Rahasia Budidaya Apel Dengan Mudah

 
 Apel  merupakan salah satu buah yang sering dikonsumsi oleh banyak orang. Rasanya yang segar serta kaya akan vitamin B & C membuat buah ini menjadi primadona. Keuntungan dalam menanam pohon apel adalah pohon apel dapat anda rawat sendiri sehingga dapat dipastikan bebas dari pestisida kimia. Menanam apel pada pot juga memiliki keuntungan karena menghemat ruangan. Bagi Anda yang ingin menanam pohon apel sendiri.

Berikut Beberapa Cara Menanam Apel Dari Biji Pada Pot :

    Pilih Benih Berkualitas Unggul

Pilih benih berkualitas unggul dan baik. Perlu diketahui pohon apel harus ditanam berpasangan agar bisa berbuah karena pohon apel tidak bisa melakukan penyerbukan sendiri. Diperlukan dua pohon yang berbeda untuk melakukan penyerbukan. Benih berkualitas unggul dapat menghasilkan pohon apel yang bagus. Biji apel bisa diperoleh dari buah apel sendiri, namun sebaiknya beli dari toko tanaman untuk memastikan kualitas benih.
*Baca Juga : Trik Ampuh Budidaya Melati Dengan Mudah

 Manipulasi Suhu

Apel cocok tumbuh di suhu yang dingin. Misalnya di daerah Malang. Untuk menumbuhkan kecambahnya dari biji, diperlukan suhu yang dingin. Anda dapat memanipulasi suhu dengan cara memasukannya ke dalam kulkas. Pertama, yang perlu dilakukan adalah menaruh biji yang sudah kering pada kain, kemudian bungkus biji menggunakan tisu basah dan masukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat,
Wadah dapat berupa kantong plastik atau toples. Letakkan benih dalam lemari es bersuhu 4 derajat celcius sampai 10 derajat celcius selama 8 minggu. lalu biji akan mengeluarkan tunasnya & berkecambah pada masa tersebut. Setelah 8 minggu, biji siap dipindahkan pada media tanah.

    Tanah pH netral dan Posisi Pot

Untuk menanam biji apel di pot tanah yang terbaik adalah tanah dengan pH netral. Buat cekungan dalam tanah di pot selebar dua atau tiga kali luas biji yang sudah berkecambah. Tidak disarankan menambahkan pupuk pada tanah. Pindahkan bibit secara hati-hati karena akar kecambahnya masih sangat lembut. Masukan benih ke dalam lubang lalu tutup benih dengan tanah secara lembut, pastikan menimbun tanah dengan lembut. Siram benih agar tanah tetap lembab, namun jangan berlebihan dalam menyiramnya. Letakan pot pada suhu kamar namun usahakan mendapat cahaya matahari yang cukup. Anda bisa meletakkan pot di samping jendela untuk asupan cahaya matahari yang cukup.

*Jangan Lupa Baca Juga : Cara Ampuh Budidaya Stroberi

    Rawat dengan telaten

Siram bibit secara teratur setiap hari. Setelah beberapa minggu, jika benih Anda pada pot sudah tumbuh daun-daun kecil, jangan langsung dipindahkan ke tanah terbuka karena sifatnya yang masih rentan. Batang, akar, serta daun masih sangat rentan mati. Anda bisa menambahkan  pupuk kompos atau mulsa untuk meningkatkan pertumbuhan benih. Untuk memindahkan ke area yang lebih luas sebaiknya tunggu hingga tinggi bibit mencapai 25 cm.
Pohon apel tidak suka tanah yang terlalu basah. Pastikan Anda menjaga kelembaban tanah agar tidak terlalu kering atau terlalu basah. Tanah yang lembab dan ber-pH netral akan mampu menyerap air dengan baik. Pohon apel memerlukan sinar matahari langsung selama kurang lebih selama enam jam. Untuk itu disarankan menanam pohon apel menghadap ke timur atau utara pada tanah yang miring.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama