Manfaat Daun Binahong Yang Belum Pernah Di Ketahui

Manfaat daun Binahong ini sangat penting untuk diketahui karena ternyata dapat membantu dalam kesembuhan beberapa penyakit atau untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebelumnya mari mengenal dulu apa itu daun binahong. Mungkin masyarakat awam tidak terlalu mengenal nama tersebut namun akan lebih familiar jika sudah melihat bentuk tanaman tersebut. Daun binahong adalah tumbuhan yang biasa merambat pada dinding atau pagar, di Indonesia sendiri tumbuhan ini biasa disebut Gondola. Bentuk daunnya sekilas menyerupai daun sirih namun sedikit lebih tebal. Daun binahong termasuk dalam keluarga Basellaceae dan mempunyai 2 jenis variasi yaitu Basella Rubr yang warna tulang daun dan batangnya merah dan Basella Alba yang warna daunnya hijau gelap. Tumbuhan ini juga disebut Heartleaf Maderavine Madevine dalam bahasa Inggris.
Ciri dari tumbuhan Binahong ini adalah :

1. Batang binahong lemah, bulat, bercabang, lunak dan tidak berkayu.
2. Batangnya merayap dan mengeluarkan akar
3. Memiliki daun tunggal dengan letak yang berseling
4. Memiliki bunga majemuk yang muncul dari ketiak daun dan berukuran sekitar 3 – 21 cm
5. Mahkota bunga berwarna putih dengan ujung ungu

Tumbuhan ini berasal dari beberapa negara. Seperti di Korea, daun binahong dapat ditemukan dengan mudah di negara gingseng tersebut dan ternyata juga digunakan sebagai bahan obat-obatan dari sejak zaman dahulu kala. Di China juga terdapat tumbuhan binahong ini, namun lebih dikenal dengan nama Deng San Chi. Masyarakat China menggunakan hampir dari semua bagian tumbuhan binahong untuk pengobatannya. Begitu pula di negara Afrika, tepatnya di hutan Madagaskar, binahong memang terkenal sebagai obat yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit. Sekarang tumbuhan binahong sudah bisa ditemukan di Indonesia, selain karena tumbuhan ini bisa tumbuh di iklim Indonesia juga karena manfaatnya yang begitu banyak sebagai tanaman obat khususnya.

Kandungan daun binahong

Seluruh bagian pada tumbuhan binahong dapat difungsikan sebagai obat namun seringnya yang diolah adalah bagian daunnya. Daun binahong dipercaya memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan suatu penyakit. Beberapa kandungan penting daun binahong tersebut adalah :

A. Saponin

Merupakan senyawa aktif yang menyerupai sabun dan terdapat pada permukaan daun binahong. Pencairan dan pelarutan dari senyawa ini akan memberikan hasil sebagai zat pelindung tubuh yaitu zat anti bakteri, anti mikroba dan anti virus. Saponin juga ternyata dapat membentuk kolagen yang berfungsi sebagai protein untuk menyembuhkan luka. Manfaat lain dari saponin adalah sebagai pembersih dalam tubuh, menurunkan kolesterol dan meningkatkan kekebalan tubuh

B. Minyak Atsiri

Minyak ini memiliki banyak manfaat seperti sebagai obat antiseptik alami baik penggunaan dari dalam atau luar tubuh. Selain itu minyak atsiri juga berfungsi sebagai bahan hemolitik, sedative, analgesic, enzimatik dan stimulant. Untuk pemakaian secara eksternal bisa memperoleh minyak ini dengan cara penyulingan karena termasuk minyak eteris yang mudah menguap. Minyak atsiri yang fresh dari penyulingan tidak akan berwarna namun kalau terlalu lama di udara terbuka akan teroksidasi dan berubah warna. Karenanya segera simpan minyak atsiri di tempat terlindung agar khasiatnya tidak hilang

C. Alkaloid

Merupakan zat yang mempunyai sifat hipoglikemik. Zat ini diperlukan bagi para penderita diabetes karena mempunyai fungsi sebagi penurun kadar gula dalam tubuh

Baca Juga :
Ini Dia Cara Ampuh Mencegah Hama Pada Tanaman Cabai, Dijamin Ciamik!!
Inilah Cara Mudah Membuat GreenHouse Sederhana Dengan Tarif Murah
Manfaat Serta Metode Dalam Budidaya Rambutan Baik Dan Benar
Sukses Dalam Budidaya Singkong Gajah Supaya Panen Melimpah
Inilah Cara Manfaatkan Botol Bekas Sebagai Media Tanam Bawang

D. Asam askorbat

Salah satu zat dalam daun binahong yang sangat berguna pada penyembuhan luka bakar atau luka luar. Ketika terkena luka maka kemungkinan juga akan terkena infeksi pada luka tersebut, disinilah fungsi dari asam askorbat. Senyawa tersebut akan mempercepat penutupan luka sehingga mencegah terjadinya infeksi

E. Antioksidan

Merupakan zat yang berperan penting dalam memerangi zat karsinogen dari radikal bebas yang ada di dalam tubuh dan mencegah terjadinya kanker.

F. Asam oleanolic

Merupakan senyawa yang berperan sebagai anti peradangan atau inflamasi. Dengan adanya zat ini bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit saat terjadi luka

Kandungan lainnya yang terdapat pada daun binahong dan sangat baik bagi kesehatan adalah seperti mono polisakarida, polifenol, L-arabinosa, L-rhamnose, D-glukosa, D-Galaktose, flavonoid dan protein. Begitu banyak ternyata kandungan yang bermanfaat dalam tumbuhan binahong ini sehingga wajar jika sangat populer digunakan sebagai penyembuhan baik penyakit berat maupun penyakit ringan. Meski di Indonesia sendiri pemanfaatannya masih kurang, namun saat ini sudah mulai banyak yang menyadari khasiatnya daun binahong sebagai obat herbal dan menanamnya untuk kemudian dijadikan sebagai terapi ramuan kesehatan.

Manfaat Daun Binahong Untuk Pengobatan

Umumnya air rebusan daun binahong yang digunakan untuk pengobatan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kencing manis : gunakan sebelas lembar daun binahong yang direbus, lalu minum rebusan airnya setiap hari
2. Sesak nafas : rebus tujuh lembar daun binahong, kemudian minum setiap hari sekali
3. Menstabilkan tekanan darah (tekanan darah rendah) : rebus delapan lembar daun binahong, air rebusannya diminum setiap hari
4. Batuk yang menyebabkan muntah darah : rebus sepuluh lembar daun binahong, dan minum rebusannya setiap hari
5. Penyakit paru-paru : gunakan sepuluh lembar daun binahong dan direbus, dan minum ramuan ini setiap hari
6.   Membantu menyembuhkan diabetes (kencing manis)
7.   Meringankan sesak napas
8.   Membantu memulihkan stamina
9.   Mempercepat penyembuhan luka
10. Mengatasi pembekuan darah dan peradangan
11. Memulihkan memar
12. Mencegah stroke
13. Mengurangi arthritis
14. Mencegah asam urat
15. Ambien (wasir)
16. Gangguan sakit kepala
17. Mengobati Gatal-gatal
18. Menjaga sistem kekebalan tubuh
19. Pembengkakan usus
20. Hidung Mimisan
21. Masalah kesehatan setelah operasi dan melahirkan

Pengobatan alternatif ini, harus dilakukan dengan rutin namun juga harus terus meminum manfaat air putih untuk menyeimbangkan kadar rebusan daun binahong pada tubuh.

Selain diguanakn sebagai media pengobatan, daun binahong juga dapat dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan kulit, seperti berikut :

1. Mengobati luka berdarah. Tumbuk daun binahong atau dihaluskan secukupnya. Oleskan pada bagian tubuh yang bengkak atau luka secara merata. Lakukan selama luka jika luka masih dalam kondisi basah.
2. Mengobati jerawat. Ambil 5 atau lebih daun binahong dan tumbuk sampai hancur. Langsung oleskan pada jerawat secara teratur. Lebih baik jika Anda diterapkan pada malam hari sebelum tidur. Jika ingin hasil yang maksimal, ambil 5-6 lembar daun binahong air kemudian rebus dengan 2 gelas air, hingga tersisa satu gelas. Tambahkan manfaat madu secukupnya, untuk menambah rasa.
3. Obat Luar. Untuk pemakaian luar, daun dan batang ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Bahan ini untuk menyembuhkan memar karena terbentur, rematik, pegal linu, sakit otot atau menghaluskan kulit.
4. Menjaga Kesehatan Wajah. Tips ini cukup efektif untuk menghilangkan keriput dan jerawat pada wajah. Cara membuatnya juga cukup mudah, cukup menggunakan daun binahong sebagai masker wajah. Tumbuk 5-6 binahong kemudian oleskan pada wajah yang bersih setiap sebelum tidur.



Sekian artikel dari kami semoga bermanfaat :)

Paranet merupakan jala plastik yang biasa digunakan untuk memberi naungan bagi tanaman. Paranet dapat mengurangi intensitas cahaya yang diterima tanaman dan juga untuk mengurangi suhu udara disekitar tanaman. Lim Corporation menyediakan paranet dengan daya serap sinar matahari sebanyak 60%, 65%, 75% dan 85%. Segera Pesan Sekarang Sebelum Kehabisan!!!
Info harga dan cara pemesanan silahkan Hub. 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 0812.3258.4950 | Phone/fax : 031-8830487.
Info selengkapnya tentang prodak bisa anda lihat di www.agrobis99.com
Untuk chat langsung dengan admin klik http://bit.ly/2BAgCJ3 atau  http://bit.ly2oaVZvq  atau  http://bit.ly/2BD3Fyr
#ShadingNet #PeneduhTanaman #PeneduhKolam #ProdusenParanet


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama