Cara Tepat Budidaya Bawang Bombay


Syarat Tumbuh

♦ Bawang bombay dapat tumbuh optimal di daerah pegunungan dengan suhu sekitar 18°C hingga 20°Celcius dengan penyinaran sinar matahari sepanjang hari.

♦ Ketinggian yang ideal untuk menanam bawang bombai yaitu sekitar 800-2000 meter dpl.

♦ Tanah yang dipakai untuk budidaya bawang bombay harus merupakan tanah yang gembur serta subur dengan derajat keasaman tanah atau pH tanah sekitar 5,5-6,5 serta juga memiliki drainase yang baik.

Persiapan Bibit
Bibit yang baik ialah bibit yang berasal dari umbi tanaman bawang bombay unggulan serta varietes yang berkualitas, bebas dari hama serta penyakit, tidak memiliki cacat fisik serta pertumbuhannya relatif cepat. Umbi yang diperlukan untuk 1 hektar lahan yaitu berkisar 90.000 umbi. Umbi yang sudah disiapkan selanjutnya di semai.

*Baca Juga : Cara Tepat Budidaya Bawang Daun

Persiapan Lahan Tanam
Lahan yang akan digunakan untuk menanam atau budidaya bawang bombai dibersihkan terlebih dahulu dari gulma selanjutnya lakukan penggemburan tanah pada lahan tanam dengan cara dibajak dengan traktor atau di cangkul kemudian di ratakan kembali. Selanjutnya buat bedengan dengan panjang serta lebar disesuaikan luas lahan tanam dengan tinggi bedengan sekitar 30-40 cm dengan jumlah bedengan disesuaikan dengan jumlah bibit yang akan ditanam.

Kemudian lakukan pemupukan dasar dengan menggunakan NPK dengan perbandingan sekitar 15 : 15 : 15 dengan dosis sekitar 150 kg per hektar lahan. Selain dengan pupuk NPK bisa juga gunakan pupuk KCl dengan dosis sekitar 325 kg per hektar lahan.

Penanaman Bawang Bombay
Penanaman bawang bombay baik dilakukan pada awal musim kemarau. Bibit yang berada pada lahan semai selanjutnya di pindah tanamkan pada bedengan tanam yang telah disiapkan. Bibit di tanam pada kedalaman sekitar 2 hingga 3 cm lalu timbun kembali dengan media tanam yang ada disekitar bedengan. Jarak tanam yang digunakan bisa 20 × 30 cm atau 40 × 30 cm. Setelah penanaman lakukan penyiranam agar kelembaban media tanam tetap terjaga.

Perawatan Tanaman
Perawatan tanaman bawang bombay meliputi:

♦ Penyulaman
Penyulaman dilakukan pada bibit bawang bombai yang tidak tumbuh dengan baik atau mati. Ganti bibit yang mati/tidak tumbuk sempurna dengan bibit yang baru. Penyulaman ini biasanya dilakukan setelah satu minggu setelah tanam.

♦ Penyiangan
Penyiangan dilakukan terhadap gulma/tanaman liar yang tumbuh disekitar tanaman bawang bombay. Penyiangan dilakukan supaya pertumbuhan bawang bombay tidak terganggu oleh gulma.



♦ Penyiraman
Penyiraman dilakukan secara teratur yaitu 2 kali sehari pada pagi serta sore hari. Saat melakukan penyiraman, usahakan jangan sampai airnya menggenang agar umbi tidak membusuk.

♦ Pemupukan
Pemupukan dilakukan beberapa minggu setelah tanam dengan menggunakan pupuk organik serta juga pupuk non-organik dengan dosis yang sesuai.

*Baca Juga : Cara Mudah Menanam Bawang Putih Di Polybag

♦ Pengendalian Hama serta Penyakit
Hama yang biasanya menyerang tanaman bawang bombay ialah ulat, tungau serta lalat pengerek, sedangkan penyakit bawang bombay disebabkan oleh cendawan yang muncul di musim hujan. Hama serta penyakit pasti akan menyerang tanaman bawang bombai, maka dari itu untuk pengendaliannya bisa memakai fungisida atau insektisida dengan dosis yang sudah ditetapkan.

Panen Bawang Bombai
Bawang bombay bisa dipanen setelah tanaman berumur kurang lebih 4 bulan hingga 5 bulan setelah tanam atau tergantung dengan varietas jenis serta juga pemeliharaan. Pemanenan dilakukan dengan mencabut batang dengan hati-hati lalu bersihkan dari kotoran yang menempel pada umbi. Pemanenan sebaiknya dilakukan pada pagi serta sore hari agar kualitas bawang tetap terjaga.

Kami CV Lim Corporation menyediakan plastik mulsa berkualitas. Untuk info harga plastik mulsa ter update kami, silahkan klik DISINI. Info selengkapnya hubungi : 085233925564 – 081232584950 – 087702821277 (SMS/CALL/WA).

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama