6 Tanaman Musim Panas yang Tahan Terhadap Panas dan Kekeringan

Akhir-akhir ini indonesia mengalami cuaca panas yang ekstrem. Cuaca panas sering kali membawa suhu tinggi dan cuaca kering yang dapat menjadi tantangan bagi pertanian dan kebun kalian. Tetapi, dengan memilih tanaman yang tahan terhadap panas dan kekeringan, kalian bisa tetap mempunyai kebun yang indah dan subur. Kalian dapat mencoba mencari jenis tanaman hias yang bisa bertahan hidup di tempat dan iklim panas. Ada beberapa jenis tanaman hias yang cocok hidup di cuaca panas dan dapat memberikan kesegaran tersendiri di halaman rumah. Berikut adalah jenis-jenis tanaman yang cocok ditanam saat musim panas!

Baca Juga:

1. Lavender (Lavandula angustifolia)

Lavender merupakan tanaman yang terkenal akan aroma harumnya yang khas. Tanaman ini tahan terhadap panas dan kering, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk musim panas. Lavender juga dapat memikat serangga penyerbuk seperti lebah dan kupu-kupu.

2. Cacti dan Sukulen

Cacti dan sukulen ialah tanaman gurun yang sangat tahan terhadap kekeringan. Mereka akan  datang dengan bermacam bentuk dan ukuran yang unik. Tanaman ini memerlukan sedikit air dan cocok untuk taman xeriscape.

3. Agave

Agave adalah tanaman gurun lainnya yang tahan terhadap panas dan kekeringan. Mereka memiliki daun tebal dan tajam yang membantu mereka menyimpan air. Agave juga menambah elemen arsitektural ke taman kalian.

4. Portulaca (Portulaca grandiflora)

Portulaca, juga dikenal sebagai moss rose merupakan tanaman penutup tanah yang tahan terhadap panas dan kekeringan. Bunga-bunga cerahnya mekar sepanjang musim panas, dan daunnya yang gemuk membantu mempertahankan kelembaban tanah.

5. Yucca (Yucca filamentosa)

Yucca salah satu tanaman tahan panas dan kekeringan yang memiliki penampilan yang unik. Daunnya panjang dan berbentuk pedang dengan bunga putih yang tinggi. Yucca tumbuh baik di tanah yang berpasir dan merupakan pilihan populer untuk taman beriklim panas.

6. Red Hot Poker (Kniphofia uvaria)

Red hot poker, atau poker merah panas yaitu tanaman berbunga dengan bunga yang panjang dan merah menyala yang menyerupai poker. Tanaman ini tahan terhadap panas dan kekeringan dan sering digunakan dalam taman berbatu.

Cara Merawat Tanaman Musim Panas yang Tahan Terhadap Panas dan Kekeringan

Selain memilih tanaman yang tahan terhadap panas dan kekeringan, penting untuk memberikan perawatan yang tepat agar tanaman tetap sehat. Berikut adalah beberapa tips umum:

Tanah yang Baik: Pastikan tanah memiliki drainase yang baik untuk menghindari genangan air. Gunakan kompos atau bahan organik untuk memperbaiki struktur tanah.

Penyiraman Bijaksana: Saat kalian menyiram tanaman, lakukan penyiraman yang dalam, tetapi jarang. Ini membantu mendorong akar untuk mencari air lebih dalam.

Penyiraman Pagi: Lebih baik menyiram tanaman di pagi hari daripada di tengah hari saat suhu paling tinggi. Ini membantu menghindari penguapan yang berlebihan.

Pemupukan yang Tepat: Pemupukan yang tepat memberikan tanaman nutrisi yang diperlukan. Gunakan pupuk yang sesuai dengan kebutuhan tanaman kalian.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama