Tips & Trik Budidaya Tanaman Lobak

   Halo sobat tani, Salam sejahtera. Pada artikel kali ini kita akan memberikan tips & trik budidaya tanaman lobak. Hmmm sebelum memulai budidayanya kita akan berkenalan dulu dengan tanaman ini. Lobak adalah tumbuhan yang masuk ke dalam famili Cruciferae. Bentuk umbi lobak seperti wortel, tetapi isi dan kulitnya berwarna putih. Tanaman lobak berasal dari Tiongkok, dan telah banyak diusahakan di Indonesia. Tanaman yang mudah ditanam baik di dataran rendah maupun pegunungan. Udah gak sabar mau tau cara budidayanya? Yuk di simak.

Syarat Tumbuh

Lobak dapat tumbuh pada dataran rendah maupun dataran tinggi dengan ketinggian antar 200 hingga 700 lebih mdpl berhawa dingin dan lembab dengan suhu berkisar antara 15°C hingga 25°C atau lebih. Struktur tanah yang cocok untuk menanam lobak adalah lapisan tanah yang agak ringan, dalam dan tidak berbatu dengan pH lebih dari 6,5.

   A. Pembenihan

Benih didapatkan dengan cara generatif yaitu menggunakan biji (umbinya). Untuk sekitar 1 hektar lahan dibutuhkan sekitar 4 kilogram benih umbi. Syarat umbi yang baik untuk ditanam adalah:
Biji bernas dan utuh
Kadar airnya hanya 9-12%
Memiliki daya perkecambahan yang tinggi sekitar 80% lebih.

*Jangan Lupa Baca Juga :  Cara Mudah Budidaya Nangka

   B. Lahan Tanam

Lahan tanam lobak dipersiapkan dulu, hal yang harus dilakukan adalah menggemburkan tanah menggunakan cangkul atau bajak dengan kedalaman sekitar 30 hingga 40 cm, setelah digemburkan biarkan selama sekitar 15 hari.
Kemudian lakukan pemupukan dasar menggunakan pupuk kandang dengan dosis sekitar 10 hingga 20 ton/hektar. Setelah tanah rata, buatlah alur memanjang dari barat ke timur (agar tanaman mendapat sinar matahari secara optimal) dengan jarak anatara alur yang satu dengan yang lain sekitar 30 cm.

   C. Penanaman Dan Perawatan Tanaman

Setelah lahan tanam sudah siap, benih ditabur tipis merata pada sepanjang alur kemudian ditutup dengan tanah. Setelah 4 hari kemudian biji akan tumbuh.
Sekitar pada umur 2 hingga 3 minggu tanaman disiangi sambil dibuat guludan dengan cara tanah pada sepanjang alur ditinggikan. Selain Penyiangan, dilakukan juga lakukan penyulaman pada tanaman yang kerdil atau mati. Lakukan juga pemupukan agar tanaman dapat tumbuh optimal.

*Baca Juga :  Cara Budidaya Tanaman Selada Yang Baik & Benar Serta Menguntungkan lho!

   D. Hama Dan Penyakit

Hama dan Penyakit yang menyerang tanaman lobak diantaranya Ulat tanah (Agrotis ipsilon Hufn).

   E. Pemanenan

Lobak dapat dipanen saat umbinya sudah cukup besar yaitu pada umur sekitar 2 bulan. Pemanenan jangan samai terlambat karena akan membuat lobak berkayu derta rasanya tidak enak. Dalam 1 hektar lahan dapat dihasilkan sekitar 15 hingga 20 ton lobak.

Demikian tips & trik budidaya tanaman lobak. Semoga bisa bermanfaat serta menambah wawasan kita,  Selamat mencoba, Semoga berhasil. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi website kami karena akan selalu ada artikel menarik lainnya.

CV LIM CORPORATION menyediakan plastik mulsa hitam perak berkualitas, untuk info pemesanan hubungi kami di SMS/Call/WA : 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277
Email: limcorporation2009@gmail.com
 

1 Komentar

  1. bagus infonya,, terimakasih banyak gan
    dan jangan lupa kunjungi link kami di http://blackwaletcare.com/

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama