Kamis, 01 Desember 2016

Tips Jitu Mengatasi Kerontokan Buah Pada Jambu Air Madu Deli

Catatan ini disusun untuk menjawab keluhan serta pertanyaan sebagian rekan sekitar pengalaman tabulampot jambu air madu deli dihalaman tempat tinggalnya yang alami kerontokan saat saat awal pembuahan. Kami coba memberi panduan berdasarkan pengalaman pola perawatan Jambu Madu Deli di kebun kami dan sebagian sumber lain.

Tanaman jambu air yang tengah berbunga butuh memperoleh perhatian ekstra supaya bunganya tak mudah rontok serta buahnya dapat lebat.

Banyak didapati tanaman buah air yang berbunga sampai berbuah lebat. Tetapi waktu saat yang ditunggu untuk lihat buah-buah jambu air berkembang masak, pupus lantaran buah jambu air rontok sebelumnya masak. Bagaimana ini berlangsung serta langkah mengatasinya.

Tersebut Ulasanya :

a. Penyebabnya Kerontokan

1. Kerontokan lantaran aspek fisiologis kimiawi :

Kandungan nutrisi, terutama hara fosfat (P) serta kalium (potassium = K) yang terbatas dalam tanah atau media tanam tabulampot jadi aspek penyebabnya paling utama kerontokan bunga serta bakal buah atau buah yang tengah alami sistem pembesaran. Bila kandungan kalium dalam tanah begitu terbatas, jadi kerontokan buah bakal jadi semakin banyak. 

Kerontokan buah ini bakal makin kronis bila supply air dari dalam tanah ke tanaman juga terbatas. Bila kerontokan buah dikarenakan oleh aspek “malnutrisi” kalium, jadi pemberian pupuk kalium, baik berbentuk tunggal (Kalium Chloride, KCl) ataupun berbentuk majemuk (Kalium nitrate, KNO3) bisa jadi jalan keluar untuk menangani kerontokan buah. Pemberian pupuk yang memiliki kandungan kalium mesti dikerjakan seawal mungkin saja, sebelumnya pembungaan berjalan serta pasca persarian usai hingga pemakaian unsur hara oleh tanaman bisa berlangsung dengan cara maksimal. 

Pada sebagian masalah, pemberian pupuk fosfat yang dipadukan dengan kalium (pupuk MKP, mono kalium phosphate, KH2PO4 umpamanya) begitu menolong tanaman untuk berbunga serta berbuah dengan normal lantaran supply kalium diberikan dalam jumlah lebih sedikit, tetapi diberikan berbarengan dengan pemberian fosfat yang begitu diperlukan tanaman waktu masuk periode vegetatif untuk berbunga serta berbuah. Supply air sebagai satu diantara komponen paling utama dalam sistem fotosintesis akan begitu menolong menghindar munculnya permasalahan kerontokan akan buah. 

Supply air yang cukup janganlah disimpulkan kalau tanaman mesti memperoleh air dalam jumlah terlalu berlebih, tetapi mesti dimaknai kalau keadaan tanah di sekitar media tanam sebaiknya senantiasa ada dalam kondisi lembab (bukanlah becek, terlebih digenangi), untuk meyakinkan kalau supply air senantiasa ada waktu diperlukan oleh tanaman untuk sistem persarian, pembesaran serta pemasakan buah. tersedianya kalium serta fosfat yang baik semakin lebih berarti untuk tanaman bila ketersediaan air juga memenuhi, hingga sistem pembentukan serta pengisian buah bakal berjalan dengan baik juga.

*Baca Juga 10 Tips Komplit Tehnik Serta Langkah Budidaya Buah Alpikat Berkualitas Tinggi 

2. Kerontokan Lantaran Aspek Biologis :

Pasca persarian bunga, semestinya diikuti oleh pembentukan bakal buah yang bakal berkembang jadi buah prima, tetapi kerap berlangsung akan buah rontok lantaran diserang sebagian type hama ataupun penyakit buah. Hama-hama ini biasanya menyerang, diawali ketika pembentukan kelopak bunga sampai pembentukan akan buah pasca persarian bunga. Sebagian hama berwujud ulat yang mengonsumsi akan buah yang baru terbentuk, hama penggerek berbentuk serangga yang mengisap cairan sel akan buah yang baru terbentuk, dan bermacam type kutu penghisap cairan sel yang keluarkan semacam madu yang disenangi oleh semut. 

Simbiosis pada kutu dengan semut ini menyebabkan tanda-tanda susunan hitam (embun jelaga) di sekujur akan buah serta daun di sekitarnya. Terkecuali mengakibatkan kerusakan buah muda, penampilan tanaman keseluruhannya juga jadi buruk lantaran susunan jelaga hitam tampak mengotori tanaman. Diluar itu, jelaga hitam juga menghambat daun tanaman untuk berfotosintesis dengan normal, serta kurangi jumlah fotosintat yang terbentuk untuk disimpan sebagai cadangan bahan kering (biomassa) didalam badan tanaman.


3. Kerontokan Lantaran Aspek Fisik :

Di musim penghujan dengan curah hujan yang tinggi, yang mengguyur terus-menerus dengan intensitas periode waktu panjang, jadi penyebabnya paling utama rontoknya bunga atau bakal buah pasca persarian. Dalam keadaan basah, benangsari (alat kelamin jantan pada bunga) lengket keduanya lantaran terikat oleh air, benangsari tak dapat berjumpa serta membuahi kepala putik (alat kelamin betina pada bunga). 

Demikian sebaliknya di musim kemarau, suhu panas yang ekstrim dibarengi dengan dampak kelembapan yang rendah di siang hari, juga jadi aspek fisik penyebabnya kegagalan persarian, lantaran pada suhu ekstrim, viabilitas atau daya hidup serta vigor benangsari jadi begitu rendah (singkat) hingga susah untuk benangsari untuk tetaplah viabel serta membuahi kepala putik. Akibat ke-2 penyebabnya paling utama ini, bunga pada akhirnya layu serta tidak berhasil membuat bakal buah lantaran sistem persarian bunga tak berjalan dengan cara normal.

Buah Jambu Madu Deli

Langkah Basic Perawatan :

Jagalah Supaya Tanaman Jambu Air Tak Rusak
Rusaknya tanaman jambu air, butuh kita kenali. Rusaknya mungkin saja bisa berbentuk tingkah manusia serta akibatnya karena aspek hama, cuaca serta penyakit yang lain. Tanaman jambu air yang bakal atau tengah berbunga atau berbuah kesehatannya mesti dalam keadaan puncak. Bila ketika keadaan bunga serta buah dalam keadaan lebat, rusaknya kecil bisa bikin kerontokan pada bunga serta buah jambu air. Jagalah jangan pernah daun-daun gundul baik akibat manusia ataupun ulat pemakan daun. Janganlah memotong dengan cara asal-asalan. Jagalah jangan pernah akar membusuk atau terserang deringan hama.

*Baca Juga 6 Panduan Lengkap Dan Mudah Cara Budidaya Jambu Kristal 

Tanaman yang tengah berbunga atau berbuah, banyak membutuhkan karbondioksida serta cahaya matahari yang bakal di ambil oleh daun untuk sistem fotosintesis dalam menghasilkan karbohidrat serta gula yang nanti bakal disimpan berbentuk daging buah. Dalam keadaan daun tanaman alami rusaknya seperti di atas. Pembentukan karbohidrat bakal terganggu. Masalah ini bakal jadikan perkembangan bunga serta buah jambu air terhalang. Hingga bunga serta buah jambu air meskipun telah tumbuh serta lebat, saat itu juga bakal rontok.

Bagaimana  Cara Mencegah Buah Jambu Air rontok?
Buah jambu air akan selamat dari kerontokan dengan langkah-langkah berikut;
1.    Senantiasa mengusahakan agar tanah di sekitar tanaman selalu poros, supaya air tidak gampang          menggenangi tetapi juga tidak cepat mengering.
2.    Memberi pupuk yang mengandung unsur N, P, dan K yang seimbang
3.    Cukup Kebutuhan Hara makro-mikro tanah dengan memberi pupuk organik

MULSA PLASTIK KUALITAS TERJAMIN
Pastikan kebutuhan mulsa plastik Anda pada kami, dapatkan harga khusus jika pengambilan dalam jumlah besar. Info harga mulsa plastik hitam perak langsung saja hubungi admin kami di 08123.258.4950 atau 0877.0282.1277. Harga dijamin murah, langsung dari pabrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar