Senin, 14 Mei 2018

Inilah Tips Budidaya Cengkeh, Agar Hasil Lebih Berkualitas Tinggi


Cengkeh atau Eugenia aromaticum memang banyak sekali peminatnya. Tanaman yang sering dibuat untuk bumbu masakan dan bahan utama dari pembuatan rokok ini mempunyai prospek yang tinggi.

Sebelum menanam tanaman yang beridentitas dari Provinsi Maluku Utara ini, Anda harus memperhatikan hal-hal dibawah ini:

1. Pemilihan bibit

Pilihlah bibit tanaman cengkeh dengan tinggi minimal 60cm yang umurnya 1 tahun dan 90 cm dengan umur 2 tahun. Akar tunggangnya harus lurus dan sehat dengan panjang sekitar 45 cm. Memiliki batang tunggal dan jumlah rata-rata percabang 7 pasang dengan warna daun hijau tua.

2. Penanaman

Siapkan lahan untuk menanam bibit tanaman cengkeh, setelah itu berilah pupuk kandang 2 minggu sampai 1 bulan sebelum bibit ditanam. Buatlah saluran drainase agar dapat mengatur kelebihan dan kekurangan air. Kemudian perhatikan jarak antar tanaman jangan terlalu dekat. Penanaman yang baik untuk cengkeh yaitu pada saat awal musim hujan.

Baca Juga :

3. Pemeliharaan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat memelihara tanaman cengkeh:

- Pengelolaan lahan dan tanaman, kerjakanlah penggemburan tanah disekeliling tanaman dengan mencangkul sekitar 10cm. Anda dapat melakukan dua kali selama satu tahun yaitu di awal dan di akhir musim hujan. Serta jangan lupa jika membersihkan alang-alang harus sampai pada akarnya.

- Penyulaman harus dilakukan pada musim hujan.

- Tahap penyiraman, siramilah tanaman cengkeh pada saat musim kemarau saat awal pertumbuhan. Setelah dewasa, tak perlu menyiram lagi kecuali pada keadaan iklim yang sangat kering.

- Pemasangan mulsa, mulsa dipasang saat menjelang musim kemarau. Pemasangan ini bertujuan untuk menjaga kelembaban tanah.


4. Pemupukan

Anda bisa menggunakan pupuk organik yaitu pupuk kandang atau kompos dan juga pupuk anorganik. Pupuk anorganik yang bentuknya butiran dapat dilakukan 2 kali satu tahun, yaitu diawal dan diakhir saat menjelang musim hujan. Sedangkan pupuk anorganik yang bentuknya tablet hanya satu tahun sekali, yaitu pada saat awal musim hujan.

5. Panen

Panen dikerjakan sekitar 6 bulan setelah satu atau dua bunga mekar dan berwarna kuning kemerahan dengan kepala bunga yang masih tertutup, berisi dan mengkilat. Petiklah bunga cengkeh yang telah penuh tetapi belum mekar.

Jika Anda membutuhkan Mulsa Plastik untuk tanaman Anda dengan harga yang lebih murah dan terjangkau serta lebih awet, silakan hubungi kami melalui SMS/Call/WA : 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar