Jangan Ragu, Segera Pakai Mulsa Plastik Saat Menanam Pepaya

Produsen Mulsa Plastik di Jawa Timur - Lim Corporation

Budidaya tanaman pepaya yang saya jelaskan ini yaitu dengan memakai bedengan bekas ditanami tanaman yang mempunyai nilai ekonomis tinggi, seperti bekas budidaya cabai, budidaya melon, budidaya tomat, budidaya terong dan lain sebagainya, di mana didalam sistem budidayanya memakai sistem mulsa plastik hitam perak.

Syarat Tumbuh Tanaman Pepaya

Tanaman pepaya ini bisa tumbuh maksimal di tempat yang area tingginya sekitar 200-500mdpl. Tanaman pepaya membutuhkan sinar matahari penuh tanpa naungan, dengan suhu sekitar 22°C-26°C, ph tanah sekitar 6-7.Tanaman pepaya termasuk tanaman yang peka pada kekurangan serta kelebihan air. Apabila terjadi kekurangan air, pertumbuhannya terhalang serta hasil buah tak optimal. Tetapi jika airnya berlebihan dan sampai ada genangan air akan membuat akar tanaman tak bisa bernafas dengan baik, dan gampang diserang penyakit pemicu layu.

Persiapan Tempat Budidaya Pepaya

Untuk persiapan tempat budidaya pepaya yaitu seperti pembuatan lubang tanam atau pembolongan mulsa tepat di dalam bedengan dengan jarak tanam yaitu 2,75m zigzag. sistem tanam zigzag tujuannya untuk melindungi kelembapan setiap bedengan, terlebih lagi ketika waktu musim hujan. Berikan lubang pada mulsa dengan panjang 40cm, lebar 40cm. Bisa juga berbentuk bulat dengan diameter 50cm, pembuatan lubang tanam dikerjakan dengan panjang 25cm, lebar 25cm, serta kedalaman 25cm. Pemberian pupuk kandang fermentasi dikerjakan 2 minggu sebelum tanam sejumlah 0,5kg/lubang tanam, pupuk npk 15-15-15 sejumlah 200g/lubang tanam.

Persiapan Pembibitan Serta Penanaman Budidaya Pepaya

Tahap persiapan pembibitan budidaya pepaya membutuhkan rumah atau sungkup pembibitan untuk perlindungan bibit muda. Kemudian sediakan media semai dengan komposisi 20 liter tanah, 10 liter pupuk kandang, serta 150g npk halus. Campuran media tanam dimasukkan ke didalam polibag semai berukuran 8cm x 10cm. benih disemaikan ke media sejumlah 1 butir/media. untuk mempercepat perkecambahan benih permukaan media semai ditutup dengan memakai mulsa plastik hitam perak, perhatikan supaya situasi tetap lembab. Plastik penutup pada permukaan media semai bisa dibuka jika benih sudah mulai berkecambah, setelah benih disungkup dengan memakai plastik transparan.

pembukaan sungkup diawali pada pagi hari, dan di buka kembali pada sore hari. Usia 14 hari menunggu tanam sungkup harus di buka dengan penuh untuk penguatan tanaman. Penyiraman jangan sampai terlalu basah dan dikerjakan setiap pagi. Penyemprotan kimiawi memakai fungisida mempunyai bahan aktif simoksanil serta insektisida mempunyai bahan aktif imidakloprid dikerjakan usia 30 hari sesudah semai. Dengan konsentrasi ½, konsentrasi paling rendah. Apabila bibit sudah mempunyai 4 helai daun sejati, maka bibit siap dipindah tanamkan.

Baca Juga :
Penyulaman Budidaya Pepaya

Proses penyulaman budidaya pepaya dikerjakan sampai usia tanaman 1,5 bulan. Tanaman yang sudah tua apabila tetap terus disulam bisa mempengaruhi pada pengendalian hama penyakit.

Perempelan Budidaya Pepaya

Tahap perempelan tunas samping dikerjakan pada tunas yang keluar pada ketiak daun. Tujuannya untuk meningkatkan perkembangan vegetatif tanaman, supaya tanaman pepaya tumbuh kekar, tak hanya itu juga untuk melindungi kelembaban waktu tanaman pepaya sudah dewasa. Dikerjakan sampai timbulnya bunga pertama.

Sanitasi Tempat Serta Pengairan Budidaya Pepaya

Sanitasi tempat budidaya pepaya yaitu seperti pengendalian gulma, pengendalian air ketika musim hujan jangan sampai terlihat genangan. Pengairan diberikan dengan terukur, dengan penggenangan atau pengeleban 2 minggu 1 kali apabila tak turun hujan. Penggenangan janganlah terlalu tinggi, batas penggenangan hanya sepertiga tinggi bedengan.

Pemupukan Susulan Budidaya Pepaya

Pupuk untuk akar diberikan 1 bulan 1 kali dengan cara dikocor, yaitu pada usia 1-4 bulan. Dengan dosis 4kg npk 15-15-15 yang dilarutkan didalam 200 liter air, setiap tanaman pepaya diberikan 1 liter. Tetapi usia diatas 4 bulan dosisnya menjadi 5kg npk 15-15-15, 1kg zk yang dilarutkan didalam 200 liter air, setiap tanaman pepaya diberikan 1 liter. Pupuk daun dengan kandungan nitrogen tinggi diberikan usia 1 bulan, 2 bulan, serta 3 bulan, Tetapi kandungan phospat serta kalium tinggi diberikan ketika usia diatas 6 bulan.

Hama Tanaman Pepaya

Kutu Daun
Kutu daun ini yaitu hama yang biasanya mengisap cairan pada daun tanaman pepaya terutama pada daun muda, kotoran kutu daun ini bisa mengundang semut karena mempunyai rasa manis. Daun pepaya diserang akan menguning, menggulung dan mengeriting, serta tanaman pepaya bisa kerdil. Penanganan secara kimiawi memakai insektisida. Dosis sesuai dengan anjuran yang ada di kemasan

Kutu Putih
Hama kutu ini mempunyai bentuk yang bulat serta berwarna kehijauan, semua bagian tubuhnya diselumuti dengan susunan lilin berwarna putih. Hama ini menyerang tanaman pepaya dengan cara menghisap cairan pada daun dan juga menyelubungi buah pepaya. Serangan hama ini pada bunga akan menyebabkan kerontokan. Karena manisnya kotoran hama ini bisa mengundang semut. Penanganan kimiawi dengan memakai cairan insektisida.

Kutu Kebul
Hama kutu ini mempunyai warna putih, bersayap, tubuhnya diselimuti serbuk putih layaknya lilin. Kutu kebul menghisap cairan sel bagian daun sampai beberapa sel serta jaringan daun pepaya rusak. pengendalian kimiawi memakai insektisida mempunyai bahan aktif abamektin, tiametoksam, imidakloprid, asetamiprid, klorfenapir, sipermetrin, atau lamdasihalotrin.

Tungau
Tungau sering sembunyi di balik daun pepaya serta menghisap cairan daun. Daun pepaya diserang awalannya terlihat bintik-bintik berwarna putih, serangan berat seluruh permukaan daun bisa terlihat seperti berselaput putih, dan pada permukaan bawah daun ada benang-benang halus berwarna merah ataupun kuning. Mengatasi dengan cara kimiawi yaitu memakai insektisida akarisida.

* Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Penyakit Tanaman Pepaya

Layu Bakteri
Pada daun pepaya yang diserang bakteri ini akan layu kemudian gugur, bagian pucuk tanaman pepaya membusuk serta terus menjalar ke bawah. Cara mengatasinya dengan membongkar tanaman pepaya yang sakit sampai ke akar-akarnya, dan penyemprotan kimiawi memakai cairan bakterisida. Sebagai pencegahannya, laksanakan pengocoran memakai pestisida organik pada tanah setiap 1 bulan 1 kali.

Busuk Phytopthora
Penyakit ini menyerang semua bagian sisi tanaman pepaya. pangkal batang diserang membusuk dan layu, serangan yang serius menyebabkan tanaman pepaya layu. Daun pepaya diserang seperti tersiram air panas, layu, menguning serta menggantung kurang lebih di bagian batang sebelum rontok. Akar lateral membusuk, membentuk massa spora berwarna coklat tua, lunak dan berbau tak seap. Diawali di tangkai buah pepaya, kemudian buah diselimuti miselium cendawan berwarna putih, dan juga buah pepaya mengeriput berwarna hitam. Penanganannya dengan sanitasi kebun, membongkar tanaman pepaya yang terserang samapi ke akar-akarnya, dan memusnahkan buah pepaya diserang. Penanganan kimiawi memakai fungisida sistemik.

Antraknosa
Serangan antraknosa pada buah pepaya muda berupa luka kecil dengan ditandai ada getah yang keluar dan mengental, pada buah pepaya yang akan matang ditandai adanya bulatan-bulatan kecil berwarna gelap, waktu buah pepaya mulai matang bulatan makin membesar berlekuk berwarna cokelat tua, di sini cendawan bisa membentuk massa spora. Cara mengatasinya yaitu dengan sanitasi kebun, dan memusnahkan buah pepaya diserang.Untuk penanganan kimiawi memakai fungisida sistemik.

Virus
Apabila buah diserang virus umumnya ditandai dengan perkembangan tanaman pepaya mengerdil, daun mengeriting, terdapat bercak kuning kebasah-basahan dengan segi daun bergaris-garis tak teratur. Penyakit virus sampai sekarang belum ditemukan penangkalnya. penyakit virus ditularkan dari 1 tanaman ke tanaman lain melewati penulran atau serin disebut vektor. Sebagian hama yang amat punya potensi jadi penular virus salah satunya yaitu thrips, kutu daun, kutu kebul, serta tungau. Manusia bisa juga bertindak sebagai penular virus, baik melewati alat-alat pertanian ataupun tangan terlebih pada waktu pemangkasan. Beberapa usaha penanganan virus diantaranya yaitu dengan membersihkan gulma, mengendalikan hama penular virus, memusnahkan tanaman pepaya yang sudah diserang virus, kebersihan alat serta berikan pemahaman pada tenaga kerja supaya tak asal-asalan waktu melaksanakan penanganan pada tanaman pepaya.

Cara Penanganan Hama dan Penyakit pada Tanaman Pepaya

Laksanakan proses penyemprotan pestisida secara berseling atau penggantian bahan aktif, jangan samapi memakai bahan aktif yang sama secara berturut-turut. Pepaya termasuk tanaman yang tahan pada serangan hama penyakit,  penyemprotan bisa dikerjakan sampai 1 minggu 1 kali atau sesuai keperluan. Dan bisa menghemat pemakaian pestisida.

Panen

Buah pepaya yang sudah siap dipanen ketika tanaman berusia 7 bulan. Buah dipanen yaitu buah 20% matang. untuk melindungi situasi tanaman pepaya supaya terus sehat, Ketika proses pemanenan pakailah pisau atau sejenisnya supaya bekas potongan tak gampang diserang penyakit terutama ketika musim hujan.


* Info selengkapnya mengenai harga Mulsa Plastik silakan klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Mulsa Plastik untuk melindungi tanaman dari serangan hama dan melindungi kelembapan tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp: Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama