Ini Dia 5 Keluarga Buah Nangka Yang Belum Diketahui


Apa yang Anda ketahui tentang buah nangka? Tahukah Anda bahwa ada buah dari keluarga nangka? Hal ini memang jarang sekali diketahui banyak orang. Indonesia yaitu salah satu negara yang cukup dikenal dunia karena keanekaragaman buah lokalnya.

Indonesia juga menjadi salah satu negara pengekspor buah yang cukup mendunia. Hal ini karena buah-buah lokal mempunyai keunggulan yang tak dipunyai buah dari negara lain. Tak hanya itu, Indonesia juga mempunyai buah-buah langka yang sangat beraneka ragam.

Anda pasti sangat mengenal sekali dan pernah memakan buah nangka bukan? Tetapi tahukah Anda ada beberapa buah yang mempunyai ciri fisik menyerupai buah nangka?

Mentawa (Artocaprus anisophyllus)

Buah mentawa yaitu salah satu buah lokal dan langka khas dari Kalimantan. Mentawa mempunyai ukuran dengan diameter sekitar 11cm, berdaging buah berwarna oranye cerah, dengan rasa yang manis serta mempunyai aroma yang harum.

Tak hanya buahnya yang bisa dikonsumsi, tetapi bijinya pun bisa dimakan. Daun dari buah mentawa juga mempunyai manfaat yang sangat luar biasa. Beberapa Suku Dayak memakai abu dari daun mentawa yang dicampur minyak goreng untuk menyembuhkan penyakit kulit pada anak-anak.

Karusung (Artocarpus sp.)

Buah karusung ini mempunyai ukuran dengan diameter sekitar 10cm. Daging buah karusung berwarna oranye dengan rasa manis yang sangat unik seperti perpaduan antara pisang dan nangka. Karusung tergolong buah yang langka dan sulit sekali untuk ditemukan. Dan tak semua daerah mempunyai pohon karusung.

Keledang (Artocarpus anceifolius)

Buah kaledang ini mempunyai ukuran yang kecil dan berbentuk bulat. Buah ini berdiameter sekitar 5cm-12cm dengan daging buah berwarna kuning sampai berwarna oranye. Kaledang yaitu buah yang mempunyai rasa yang manis perpaduan antara nangka dan pisang kepok.

Baca Juga :

Keistimewaan dari buah kaledang, bentuknya sangatlah unik dan cukup menarik, seukuran genggaman tangan. Buah kaledang umumnya tumbuh dengan liar dan sampai sekarang belum ada yang membudidayakannya.


Mantibungan (Artocarpus rigidus)

Buah mantibugan mempunyai ukuran sedang dengan diameter sekitar 10cm-13cm dengan daging buah berwarna kuning cerah. Mantibungan mempunyai rasa yang sangat cukup unik dan sedikit asam tetapi juicy dengan perpaduan rasa antara nangka dan jeruk yang sangat menyegarkan.

Tilap (Artocarpus teysmanni)

Buah tilap ini mempunyai ukuran cukup kecil dengan diameter sekitar 3cm-5cm dengan panjang sekitar 4cm-10cm. Buah tilap mempunyai warna putih ketika masih mentah dan berubah menjadi warna kuning ketika sudah matang. Tilap mempunyai rasa yang sangatlah manis. Buah ini bisa tumbuh subur di daerah perairan seperti di sawah dan di rawa.

Itulah beberapa buah dari keluarga nangka yang kini keberadaannya sangatlah langka. Sudah sepatutnya kita sebagai masyarakat Indonesia turut mendukung dan melestarikan buah-buahan asli nusantara.


Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Mulsa Plastik untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak mengenai tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama