Sabtu, 17 Juni 2017

Cara Tepat & Mudah Budidaya Kembang Kol

Syarat Tumbuh
Iklim
  • Kembang kol dapat tumbuh optimal pada suhu minimum 15.5-18 derajat Celcius hingga suhu maksimum 24 derajat Celcius dengan kelembaban udara antara 80-90%.
  • Kembang kol dapat tumbuh di ketinggian antara 200-700 m dpl. Di dataran rendah, suhu udara pada malam hari yang terlalu rendah dapat menyebabkan terjadinya sedikit penundaan dalam pembentukan bunga serta umur panen yang lebih panjang.
  • Lokasi untuk tanaman ini juga harus bagus serta memiliki penyinaran matahari yang cukup. Anda juga harus mencari tempat yang dekat dengan sumber air bersih. Hal ini penting untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman kembang kol.
Media Tanam
  • Tanah yang cocok ialah tanah liat berpasir dengan pH tanah yang baik antara 5,5-6,5 serta memiliki pengairan serta drainase yang memadai.
  • Tanah tempat budidaya juga harus subur, gembur serta mengandung banyak bahan organik.
Pemilihan Benih
Hal pertama yang harus dilakukan yaitu melakukan pemilihan benih. Pilih benih kembang kol yang memenuhi syarat yaitu benihnya harus utuh, tidak cacat, bebas serta tahan hama penyakit. Benih yang dipilih juga harus merupakan jenis benih yang unggul.

*Baca Juga : Tips & Trik Budidaya Tanaman Lobak

Persiapan Lahan
Persiapan lahan dilakukan dengan membersihkan lahan dari gulma atau rumput liar serta batu. Kemudian gemburkan tanah dengan cara di cangkul atau dengan menggunakan traktor agar tanah menjadi subur serta remah. Selanjutnya yaitu buat bedengan dengan lebar berkisar 80-100 cm, tinggi 35 cm, serta jarak antar bedengan 40 cm. Selain membuat bedengan, lakukan juga pengapuran lahan jika pH tanah kurang dari 5,5. Dosis pengapuran antara 1-2 ton/ha dalam bentuk kalsit atau dolomit.

Penyemaian Benih
Sebelum menanam benih di lahan lahan, semai dahulu benih tersebut. Penyemaian dapat dilakukan di polybag. Penyemaian benih hingga siap tanam membutuhkan waktu 1 bulan tergantung varietas benih.

Cara Menanam Kembang Kol
Pilih bibit yang sehat serta tumbuh sempurna untuk di pindah tanam ke lahan. Tanam bibit kembang kol tadi ke bedengan yang sudah di siapkan sebelumnya. Lalu siram bibit yang telah ditanam.

Perawatan Kembang Kol
Proses perawatan pada tanaman bunga kol meliputi:
  • Penyulaman dilakukan pada tanaman jika ditemukan adanya tanaman yang rusak atau mati. Penyulaman ini dapat anda lakukan sebelum kembang kol yang ditanam berumur lebih dari dua minggu.
  • Pengairan serta penyiraman perlu dilakukan secara berkala. Lakukan penyiraman tanaman di pagi serta sore hari secara rutin. Penyiraman yang dilakukan harus lebih banyak di musim kemarau karena tanah cepat kering. Penyiraman dilakukan secara rutin hingga pada fase awal pembentukan bunga kol.
  • Penyiangan dilakukan jika pertumbuhan tanaman gulma atau rumput liar sudah mulai banyak. penyiangan dilakukan dengan cara mencabut tanaman gulma atau rumput liar yang ada di bedengan serta sekitar lahan. 
  • Penggemburan dapat dilaksanakan secara bersamaan dengan penyiangan, namun anda harus hati-hati ketika melakukannya. penggemburan bertujuan untuk membuat unsur hara yang mengendap dibawah menjadi keatas. 
Hama serta Penyakit yang Sering Menyerang Kembang Kol
Terdapat banyak jenis hama serta penyakit yang sering menyerang tanaman kembang kol. Salah satu hama yang sering ditemukan ialah ulat serta kutu daun. Ulat Plutella sangat suka memakan permukaan daun serta meninggalkan tulang-tulangnya sehingga akan berpotensi menyebabkan daun menjadi berlubang. Kemudian kutu daun juga dapat menyebabkan daun menjadi menguning serta berbintik kotor.

*Baca Juga : Cara Mudah Budidaya Markisa


Sedangkan penyakit yang sering menyerang yaitu bercak coklat, ekor cambuk, kepala bunga kol mengecil serta busuk akar batang. pencegahan hama penyakit dapat dengan menyemprotkan pestisida atau bakterisida untuk proteksi sesuai dosis yang di tetapkan bagi tanaman ini. Lakukan proses ini selama satu minggu sekali serta jangan lupa melakukan penyemprotan dengan pupuk cair.

Panen Kembang Kol
Panen kembang kol dapat dilakukan jika tanaman telah berumur kurang lebih 55 hingga 100 hari tergantung dari varietasnya. Cara memanennya yaitu dengan memotong tangkai bunganya bersama dengan batang daun nya dengan ukuran sepanjang 25 cm saja.

Kami CV Lim Corporation menyediakan Plastik mulsa berkualitas. Untuk info harga Plastik mulsa terupdate kami, silahkan klik DISINI. Info selengkapnya hubungi : 085233925564 – 081232584950 – 087702821277 (SMS/CALL/WA)

Selamat Mencoba & Selamat Menunaikan Ibadah Puasa....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar