Fakta Unik Daun Bawang, Lebih dari Sekedar Pelengkap Makanan

Daun bawang

Daun bawang, seringkali dianggap sebagai pemanis atau hiasan akhir masakan, ternyata menyimpan fakta unik dan manfaat luar biasa.  Mari kita kupas fakta menarik dari daun bawang yang mungkin belum Anda ketahui:

Baca Juga:

1. Nama Beragam

Meskipun kita familiar dengan sebutan daun bawang, ternyata tanaman ini memiliki banyak nama lain. Di Indonesia sendiri, Anda mungkin mengenal daun bawang sebagai bawang prei, kucai, atau bawang daun.  Bahkan, julukan "bawang hijau" juga tak jarang digunakan.

2. Bukan Sekedar Hiasan

Seringkali daun bawang hanya ditaburkan di akhir masakan sebagai pem garnish. Padahal, daun bawang memiliki kandungan nutrisi dan rasa yang kuat. Daun bawang bisa digunakan sebagai bahan utama masakan atau dicampurkan saat proses memasak untuk menambah cita rasa.

3. Kaya Nutrisi

Jangan remehkan daun bawang. Meski ukurannya ramping, daun bawang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sebut saja vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh, dan serat untuk melancarkan pencernaan.

4. Antioksidan Alami

Daun bawang mengandung antioksidan seperti flavonoid dan sulforaphane. Senyawa ini berperan penting dalam melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dikaitkan dengan berbagai penyakit kronis.

5. Penyehat Jantung

Daun bawang mengandung senyawa sulfur yang dapat membantu melancarkan peredaran darah dan mencegah pembekuan darah berlebihan. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

6. Rendah Kalori

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, daun bawang bisa menjadi teman baik.  Dalam 100 gram daun bawang, hanya terdapat sekitar 31 kalori.  Selain itu, kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

7. Bisa Ditanam Sendiri

Menariknya, daun bawang termasuk tanaman yang mudah ditanam.  Anda bisa menanam daun bawang sendiri di pot atau pekarangan rumah.  Dengan begitu, Anda bisa menikmati kesegaran daun bawang kapan saja.

8. Lebih dari Sekedar Makanan

Daun bawang tak hanya bermanfaat di dapur.  Konon, tanaman ini juga dapat digunakan sebagai penyubur tanah secara alami.

Mulsa Plastik By. Lim Corporation

Jika Anda Ingin Menggunakan Mulsa Plastik Dari Kami, Cek Harga Terbarunya Klik Disini

Kesimpulan

Daun bawang, yang selama ini mungkin dianggap sebagai pelengkap makanan, ternyata memiliki segudang fakta unik dan manfaat kesehatan.  Selain menambah cita rasa masakan, daun bawang kaya nutrisi, mengandung antioksidan, dan baik untuk kesehatan jantung.  Jadi, jangan lewatkan untuk memasukkan daun bawang ke dalam menu Anda!

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama