Kelebihan Dan Kekurangan Mulsa Plastik

   

Pada tanah darat, untuk mengatasi kesempatan keadaan yang kurang pas, jadi diadakan mulching (pemberian mulsa). Dibagian agronomi mulsa dapat digunakan dari bermacam bahan seperti mulsa putih, mulsa dua warna (hitam perak) ataupun dapat menggunakan Kelebihanbeberapa bahan lain seperti gedebok pisang, sekam, ataupun serbuk gergaji.
Pemberian mulsa mempunyai maksud salah satunya :
1. Lakukan perbaikan kondisi fisik tanah di permukaan
2. Absorbsi air oleh benih juga diperbaiki, karena penguapan di atas permukaan dikurangi
3. Aliran permukaan (run off) dikurangi
4. Kesempatan benih terbenam oleh air juga diperbaiki
5. Suhu tanah lebih serasi
6. Kurangi fluktuasi suhu

          Mulsa hitam perak yaitu mulsa plastic yang memiliki dua permukaan yang berbeda yaitu permukaan hitam dan perak. Ke-2 warna itu memiliki faedah yang berbeda. Permukaan yang berwarna perak dapat bertindak memantulkan sinar ultraviolet matahari yang dapat merubah iklim mikro di sekitaran tanaman. Pemantulan itu bakal menyempurnakan system fotosintesis tanaman sampai pertumbuhannya sempurna sampai dapat tingkatkan hasil panen.

*Baca Juga Keunggulan Mulsa Hitam Perak


Diluar itu, pantulan sinar ultraviolet itu juga efektif untuk mengusir kutu daun. Dengan hal itu mulsa hitam perak dapat menghindar tanaman terserang kutu daun dan penyakit yang ditularkan oleh kutu daun. Sebentar permukaan yang berwarna hitam bertindak untuk menekan perubahan gulma atau rumput-rumputan dan cendawan dalam tanah. Di sampan itu, keuntungan yang lain yakni pemberian mulsa hitam perak ini dapat melindungi kelembaban dan temperature tanah, efisiensi pemupukan, bikin perlindungan tanah dari pemadatan karena curah hujan, kurangi penguapan air tanah, penyerapan pupuk lebih efektif serta kurangi peluang serangan hama dan penyakit.

Walau demikian penggunaan Mulsa dapat merugikan salah satunya karena :

1. Membutuhkan menambahkan biaya untuk beli bahan mulsa (plastik) dan pemasangannya di lapangan
2. Bikin lingkungan yang ideal untuk pergantian mikroorganisme musuh tanaman, misalnya patogen pemicunya damping-off dan busuk akar.
3. Pada musim kemarau, mulsa kering demikian riskan pada bahaya kebakaran.

http//:UVPlastik99.com



                                *Baca Juga Tips Memilih dan Memasang Mulsa Plastik Untuk Tambak

Mulsa, untuk tingkatkan produksi

Mulsa yakni material penutup tanaman, terlebih pada tanaman budidaya, biasanya sering kita jumpai di perkebunan. Bentuk mulsa serupa plastik berwarna hitam atau berwarna silver mengkilap, ada pula maksud atau manfaat mulsa. Manfaat mulsa itu digunakan membuat perlindungan kelembaban tanah, kurangi fluktuasi suhu tanah, menekan perubahan gulma yang dapat mengganggu tanaman budidaya, dan untuk menghindar buah agar tidak selekasnya menyentuh tanah karena bila menyentuh tanah buah akan busuk sampai produksi alami penurunan.


Mulsa dibedakan jadi dua type dilihat memiliki bahan aslinya, yaitu mulsa organik dan anorganik.

1. Mulsa organik
 datang dari sebagian bahan alami yang mudah terurai seperti sebagian sisa tanaman seperti jerami dan alang-alang. Mulsa organik diberikan setelah tanaman/bibit ditanam. Keuntungan mulsa organik yakni dan lebih ekonomis (murah), mudah didapat, dan dapat terurai sampai berikan kandungan bahan organik dalam tanah. Contoh mulsa organik yakni jerami, ataupun cacahan batang dan daun dari tanaman tipe rumput- rumputan yang lain.

*Baca Juga Langkah Budidaya Jagung Manis di Tempat Tropis


2. Mulsa anorganik
 terbuat dari sebagian bahan sintetis yang susah/tak dapat terurai. Contoh mulsa anorganik yakni mulsa plastik, mulsa plastik hitam perak atau karung.

Mulsa plastik
Mulsa anorganik dipasang terlebih dulu tanaman/bibit ditanam, lalu dilubangi sama seperti jarak tanam. Mulsa anorganik ini harga nya relatif mahal, terutama mulsa plastik hitam perak yang banyak digunakan dalam budidaya cabai atau melon. faedah mulsa plastik ini dapat memantulkan sinar matahari automatis untuk singkirkan hama tungau, thrips dan apahid, selain itu mulsa plastik digunakan dengan maksud memberi suhu dan turunkan kelembapan di sekitaran tanaman-ini dapat menghambat munculnya penyakit yang karena oleh bakteri.


Kami Menyediakan plastik mulsa berbagai merk seperti merk KUDA, TEMBAKAU, dan TANIMUR. Jika anda berminat silahkan hubungi kami, info update harga SMS/Call/WA : 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277
Email: limcorporation2009@gmail.com atau info harga lengkap klik disini 

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama