Cara Budidaya Timun Dengan Mulsa Plastik, Agar Hasil Melimpah Ruah

Distributor Plastik Mulsa - Lim Corporation

Mentimun Cucumis sativus L merupakan komoditas sayuran yang banyak diusahakan didataran rendah sampai medium. Mentimun termasuk kedalam keluarga Cucurbitae yang disebut pula timun (Jawa), bonteng (Sunda), dan cucumber (Inggris).

Kegunaan mentimun antara lain untuk dikonsumsi segar sebagai lalapan dan untuk acar. Untuk konsumsi segar biasanya konsumen memilih mentimun yang berwarna hijau dengan panjang buah sekitar 15,5cm–19,5cm, sedangkan untuk acar yang berwarna hijau terang dengan panjang buah 15cm–18cm.

Persyaratan Tumbuh 
- Tanaman mentimun dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 mdpl.
- Lama pencahayaan yang harus diterima oleh tanaman timun supaya bisa menyerap unsur hara dengan optimal berlangsung sekitar 8-12 jam per hari.
- Tanaman timun memerlukan kondisi tanah yang mempunyai banyak humus, bahan organik, subur, gembur dan cukup air.
- Bila pH tanah pada tanaman timun kurang dari 5,5 akan menggangu pertumbuhan timun, dikarenakan penyerapan unsur hara oleh akar terhambat dan bila tanah terlalu asam akan mengakibatkan penyakit klorisis.

Baca Juga : 
Budidaya Mentimun 
- Kebutuhan benih mentimun per hektar ialah sebanyak 1kg-2 kg.
- Varietas mentimun yang dianjurkan untuk dibudidayakan antara lain ialah saturnus, pluto, mars dan litsa hijau.
- Sebelum ditanam, benih mentimun harus disemai terlebih dahulu.

Tahapan pelaksanaan penyemaian benih adalah sebagai berikut :
- Untuk mencegah penyakit tular benih, benih mentimun sebelum disemai harus direndam terlebih dahulu dalam air hangat (50°C) atau dalam larutan fungisida strong Propamokarb Hidroklorida (0,5 ml/l) selama 1/2 jam.
- Benih disemai didalam baki persemaian yang berisi media tanam, yaitu campuran tanah dengan pupuk kandang (1:1) yang telah disterilkan dengan cara dikukus selama 4 jam.
- Benih yang telah tumbuh dan memiliki dua helai daun dipindahkan kedalam bumbungan daun pisang atau kantung plastik yang berisi media tanam (campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1).
- Untuk mencegah serangan penyakit rebah kecambah, semaian mentimun disemprot dengan fungisida Propamokarb Hidroklorida (0,5 ml/l) dengan interval 1 minggu.

Pengolahan Lahan
- Tanah dicangkul dengan kedalaman kurang lebih 28cm-30cm.
- Buatlah bedengan pertanaman dengan ukuran 1m, tinggi bedengan 20cm-30cm, dan jarak antar bedengan 30cm-50cm.
- Jika pH tanah <5,5 satu bulan sebelum tanaman dilakukan pengapuran dengan megunakan dolomit sebanyak 1- 1,5 ton/ha.
- Diatas bedengan pertanaman dibuat lubang tanam dengan jarak antar barisan 70cm dan jarak dalam barisan 30cm-40cm.Pemupukan Pupuk kandang ayam 10 ton/ha atau 20-30 ton/ha pupuk kandang kambing atau sapi + 600 kg NPK (16:16:16)/ha atau kompos 2,5 ton/ha + 150 kg NPK (16:16:16)/ha diaplikasikan sekaligus seminggu sebelum tanaman didalam alur tanaman.

Pemulsahan dan Penanaman
Untuk menekan pertumbuhan gulma pada budidaya mentimun dapat digunakan mulsa plastik atau mulsa jerami. Jika menggunakan mulsa plastik, mulsa dipasang sebelum tanam. Sedangkan mulsa jerami dipasang setelah tanaman mentimun berumur 2 minggu.Bibit mentimun yang telah memiliki 2–3 helai daun sejati atau telah berumur 20–23 hari setelah semai dapat ditanam dilahan. Lubang tanam dibuat menggunakan tugal. Satu lubang tanam ditanami 1 buah bibit. Untuk menghindari kematian bibit, penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari.

* Ingin Dapat Info Pertanian & Perkebunan Terkini? Kunjungi DISINI 

Pemeliharaan Tanaman
- Penyiraman dilakukan sesuai dengan kebutuhan tanaman.
- Pemasangan turus bambu mulai dilakukan 4–5 hari setelah bibit ditanam dengan cara mengikat setiap dua buah turus.
- Pembuangan tunas air dan bunga yang tumbuh pada ruas ke-1 sampai ruas ke-3 dilakukan sampai umur 1,5–2 bulan.
- Bunga pada ruas ke-4 dan selanjutnya dipelihara sebanyak 1 buah per ruas.
- Penyiangan gulma dilakukan setiap 2–3 minggu.
- Tanaman yang terserang virus mosaik mentimun atau yang layu dicabut lalu dibakar.
- Untuk mengendalikan penyakit embun tepung atau penyakit karat tanaman disemprot dengan fungisida Propineb (2 g/l), Mankozeb (2 g/l), atau Klorotalonil (2 g/l) dengan interval 1 minggu.
- Untuk mengendalikan hama ulat grayak, oteng-oteng atau kumbang totol hitam pertanaman disemprot dengan insektisida Spinosad (0,5ml/l),Deltametrin (1 ml/l), atau Spinoteram (0,5 ml/l) dengan interval 1 minggu.
- Penyemprotan insektisida dan fungisida dilakukan pada sore hari dan tidak boleh dicampur dengan pupuk daun. Pasc adan PanenPanen Mentimun mulai dapat dipanen pada umur 75–85 hari setelah tanam. Ciri-ciri buah mentimun yang siap dipanen adalah masak penuh dengan warna seragam dari pangkal sampai ujung buah. Buah mentimun mudah kehilangan air, sehingga mudah keriput. Oleh karena itu, setelah dipanen buah mentimun harus diletakkan ditempat yang teduh agar terhindar dari sinar matahari langsung.

jual mulsa
Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Mulsa Plastik  untuk melindungi tanaman dari serangan hama dan melindungi kelembapan tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang terjangkau dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja. (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup).

Customer Service 
Telp          : 031 - 8830487
Mobile     : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email       : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 | Admin 2 | Admin 3

Catatan :
- Minmal order 10 roll
- Harga netto ( tidak termasuk PPN )
- Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota tujuan
- Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama