Cara Budidaya Labu Madu (Butternut) Serta Poin Penting Dalam Budidayanya Butternut

Distributor Mulsa Plastik Untuk Pertanian - Lim Corporation

Labu madu atau Butternut nama populer di indonesia. Buah ini juga terkenal di luar negeri dengan nama pumpkin, butternut ini sedang naik daun di negara kita dan di seluruh dunia. Selain memiliki bentuk unik menyerupai kacang tanah, daging buah mempunyai warna seperti mentega serta rasa yang manis dengan tekstur lembut. Tingkat kemanisan dari butternut pasti akan semakin bertambah bila buah disimpan minimal 4 minggu. Daya tahan butternut cukup lama yakni kurang lebih sekitar 6 bulan lamanya.

Labu madu (Butternut) belum banyak dijumpai di pasar-pasar buah serta di lahan-lahan petani, tidak hanya masyarakat para petani pun juga masih belum mengetahui tentang jenis labu ini. Hanya disebagian daerah saja di Pulau Jawa dan Sumatra yang telah mulai membudidayakan labu ini secara aktif. Daerah itu antara lain adalah Cianjur (Jawa Barat), Pekanbaru (Riau), dan Bojonegoro (Jawa Timur). Makin lama daerah - daerah yang membudidayakan labu madu (Butternut) semakin bertambah, seperti Riau, Palembang (Sumatra Selatan), dan Pidie (Nanggroe Aceh Darrusalam).

BACA JUGA:

Sedangkan nutrisi yang terkandung dalam butternut adalah, kandungan nutrisi  serat yang tinggi, beta karoten, anti oksidan, vitamin A dan B kompleks, dan kandungan nutrisi ini sangat baik bagi kesehatan seluruh tubuh anda. Serta bagi anda yang memilki balita, buah ini juga baik jika anda gunakan sebagai MPASI (Makanan Pendamping ASI) untuk bayi anda yang masih dalam masa pertumbuhan.

Nah, setelah mengulik terkait butternut, selanjutnya langsung saja yuk kita simak apa sih poin penting dari budidaya butternut squash serta cara budidanya:

Pada prinsip cara bercocok tanam labu butternut mempunyai kesamaan dengan jenis labu biasanya. Labu madu (Butternut) dapat dipanen pada saat mamasuki usia tanam sekitar 85-90 hari, buah tersebut adalah jenis tanaman merambat atau bisa juga disebut dengan tanaman menjalar (Cucurbitaceae) dari jenis tanaman semusim. Sehingga untuk dapat memaksimalkan kualitas buah tanaman ini membutukan para-para (tempat rambat). Dan berikut adalah cara membudidayakanya:

Jual Mulsa Plastik
Pengolahan Lahan
Bisa diawali dengan cara pembersihan lahan, meratakan lahan dan  mengemburkan lahan dari semak belukar serta gulma dengan memakai mesin bajak (traktor) atau juga bisa dengan cara manual yitu cangkul. Berikutnya membuat bedengan dengan ukuran lebar 1 m dengan tinggi 15-20 cm dengan jarak antar bedengan kurang lebih 4 m. Berikan beberapa unsur hara pendukung semisal pupuk kandang sekitar 10-15 ton/ha dan Pupuk NPK phonska kurang lebih 8-10 karung.

Tahapan berikutnya dengan cara menyemprotkan sejumlah agen-agen hayati dengan takaran dosis 4-5 liter/hektar yang dapat anda kerjarkan 1 minggu sebelum kegiatan penutupan dengan mulsa plastik hitam perak. Berikutnya ialah dengan membuat para-para (tempat merambat),  hal ini memerlukan kayu penyangga yang kuat.

Penanaman
Untuk menanam labu madu (butternut) sama saja dengan menanam tanaman menjalar lainya. Kondisi penanaman yang sangat sesuai merupakan pada waktu awal musim hujan, dengan diberi jarak tanam (Double row) 1 x 4 m, dengan jarak antar bedengan 4 m dan jarak antar tanaman satu dengan lainya ialah 1 meter disebalah kanan dan berselanya lagi 1 meter di kiri (double row) jarak antara baris sekitar 50 cm.

Jumlah akan kebutuhan bibit yang ditanam 5000 bibit/ha. Teknik menanamnya adalah dengan cara memasukan bibit butternut yang telah berusia 4-5 hari dari persemaian. Seusai ditanam, kita hanya tinggal melanjutkan dengan melakukan perawatan seperti menyiram, memupuk, atau mengendalikan hama dan melakukan pemanenan.

Pemupukan Butternut
Proses pemupukan berguna supaya menambah atau memberikan sejumlah unsur hara tambahan kedalam tanah yang akan dipakai untuk tanaman. Pemupukan dapat dikerjakan dengan dua 2 cara yaitu dengan cara di kocor atau disemprot.

Sebelum dilakukanya kegiatan pemupukan dengan cara kocor lebih baiknya bulatlah larutan dengan komposisi pupuk kandang 20-30 kg, pupuk NPK 1 kg, Agen hayati sebanyak 1 kg yang masing-masing bahan dilarutkan kedalam 200 liter air, kerjakan pengadukan setiap hari sampai 1 minggu.

Sebelum hasil larutan ini diaplikasikan ke pada tanaman, sebelumnya harus dikerjakan pengenceran terlebih dahulu dengan tambahan air menjadi 400 liter dan berikan kesetiap tanaman dengan takaran 200-250 ml. Memupuk kocor dan daun dilakukan 1 minggu sekali, dengan jeda (jarak waktu pemberian) dari 3-5 hari kocor dan semprot dengan komposisi larutan pupuk daun antara lain, kalsium 500 ml, 500 gram gandasil D,500 ml hormone pertumbuhan dilarutkan dalam 200 liter air sebelum dilakukanya hal berikut.

Penyulaman
Penyulaman adalah pemilihan bibit labu madu (butternut) yang telah mati ditempatnya kemudian dibuang untuk membentuk kesaragaman nantinya saat waktu musim panen, penyulaman dikerjakan 1 minggu seusai bibit labu ditanam dilapangan.

Pengendalian Hama Dan Penyakit
Pada saat kegiatan budidaya tidak pernah terlepas dari serangan hama dan penyakit, oleh karena itu sebagai pembudidaya harus peka serta sensitif apabila terjadi serangan terhadap tanaman yang tengah kita budidayakan.

Salah satu masalah pada saat budidaya labu madu (butternut) yaitu penyakit layu bakteri atau fusarium (daun puret). Untuk pencegahan jenis penyakit tersebut dengan cara terus menjaga sanitasi kebun atau kebersihan kebun serta jika diperlukan dengan menyemprotkan jenis fungisida berbahan aktif mankozeb dan Serangan lalat buah dengan membuat perangkap petrogenol.

Panen Labu Butternut
Panen dilakukan saat tanaman telah memasukan umur 85-90 hari dengan mempunyai ciri-ciri buah yang telah siap panen dengan tangkai buah pada tangkal sudah berubah warna dari hijau menjadi ke coklatan bahkan coklat yang tertandai warna buah butternut telah coklat mengkilap itu bertanda buah telah siap untuk dipanen.

Jual Mulsa Plastik Hitam Perak
* Info selengkapnya mengenai harga Mulsa Plastik klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Mulsa Plastik untuk melindungi tanaman dari serangan hama serta menjaga kelembapan tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup)

Customer Service: 
Telp: 031 - 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00)
Mobile: 0852 3392 5564 / 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan Admin klik salah satu tuntan berikut:

CATATAN:
- Minmal order 10 roll
- Harga netto (tidak termasuk PPN)
- Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu
- Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota tujuan

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama