Minggu, 22 April 2018

5 Manfaat Tersembunyi Kumis Kucing & Cara Pengolahnnya


Sejak dahulu, para orang tua kita telah menggunakan kumis kucing untuk menyembuhkan penyakit pinggang, termasuk penyakit yang berkaitan dengan ginjal dan saluran kemih. Tanaman ini termasuk ampuh menghancurkan batu ginjal dan menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkannya. Kumis kucing saat ini telah dikenal sebagai salah satu herba yang digunakan orang Barat dan Timur, bahkan sudah diproduksi dalam industri obat.

Manfaat Kumis Kucing Dan Cara Mengolahnya


Manfaat kumis kucing dan cara mengolahnya disajikan dalam bentuk teh ataupun campuran dari beberapa herba. Diantaranya mampu menyembuhkan penyakit susah buang air kecil, penghancur batu ginjal, radang ginjal, rematik, syphilis, sembelit, dan kencing manis. Kumis kucing dipercaya mengandung senyawa genkosid orthosifonin, asam lemak, minyak atsiri, minyak nabati, saponin, sapofonin, dan garam kalium.


Tanaman kumis kucing biasanya menarik perhatian lebah, kupu-kupu dan burung ke nektarnya. Tumbuhan ini berbatang basah, tinggi mencapai 1,5 meter dan daunnya berbentuk bulat telur. Bunganya berwarna putih seperti kumis kucing, dan batangnya mudah patah berbentuk empat persegi. Kumis kucing biasanya tumbuh liar diladang, tepi sungai, ataupun tanah yang agak lembab. Tumbuhan ini tumbuh subur hingga ketinggian 700 mdpl.

Adapun manfaat kumis kucing dan cara mengolahnya untuk mengobati beberapa penyakit secara tradisional adalah sebagai berikut:

Baca Juga :


1. Melancarkan Buang Air Kecil & Anyang anyangan
Cara Penggunaan :
Cara mengobati infeksi saluran kencing dan batu bureter, petiklah 25 gram daun kumis kucing dan rebus dengan 2 gelas air putih selama 15 menit. Minumlah ramuan tersebut dua kali sehari di pagi dan sore masing-masing 1 gelas.

2. Untuk Mengobati Kencing Manis

Cara Penggunaan :
Sediakan daun kumis kucing sebanyak 20 lembar, daun sambiloto 20 lembar. Masukkan kedalam air 150 ml dan panaskan dengan api kecil hingga menjadi 100 ml. Ramuan ini untuk sekali sehari 100 ml.

3. Mengobati Sakit Rematik

Cara Penggunaan :
Ambil 5 helai daun kumis kucing dan daun meniran 3 gelas air dan rebus. Setelah dingin, minumlah ramuan tersebut sehari selama 3 kali masing-masing 1/2 gelas

4. Untuk Mengobati Sakit Pinggang


Cara Penggunaan :
Sediakan segenggam daun kumis kucing segar, kulit batang pepaya seluas 4 cm2. Masukkan kedalam air 150 ml dan panaskan dengan api kecil hingga menjadi 100 ml, kemudian saring. Ramuan ini diminum sekali sehari 100 ml.

5. Membantu Perawatan Pasien Diabetes


Cara Penggunaan :
Cuci bersih 15 lembar daun kumis dan rebus dengan 2 gelas air hingga air hanya tersisa 1 gelas. Minum ramuan tersebut secara rutin selama 1 kali sehari hingga kadar gula dalam darah menurun.

Demikian artikel tentang daun kumis kucing, semoga bermanfaat bagi kita semua :D Nantikan artikel yang lain disini :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar