Beberapa Manfaat & Fungsi Plastik Mulsa Untuk Pertanian

ukuran mulsa plastik,daftar harga mulsa plastik,harga mulsa plastik hitam perak per roll,cara memasang mulsa plastik,pengganti mulsa plastik,harga plastik mulsa 1 roll,harga plastik mulsa eceran,mulsa plastik surabaya,mulsa plastik sidoarjo,mulsa plastik jakarta,mulsa plastik semarang,mulsa plastik makassar
Manfaat Plastik Mulsa
Beberapa Manfaat & Fungsi Plastik Mulsa Untuk Pertanian - Dalam dunia pertanian terutama pada budidaya tanaman hortikultura seperti cabai, semangka, melon, dll, sering kita jumpai pada tanah bedengan diselimuti dengan sejenis plastik berwarna perak. Plastik yang digunakan untuk menyelimuti tanah bedengan itu yang biasa disebut dengan mulsa plastik. Ada beberapa jenis mulsa plastik, antara lain:
1. Plastik mulsa hitam perak (MPHP)
2.  Plastik mulsa perak perak
3. Plastik mulsa bening (transparan).

Dari berbagai jenis mulsa plastik tersebut, yang plaing umum digunakan adalah mulsa plastik hitam perak (MPHP). Karena mulsa plastik jenis hitam perak ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan jenis mulsa plastik lainnya.

Apa Itu Mulsa Plastik?
Mulsa plastik adalah sebuah lembaran plastik yang akan menutup area lahan pada tanaman budidaya yang bertujuan guna menjaga dan melindungi seluruh permukaan tanah dari terjadinya erosi, lalu menjaga kadar kelembaban serta juga struktur pada tanah, dan pula menghambat perkembangan hama gulma. Plastik mulsa ini tergolong juga ke dalam jenis plastik anorganik, sebab plastik ini terbuat dari beberapa bahan polietilena yang memiliki intensitas rendah yang dapat dihasilkan lewat tahap polimerisasi etilen dibawah pengaruh tekanan yang tinggi.


Manfaat & Fungsi Plastik Mulsa
Untuk fungsi mulsa plastik ini ialah menjaga bentuk tekstur tanah supaya tak cepat kering, serta mencegah tumbuhnya tumbuhan liar atau gulma yang bisa mengganggu tumbuhan induk. Dan pula melindungi tumbuhan dari gangguan hewan penggangu maupun hama penggangu. Pemakaian mulsa plastik, umumnya sering dipakai pada budidaya tumbuhan dengan sistem intensifikasi produksi, semisal tumbuhan hortikultura berjenis sayur-sayuran. Dengan pemakaian mulsa plastik diharap untuk hasil panen bakal menjadi meningkat serta mutu dan kualitas hasil panen bakal lebih baik lagi.

Nah, untuk manfaat mulsa plastik sendiri sangat penting guna melindungi atas permukaan tanah dari gangguan terpaan hujan, menjaga kelembaban tanah, erosi, struktur pada tanah, serta kesuburan tanah, dan juga menghambat perkembangan gulma atau rumput liar.

Fungsi Lain Plastik Mulsa
1). Tingkat produksi akan lebih tinggi, peningkatan pada suhu tanah bakal memacu tingkat pertumbuhan tumbuhan dan juga mempercepat waktu panen.

2). Mengurangi adanya evaporasi, dengan tertutupnya bagian tanah dengan penggunaan mulsa plastik kehilangan air sebab evaporasi bakal berkurang, tak hanya lain itu pada pemakaian irigasi tetes pada area lahan dengan plastik mulsa plastik bakal menjaga kadar kelembaban tanah dan juga meningkatkan keperluan air untuk tanaman.

3). Pengendalian hama gulma bakal sedikit lebih rendah, mulsa plastik tersebut bakal mengurangi intensitas kadar cahaya yang masuk ke dalam permukaan tanah, nah maka gulma bakal cenderung tak dapat tumbuh.

4). Mengurangi sebagian kehilangan hara dari beberapa pupuk, aliran drainase air pada permukaan bakal tertahan oleh mulsa plastik maka unsur hara pupuk tak bakal hilang oleh pencucian. Pemakaian mulsa plastik bakal menjaga banyak nutrisi untuk tanaman pada zona perakaran, maka pemakaian nutrisi akan lebih efisien.

Demikian tadi artikel tentang Beberapa Manfaat & Fungsi Plastik Mulsa Untuk Pertanian. Mulai sekarang gunakan mulsa plastik hitam perak untuk memaksimalkan hasil panen Anda. Apabila Anda membutuhkan mulsa plastik hitam perak, untuk info harga mulsa plastik & cara pemesanannya silahkan hubungi kami di SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 - 081.2325.84950 - 0877.0282.1277.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama