Kamis, 18 Mei 2017

Budidaya Tanaman Air Yang Simple

   Halo sobat petani dimanapun anda berada..salam sejahtera, pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana sih cara budidaya tanaman air atau yang lebih dikenal aquascape?? 
Aquascape adalah bentuk ekosistem/biota laut kecil. Umumnya setelah aquascape berumur 2 bulan, ekosistemnya sudah mulai tercipta. Ada 4 faktor utama dalam aquascape, yaitu lighting/pencahayaan (pengganti matahari untuk fotosintesis), co2 untuk tanaman (terlalu banyak co2 juga menyebabkan ikan akan sering mengapung ke permukaan, dan bisa mati), nutrisi/pupuk pada tanaman, dan filterisasi (saringan untuk menjaga kualitas air). Hmmm Penasaran Bukan ? Sebelum memulai budidayanya ada alat & bahan yang diperlukan yaitu..

Alat & Bahan :

    Tanaman moss (java, fire, peacock, atau chrismast)
    Batu, ranting kayu, atau pecahan genteng
    Benang transparan atau senar dengan warna menyesuaikan warna moss
    Gunting

*Jangan Lupa Baca Juga : Cara Sederhana Budidaya Tanaman Cincau Dengan Baik & Benar

Langkah-langkah :

    Ratakan beberapa tanaman moss di atas permukaan batu atau kayu. Usahakan supaya tanaman diletakkan dengan posisi yang sejajar, bukan ditumpuk. Jika Anda menumpuk moss tersebut, maka tanaman yang tidak bisa mendapatkan cahaya lampu akan mengering.
    Setelah hamparan moss sudah cukup rata, Anda bisa mengikatnya menggunakan benang dengan bentangan yang zig-zag. Ikatan zig-zag dipilih karena mampu mengikat tanaman secara kuat dengan kebutuhan benang yang relatif sedikit. Sehingga moss akan menempel secara sempurna pada permukaan bidang & tidak melayang.
    Cek sekali lagi bahwa tanaman moss sudah terikat dengan benar. Tahap selanjutnya, Anda bisa memasukkan tanaman ini ke dalam aquarium. Letakkan aquarium di tempat yang bisa mendapatkan sinar matahari langsung dalam waktu minimal 5 jam. Usahakan suhu air di bawah 29 derajat celsius.
    Tanaman moss biasanya akan tumbuh subur pada usia 1-2 bulan sejak penanaman. Setelah tanaman sudah tampak rimbun, Anda bisa memasukkan beberapa ikan hias ke dalam aquascape tersebut.

*Baca Juga : Mengupas Cara Sederhana Budidaya Tanaman Gambas!

Agar Anda berhasil dalam menanam tanaman aquascape, perhatikan faktor-faktor berikut :

    1.Tanaman air pada dasarnya bisa dipelihara di berbagai ukuran tank. Namun untuk mendukung keindahannya, disarankan menggunakan aquarium dengan lebar minimal 30 cm.
    Air yang digunakan sesuai dengan habitat alami tanaman. Khusus untuk tanaman yang biasa hidup di air tawar, Anda tetap bisa menggunakan air PAM namun harus didiamkan terlebih dahulu selama 24 jam.
   2.Cahaya dibutuhkan untuk mendukung proses fotosintesis. Khusus untuk aquascape indoor, Anda bisa memasang lampu dengan besar sinar yang sesuai ukuran tangki. Misalnya tangki yang berukuran 30 cm sebaiknya dilengkapi dengan lampu bertenaga 11 watt.
    Tanaman moss tetap akan tumbuh tanpa tambahan pupuk. Jadi pemberian pupuk organik cair bersifat opsional.
    Tumbuhan moss juga tetap bisa hidup dengan atau tanpa karbon dioksida. Namun untuk hasil yang maksimal, kami tetap menyarankan untuk memasang alat penghasil CO2.
   3.Suhu yang ideal bagi moss adalah di bawah 29 derajat celsius. Idealnya berkisar antara 27-28 derajat celsius. Terkecuali untuk java moss masih bisa hidup di suhu lebih dari 30 derajat celsius.
    Moss akan tampak lebih indah apabila ditanam dengan membentuknya menjadi sebuah karpet. Anda bisa mengikatkan moss tersebut dengan batu, kayu, genteng, dan lain-lain.

 
CV LIM CORPORATION menyediakan plastik mulsa hitam perak berkualitas, untuk info pemesanan hubungi kami di SMS/Call/WA : 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277
Email: limcorporation2009@gmail.com

1 komentar: