Ini Dia Trik Penting Budidaya Semangka Agar Hasil Panen Melimpah


Buah ini yaitu salah satu jenis tanaman yang bisa tumbuh di area dataran rendah. Buah ini yaitu salah satu jenis buah dengan ukuran besar serta kadar air yang cukup lumayan tinggi. Oleh karena itu, buah ini sangatlah menyegarkan. Tak mengherankan juga apabila buah ini sering muncul ketika bulan Ramadhan tiba yang sering dijadikan buah takjil pada saat berbuka. Anda juga bisa mempunyai kebun sendiri, tetapi dalam Cara menanam semangka Anda harus memperhatikan beberapa hal. Dengan begitu, kebun semangka yang Anda punyai bisa tumbuh dengan baik dan buah yang dihasilkan juga tak hanya baik, tetapi kualitasnya tinggi juga.

Untuk menanam semangka memang tak bisa sembarangan, diperlukan hal-hal khusus supaya perkebunan semangka bisa menjadi sukses. Sama seperti buah lainnya semangka juga tak bisa tumbuh sembarangan yang hanya menanam biji saja tanpa tahu bibit yang baik untuk semangka.

1. Lahan Kebun


Tahap pemilihan lahan kebun yang sesuai dan tepat bisa menjadi cara menanam semangka yang sangat memengaruhi pertumbuhannya. Hal utama yang harus diperhatikan yaitu ketinggian lahan yang akan dipakai. Untuk buah semangka ketinggian lahan yang baik dan sesuai supaya semangka tumbuh subur yaitu lahan yang berada di ketinggian 0-1000mdpl. Selain itu Anda harus memperhatikan unsur yang ada pada tanah supaya pohon buah semangka bisa memperoleh nutrisi yang cukup. Dan terakhir jangan lupa untuk memperhatikan keasaman tanah. Pilih tanah dengan kadar asam sekitar 4-7 saja supaya tanaman semangka anda tak gampang layu dan mati.

Baca Juga :

2. Memilih Bibit

Dalam mengerjakan pembibitan buah semangka juga tak bisa dikerjakan dengan sembarangan. Teknik menanam semangka yang baik yaitu dengan memilih biji berkualitas baik dan unggul terlebih dulu. Untuk memperoleh bibit yang unggul Anda bisa memperolehnya dari para petani semangka lainnya atau apabila Anda tak ingin ribet bisa membeli di toko Pertanian. Selanjutnya biji ditanam di polybag terlebih dulu. Anda juga harus mengerjakan proses penyiangan tanaman setiap hari pada pagi hari dan sore hari. Ketika sudah muncul tunas pohon semangka, jangan memindahkannya terlebih dulu pada media tanam besar. Biarkan bibit tumbuh selama 4 minggu kemudian Anda bisa memindah penanamannya pada tempat yang lebih besar.

3. Penanaman dan Pemeliharaan

Cara menanam semangka yaitu dengan membuat lubang terlebih dulu pada bedengan. Ketika lubang sudah dibuatkan, Anda harus memberikan air pada lubang tersebut supaya tanah menjadi lebih lembab. Barulah sesudah itu Anda bisa memindahkan bibit pada lubang penanaman. Tutupilah kembali lubang taman sampai setinggi pangkal dari bibit semangka. Untuk merawat tanaman semangka sendiri cukup dengan rutin menyiram tanaman setiap hari pada pagi hari dan sore hari. Tanaman semangka merupakan tanaman yang akan tumbuh semakin baik pada tanah yang lembab, oleh karena itu Anda perlu menyiramnya. Dan jangan lupa untuk selalu memberi pupuk dan membuang berbagai hama yang bisa mengganggu tumbuh buah semangka Anda.

Buah semangka merupakan salah satu buah dengan permintaan pasar yang cukup besar. Salah satu keuntungan lain dari menanam buah ini yaitu bisa tumbuh kapan saja seperti menanam padi. Dengan begitu, Anda bisa memanen buah ini tak hanya 1 atau 2 kali dalam 1 tahun. Dengan Cara Menanam Semangka Yang Benar dan juga baik juga akan membuat panen yang akan diperoleh nantinya akan lebih melimpah dan juga lebih baik. Dan jika itu terjadi pastinya keuntungan yang nantinya akan diperoleh juga akan semakin besar sampai akhirnya Anda bisa menjadi seorang petani semangka yang sangat sukses.


Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Mulsa Plastik untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak mengenai tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama