantaran unsur Al, Mg, serta Fe larut dalam jumlah yang cukup banyak. Demikian sebaliknya pada pH diatas 6, 5 sebagian unsur fungsional seperti Fe, Mg, serta Zn bakal menyusut.

*Baca Juga Cara budidaya mentimun organik

Ketinggian Tempat

Biasanya tanaman alpukat bisa tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi, yakni 5-1500 m dpl. Tetapi tanaman ini bakal tumbuh subur dengan hasil yang memuaskan pada ketinggian 200-1000 m dpl. Untuk tanaman alpukat ras Meksiko serta Guatemala lebih pas ditanam di daerah dengan ketinggian 1000-2000 m dpl., sedang ras Hindia Barat pada ketinggian 5-1000 m dpl.

Teknik Budidaya alpukat
Pembibitan

1. Kriteria Bibit
2. Bibit yang baik diantaranya yang datang dari
3. Buah yang telah cukup tua.
4. Buahnya tak jatuh sampai pecah.
5. Pengadaan bibit kian lebih satu type untuk menanggung peluang ada persarian bersilang.

*Jika anda membutuhkan plastik mulsa hitam perak kami menyediakan berbagai merk seperti cap KUDA, MONTANA,TEMBAKAU,BERANG- BERANG AIR dll. hub. 0812-3258-4950

Penyiapan Bibit
Hingga sekarang ini bibit alpukat cuma bisa didapat dengan cara generatif (lewat biji) serta vegetatif (penyambungan pucuk/enten serta penyambungan mata/okulasi).

Dari ketiga cara tersebut, bibit yang didapat dari biji kurang untungkan lantaran tanaman lama berbuah (6-8 th.) serta ada peluang buah yang dibuat tidak sama dengan induknya. Sedang bibit hasil okulasi ataupun enten lebih cepat berbuah (1-4 th.) serta buah yang didapatkannya memiliki karakter yang sama juga dengan induknya.

Tehnik Penyemaian Bibit

Penyambungan pucuk (enten)
Pohon paling utama dipakai untuk enten yaitu tanaman yang telah berusia 6-7 bln. atau mungkin saja juga sudah berusia 1 th., tanaman yang datang dari biji yang datang dari buah yang telah tua serta masak, tinggi 30 cm/kurang, serta jaringan utama di basic tak berkayu batang.

Sebagai cabang sambungannya dipakai ujung dahan yang masihlah muda serta berdiameter kurang lebih dari 0, 7 cm. Dahan dipotong miring sesuai sama celah yang ada di pohon-pohon selama lebih kurang 10 cm, serta lalu dimasukkan kedalam celah pohon yang segi pokok diikat/dibalut.
Bahan yang baik untuk mengikat yaitu karet gelang, plastik, rafia/kain berlilin. Serta dianjurkan baiknya penyambungan pada pohon pokok dikerjakan serendah mungkin saja agar tidak bisa tunas pada tanaman pokok.

Enten-enten yang sudah disambung ditempatkan ditempat teduh, tak berangin, serta lembab. Sehari-hari tanaman disiram, serta untuk menghindar serangan penyakit tanaman mesti disemprot dengan fungisida. Pada musim kemarau hama tungau putih kerap menyerang, karenanya baiknya dihindari dengan semprotan kelthane.
Bibit umumnya bisa dipindahkan ke kebun sesudah umur 9-16 bln., serta pemindahannya dikerjakan ketika permulaan musim hujan.

http://KarungBeras99.com



Langkah Penanaman

Saat penanaman yang pas yaitu pada awal musim hujan serta tanah yang ada pada lubang tanam tak akan alami penurunan. Hal yang butuh di perhatikan yaitu tanah yang ada pada lubang tanam mesti lebih tinggi dari tanah sekitarnya. Hal semacam ini untuk hindari tergenangnya air apabila disirami atau turun hujan. 

Beberapa langkah penanaman yaitu seperti berikut :

*Baca Juga 6 PANDUAN LENGKAP DAN MUDAH CARA BUDIDAYA JAMBU KRISTAL

1. Lubang tanam yang sudah ditutup, digali lagi dengan ukuran sebesar wadah bibit.
2. Bibit di keluarkan dari keranjang atau polibag dengan menyayatnya supaya gumpalan tanah tetaplah utuh.
3. Bibit bersama tanah yang masihlah menggumpal dimasukkan dalam lubang setinggi leher batang, lantas ditimbun serta diikatkan ke ajir.
4. Tiap-tiap bibit baiknya di beri naungan untuk hindari cahaya matahari dengan cara segera, terpaan angin, ataupun siraman air hujan. Naungan itu di buat miring dengan sisi yang tinggi di samping timur.
5. Peneduh ini berperan hingga tumbuh tunas-tunas baru atau kurang lebih 2-3 minggu.

Panen

Ciri serta Usia Panen

Tanda-tanda buah yang telah tua namun belum masak yaitu :

1. Warna kulit tua namun belum jadi cokelat/merah serta tak mengkilap ;
2. Apabila buah diketuk dengan punggung kuku, menyebabkan bunyi yang nyaring ;
3. Apabila buah digoyang-goyang, bakal terdengar goncangan biji.

Penetapan tingkat ketuaan buah itu membutuhkan pengalaman sendiri. Baiknya butuh dilihat saat bunga mekar hingga enam bln. lalu, lantaran buah alpukat umumnya tua sesudah 6-7 bln. dari waktu bunga mekar. Untuk memastikannya, butuh dipetik sebagian buah sebagai contoh. Apabila buah-buah contoh itu masak dengan baik, tandanya buah itu sudah tua serta siap dipanen.


CV LIM CORPORATION menyediakan plastik mulsa hitam perak berkualitas, untuk info pemesanan hubungi kami di SMS/Call/WA : 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277
Email: limcorporation2009@gmail.com atau info harga terlengkap klik DISNI

1 komentar: