Budidaya Manggis, Ini Dia Trik Yang Baru Untuk Menanamnya


Tanaman manggis merupakan tanaman yang memerlukan iklim yang lembab hingga basah dengan curah hujan yang merata sepanjang tahun ataupun minimal 5 bulan, Kondisi iklim ini dipunyai oleh berapa wilayah dipulau Lombok sebagai pusat penanaman buah manggis. Tetapi sayangnya kondisi jenis komoditas hortikultura yang 1 ini belum dapat bersaing di pasar global karena kualitas buahnya yang masih di bawah standar persyaratan SPS WTO, disebabkan tanaman manggis yang ada saat ini merupakan tanaman yang hidup di perkebunan serta halaman masyarakat yang tanamannya merupakan tanaman warisan serta kurang terpelihara dan juga terawat. Melihat kondisi tersebut perlu diadakan peremajaan tanaman dengan bibit unggul dan perawatan yang prima supaya bisa menghasilkan produksi buah dengan kualitas yang prima. Berikut ada beberapa teknik budidaya tanaman manggis supaya mampu menghasilkan buah yang prima dan berkualitas bagus.

Persiapan Lahan dan Penanaman

Buatlah lubang tanam dengan ukuran 50cm X 50cm dengan kedalaman 25cm & tempatkan tanah pada galian tanah di 1 sisi. Perdalam lubang tanam sampai sekitar 50cm & tempatkan tanah galian pada sisi yang lain. Angin-anginkan lubang tanam sekitar 15-30 hari. Kemudian masukkanlah tanah bagian dalam galian ke 2 & masukkanlah lagi lapisan tanah atas yg sudah dicampur dengan 20kg-30kg pupuk kandang. Jarak antar lubang sekitar 8m x 10m atau 10m x 10m dihitung dari titik tengah lubang. untuk lahan berlereng perlu dibuatkan teras, tanggul & saluran drainase utk mencegah terjadinya erosi.
Dengan jarak tanam 10m x 10m atau 8m x 10m diperlukan sekitar 100-125 bibit setiap hektar.

Terdapat beberapa cara menanam bibit dengan benar yaitu, sebagai berikut :


• Siramlah bibit di dalam polybag dengan air sampai polibag dapat terlepas
• Buanglah beberapa akar yg terlalu panjang dengan pisau atau dengan memekai gunting tajam.
• Masukkanlah bibit ke bagian tengah lubang tanam, timbun dengan tanah hingga batas akar & padatkan tanah perlahan.
• Siramlah hingga tanah lumayan lembab.
• Beri naungan yang terbuat dari tiang bambu dengan beratap jerami. atau pohon yang berguna sebagai pelindung alami. misalnya tanaman Albisia atau Lamtoro.

Baca Juga :

Pemeliharaan Tanaman Manggis


1. Penyiangan dan Pemangkasan

Penyiangan dikerjakan dengan cara kontinyu & sebaiknya dikerjakan bersama dengan tahap pemupukan & penggemburan yaitu 2 kali dalam 1 tahun. sedangkan pemangkasan yaitu pemangkasan ranting-ranting manggis yang tumbuh kembar & sudah tak berbuah untuk mencegah serangan hama dan juga penyakit.

2. Pemupukan

• Pohon Manggis berumur 6 bulan dipupuk dengan campuran urea, SP-36 dan juga KCl dengan banyak sekitar 200-250gr/pohon.
• Pohon berumur 1-3 tahun dipupuk dengan campuran 400-500gr Urea, 650-700gr SP-36 dan 900-1000gr KCl yangg diberikan dalam 2 sampai 3 kali.
• Pohon berumur 4 tahun & seterusnya dipupuk dengan campuran urea, SP-36 dan juga KCl sebanyak 3-6kg/pohon ditambah 40kg/pohon pupuk kandang. Pupuk ditebarkan pada larikan atau pada lubang di seputar batang pohon manggis dengan diameter sejauh ukuran tajuk pada pohon. Dalam larikan dan juga lubang yaitu sekitar 10cm-20cm sedangkan jarak antar lubang yaitu sekitar 100cm-150cm.

3. Penyiraman dan Pemberian Mulsa

Untuk tanaman manggis yang umurnya masih di bawah 5 tahun membutuhkan air yang cukup serta terus menerus sehingga harus disirami 1 sampai 2 kali 1 hari. Sedangkan untuk tanaman manggis yang umurnya lebih dari 5 tahun frekuensi penyiramannya perlahan dapat dikurangi. Penyiraman dikerjakan pagi hari dengan cara menggenangi saluran irigasi ataupun dengan cara disiram. Sedangkan pemberian mulsa plastik, jerami dihamparkan dengan tebal sekitar 3cm-5cm untuk menutupi tanah di seputar batang yg masih kecil untuk menekan adanya gulma, menjaga kelembaban dan aerasi serta mengurangi penguapan air.

Manggis merupakan buah dengan kelezatan serta cita rasa, serta penampilan yang sangat khas, bahkan di luar negeri buah ini di kenal dengan julukan Queen of fruit. Tak terlalu berlebihan kiranya manggis di juluki sebagai the queen of fruit untuk mendampingi the king of fruit yaitu durian, karena Hampir keseluruhan bagian yang ada dalam buah Manggis, berawal dari buahnya yang sangat segar, kulit buahnya yang berkhasiat untuk produk kecantikan, daun bahkan kulit kayunya mempunyai aneka khasiat untuk kesehatan manusia. Kandungan yang ada di dalam kulit buah manggis yaitu xamthon, Vitamin C, Vitamin B komplek serta rendah kalori.

Jika Anda membutuhkan atau ingin menggunakan Mulsa Plastik untuk budidaya dan melindungi agar kelembapan tanah terjaga atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama