Tips Dan Trik Dalam Budidaya Jambu Biji

     Jambu biji (Psidium guajava) adalah salah satu tanaman buah tropis yang berasal dari famili Myrtaceae. Tanaman buah jambu biji ini berasal dari Brazil yang kemudian menyebar ke Indonesia melalui Thailand. Jambu biji memiliki buah berwarna hijau dengan daging buah berwarna merah atau putih dan memiliki rasa manis atau masam.

     Ada sebagian macam jambu biji diantaranya Jambu bangkok, Jambu sukun, Jambu kristal, Jambu tanjung barat, jambu getas merah, serta jambu australia. Jambu biji memiliki banyak manfaat adalah:
  • Mencegah kanker.
  • Meningkatkan cara kekebalan tubuh.
  • Membantu menjaga kesehatan mata.
  • Membantu mengatasi disentri dan diare.
  • Menjaga kesehatan otak.
  • Menutrisi kulit.

     Jambu biji dapat ditanam dalam pot atau awam disebut tabulampot. Nah, kali ini kita akan membahas seputar cara budidaya jambu biji dalam pot atau tabulampot. Cara budidaya jambu biji dalam pot dapat Anda lihat di bawah ini.

Pemilihan Bibit Jambu Biji 


     Jambu biji dapat diperbanyak dengan cara okulasi atau dari biji. Pilihlah benih dengan kondisi yang baik serta bebas dari hama dan penyakit. Bibit yang berasal dari benih okulasi atau penempelan, dipilih yang telah berusia minimal 4 bulan. Sebaiknya, panjang satu cabang tunas telah mencapai kurang lebih sekitar 30 cm dan memiliki 6 pasang daun.

     Tips Dan Trik Dalam Budidaya Ragam Jenis Sayuran


Penanaman Jambu biji 


     Pilihlah pot dengan diameter sekitar 1 meter, pot tersebut dapat terbuat dari plastik, semen maupun drum bekas sebab tanaman jambu biji dapat tumbuh dengan ketinggian optimal sekitar 10 meter.

     Masukkan media tanam yang porous dan gembur kedalam pot yang telah disiapkan. Media tanam dapat berupa campuran tanah merah dan pupuk sangkar dengan perbandingan 1:1.

     Tanam benih dalam pot, pertama buka dahulu polybag benih secara hati - hati supaya media benih dan akarnya tidak rusak. Buatlah lubang tanam dalam pot lalu timbun kembali dengan tanah. Potong akar tunggang sedikit supaya akar bisa tumbuh lebih banyak serta potong lebar daun setengah untuk mengurangi penguapan.

     Bila pengerjaan penanaman dan media tanam telah dipadatkan, selanjutnya siram tanaman hingga air merembes dari dasar pot.

Perawatan Tanaman Jambu Biji Tabulampot 


Penyiangan

     Saat tanaman jambu biji berusia 2 pekan sesudah tanam, lakukan penyulaman pada tanaman pengganggu atau gulma yang tumbuh disekitar tanaman tabulampot jambu biji.

Penyiraman

     Lakukan penyiraman secara teratur 2 kali sehari adalah pagi dan petang hari 2 pekan sesudah tanam. Setelah itu, intensitas penyiraman dapat dikurangi menjadi satu kali sehari. Bila tanaman telah tumbuh dengan baik, Anda dapat mengerjakan penyiraman seperlunya saja.

Pemupukan

     Lakukan pemupukan dengan mengaplikasikan pupuk sangkar pantas dengan dosis, supaya hasil optimal (atau dapat juga dosis ditambah sedikit).

CV. LIM CORPORATION menyediakan Mulsa Plastik murah berkualitas, untuk info Harga Mulsa Plastik klik DISINI pemesanan hubungi kami di SMS/Call/WA : 

0852 - 3392 - 5564 / 0812 - 3258 - 4950 / 0877 - 0282 - 1277.
 
Info Tentang Pertanian Dan Perkebunan Hanya di www.pertanian99.com

@ULM

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama