Wajib Tahu Strategi Dalam Budidaya Selada Menggunakan Mulsa Plastik



       Penerapan mulsa plastik di bidang pertanian sudah semakin meluas. Dulu kita tak jarang melihat hanya petani bawang yang mengaplikasikannya, sekarang sudah banyak petani komoditas pertanian lainnya yang turut menggunakan mulsa plastik. Kesadaran petani akan pentingnya konservasi lahan membuat para petani mau menggunakan mulsa plastik. Macam mulsa plastik yang tak jarang di pakai oleh para petani yaitu mulsa plastik Hitam Perak.

       Mulsa plastik Hitam Perak diterapkan karena mampu mempertahankan kelembaban tanah dengan metode menghambat cahaya ultraviolet yang berlebih. Selain itu, mulsa plastik hitam perak juga dipilih karena harganya yang relatif murah. Mulsa plastik juga mudah diperoleh di kios-kios alat pertanian, sehingga para petani tak akan kesulitan dikala akan membeli mulsa plastik hitam perak untuk lahan pertaniannya.

       Salah satu komoditas yang mulai menggunakan mulsa plastik hitam perak yaitu selada. Selada yaitu tipe sayuran yang tak jarang diterapkan sebagai pendamping makanan atau lalapan. Jika dipandang dari segi warnanya, selada dapat dibedakan menjadi dua yaitu selada hijau dan selada merah. Kedua tipe selada ini dapat dibudidayakan di negara kita, meskipun tanaman selada bukan tanaman asli Indonesia. Tapi untuk membudidayakan selada dengan bagus anda memerlukan strategi yang pas dalam penanaman dan perawatan selada.

     Inilah Rahasia Dalam Membudidayakan Tanaman Kopi


       Salah satu strategi dalam budidaya tanaman selada yaitu menggunakan mulsa plastik. Ya mulsa plastik hitam perak dapat anda pakai untuk menutupi tanah disekitar tanaman selada. Mulsa plastik ini berfungsi untuk menjaga kelembaban tanah dan menangkal absorpsi cahaya matahari yang berlebih.

Apa Fungsi Mulsa Plastik Bagi Tanaman Selada? 


       Tanaman selada yaitu tipe sayuran yang tak memerlukan cahaya matahari yang banyak. Jika seandainya tanaman selada terkena cahaya matahari yang terlalu banyak, maka tanaman ini akan mudah layu dan mengalami kematian.

       Oleh karena itu, jika di Indonesia tanaman selada biasanya di budidayakan pada dataran tinggi yang mempunyai suhu rendah dan panas matahari yang tak terlalu terik. Anda tak usah risau, karena sekarang mulsa plastik hitam perak hadir sebagai solusi untuk menghindarkan tanaman selada dari paparan cahaya matahari yang berlebih.

       Tidak cuma itu saja, mulsa plastik juga akan memberikan profit lain bagi Anda. Jika Anda menggunakan mulsa plastik, maka disekitar tanaman selada tak akan ada gulma yang tumbuh. Karena, mulsa plastik akan menekan petumbuhan gulma disekitar tanaman selada Anda. mulsa plastik yang menutupi zona bedengan selada akan menghambat gulma atau rumput supaya tak tumbuh karena dikala permukaan tanah tertutup mulsa plastik, maka gulma tak akan medapatkan cahaya sang surya sehingga gulma susah tumbuh di zona yang tertutup oleh mulsa plastik.

       Situasi ini tentu benar-benar menguntungkan bagi Anda, Anda dapat menghemat pengeluaran karena anda tak pelu membeli herbisida atau menyewa daya kerja untuk membasmi gulma-gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Selain itu, tanaman selada Anda juga akan lebih sehat karena gizi dan unsur hara tanah tak akan direbut oleh gulma. Seandainya Anda memberikan pupuk organik bagi tanaman selada Anda, tak akan ada pupuk yang terbuang sia-sia. Karena penggunaan mulsa plastik akan mempertimbangkan seluruh gizi dan unsur hara cuma dipergunakan oleh tanaman yang tak tertutup mulsa plastik yaitu tanaman selada Anda.

       Mulsa plastik juga akan melindungi bedengan tanah dari pengikisan dan pengikisan akibat hujan lebat. Mulsa plastik membuat tanah lebih kokoh dan tak mudah terkikis jika hujan besar datang. Harga mulsa plastik juga cukup relatif murah, jadi jangan khawatir dengan modal permulaan yang terlalu besar.

       Bagaimana? Berminat untuk menggunakan mulsa plastik pada kebun bawang merah Anda?
Kami, Lim Corporation, jual mulsa plastik untuk berjenis-jenis kebutuhan pertanian dan perikanan (mulsa plastik untuk tambak) yang bermutu dengan harga bersaing.


CV. LIM CORPORATION menyediakan Mulsa Plastik murah berkualitas, untuk info Harga Mulsa Plastik klik DISINI pemesanan hubungi kami di SMS/Call/WA : 

0852 - 3392 - 5564 / 0812 - 3258 - 4950 / 0877 - 0282 - 1277.
 
Info Tentang Pertanian Dan Perkebunan Hanya di www.pertanian99.com

@ULM

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama