Menggali Lebih Jauh Tanaman Hidropnik ???


Apa itu Hidroponik ?

Sebagian dari kita mungkin masih bertanya, apa itu hidroponik. Hidroponik adalah sebuah cara menanam tumbuhan dengan media air, hal ini berbeda dengan konsep pertanian pada umumnya. Pertanian biasanya menggunakan media tanah untuk melakukan kegiatannya. Sehingga, sangat asing bagai mereka yang pernah dengar dengan istilah hidropnik ini.

Menurut wikipedia Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan tanaman hidroponik :

Kelebihan Tanaman Hidroponik


1. Tidak membutuhkan tanak, hal ini tentu saja karena hidroponik tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Hal tersebut juga menyebabkan lingkungan bercocok tanam anda menjadi semakin bersih, karena tidak menyentuh tanah sama sekali.

2. Pertumbuhan tanaman manjadi lebih cepat, hal ini karena nutrisi yang di butuhkan lebih cepat terserap karena berbentuk cair.

3.  Lebih efisien dalam menggunakan air, tentu saja karena anda tidak perlu menyiram tanaman anda seperti anda melakukan bercocok tanam di kebun.

4. Hanya membutuhkan tenaga kerja yang sedikit, dengan menggunakan cara hidroponik anda tidak perlu menggunakan banyak orang untuk mengolah lahan, melakukan penanaman dan memanen.

5. Proses memanen hasil tanaman menjadi lebih mudah


Kekurangan Tanaman Hidroponik    

1. Memerlukan modal yang cukup besar, terlebih bila anda berencana melakukannya di alam skala besar, untuk membeli alat-alat dan bahan yang diperlukan.

2. Peralatan dan perawatannya masih jarang. Sistem hidroponik belum begitu booming di indonesia sehingga alat-alat khusus akan sulit didapatkan secara bebas. Begitu pula dengan peralatan untuk pemeliharaan/perbaikannya.

3. Memerlukan kecermatan lebih, hal ini di sebabkan anda mesti betul-betul mengawasi nutrisi yang di berikan sampai taraf keasaman pH tanaman tersebut.

4. Investasinya lumayan mahal di awal

5. Mmebutuhkan keterampilan tersendiri, hidroponik klop buat anda yang terampil dan mempunyai kreativitas tinggi untuk merancang alat-alat hidroponik anda.

Demikianlah Beberapa kekuranagan dan kelbihan tanaman hidroponik menurut kami, semoga dapat menambah wawasan kita. Nantikan artikel kami selanjutya :D




Penggunaan plastik UV sangat berguna untuk mengontrol temperature didalam greenhouse,sehingga suhu didalam greenhouse akan tetap normal saat siang hari / malam hari.
- Plastik UV Lokal merk Hercules 6% dan 14% dengan Uk. 3 m x 100 m x 200 micron
- Plastik UV Import merk Vatan 14% dengan Uk. 6m x 60m x 200micron dan Uk. 8 m x 45 m x 200 micron
Selain untuk Greenhouse, Plastik UV dapat digunakan untuk Penjemuran bahan-bahan tertentu. Segera Pesan Sekarang!!!
Info harga dan cara pemesanan silahkan Hub. 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 0812.3258.4950 | Phone/fax : 031-8830487.
Info selengkapnya tentang prodak bisa anda lihat di www.agrobis99.com
Untuk chat langsung dengan admin klik http://bit.ly/2BAgCJ3 atau  http://bit.ly2oaVZvq  atau  http://bit.ly/2BD3Fyr
#PlastikUv #Greenhouse #UvMerkHercules #AtapGreenhouse

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama