Apa Manfaat dan Keuntungan dari Penggunaan Mulsa Plastik?

Mulsa Plastik Murah di Sidoarjo - Lim Corporation

Plastik mulsa sering disebut dengan plastik mulsa hitam perak ialah sembaran plastik khusus dengan kedua sisi yang berbeda warna, yaitu hitam dan perak. Pelastik mulsa dipakai untuk menutupi tanaman budidaya untuk mengantisipasi pertumbuhan gulma, menjaga kelembaban tanah, menjaga suhu tanah, mencegah erosi dataran tanah serta mencegah hama dan penyakit tanaman. Pelastik mulsa banyak dipaki pada budidaya tanaman seperti cabai, tomat, terong, seledri, kubis, sawi, paprika dll.

Namun kita seorang petani juga menggunakan plastik mulsa pada budidaya pepaya. Plastik mulsa memiliki warna yang berbeda yaitu hitam dan perak, warna hitam dipakai dengan posisi dibawah dan warna perak dipakai dengan posisi diatas. Warna perak pada plastik mulsa bermanfat sebagai penyinar sinar matahari ke arah tanaman dengan tujuan untuk mencegah atau mengurangi hama tanaman. Plastik mulsa berfungsi untuk menghindari dan meminimalisir hama tanaman dan penyakit tanaman apa lagi jika budidaya dimusim penghujan.

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Mulsa Plastik

Penggunaan plastik mulsa pada budidaya tanaman hortikultura telah banyak dilakukan oleh seorang petani diseluruh nusantara. Semua orang mengetahui bahwa penggunaan plastik mulsa telah memberikan keuntungan dan manfaat bagi petani  maupun bagi tanaman. Berikut  beberapa adalah manfaat dan keuntungan menggunakan mulsa plastik hitam perak pada budidaya tanaman :

* Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

1. Mengurangi tenaga penyiangan yang berlebihan, plastik mulsa berguna menghambat pertumbuhan gulma yang tumbuh disekitar tanaman sehingga tenaga dan biaya penyiangan jauh lebih hemat.
2. Mengamankan kelembaban tanah, plastik mulsa berguna untuk menjaga kelembaban tanah agar terus stabil. Dimusim kemarau tanah tak mudah kering, sedangkan dimusim hujan tanah tak terlalu basah dan lembab.
3. Meningkatkan produksi tanaman, Hasil dari penggunaan mulsa plastik pada lahan budidaya ialah meningkatnya suhu tanah. Meningkatnya suhu tanah dapat mempercepat pertumbuhan tanaman dan tanaman manjadi lebih subur, Hasilnya panen tanaman akan meningkat.
4. Mempercepat masa panen, selain mempercepat pertumbuhan tanaman peningkatan suhu tanah dapat mempercepat masa panen. Hasil dari uji coba menunjukkan tanaman yang dibudidayakan menggunaan plastik mulsa masa panennya lebih cepat tuju sampai 14 hari (William James Jr. 1993).
5. Mencegah hama tanaman, warna perak plastik mulsa akan membrikan cahaya matahari kebagian tanaman yang membutukan. sinar cahaya matahari tersebut dapat membuat hama tanaman tidak nyaman.
6. Menghambat penyakit pada tanaman, saat musim hujan plastik mulsa berguna untuk mencegah agar tanah tidak terlalu lembab dan berair sehingga penyakit yang dihasilkan oleh jamur dan bakteri. Tanah yang terlalu lembab dan becek dapat menimbulkan  jamur dan bakteri
7. Mengurangi penguapan, penguapan menyebabkan tanah cepat mengering karena kehabisan air. Dengan menutup tanah menggunakan plastik mulsa evaporasi dapat diminimalisir. Penggunaan plastik mulsa pada peroses irigasi tetes dapat meningkatkan efektifitas penggunaan
8. Mencegah erosi, penggunaan plastik mulsa dapat mencegah erosi tanah disebabkan air hujan terutama pada lahan miring

Baca Juga : 


9. Mengantisipasi hilangnya pupuk, penggunaan plastik mulsa dapat mencegah tercucinya hara pada pupuk dan tanah desebabkan air hujan. Siraman air hujan ditahan oleh plastik mulsa sehingga hara atau nutrisi tak akan hilang tercuci oleh air hujan.


Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Mulsa Plastik  untuk melindungi tanaman dari serangan hama dan melindungi kelembapan tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja. (Minggu dan hari besar TUTUP).

Customer Service:
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp: Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama