Apa sih Manfaat Mulsa Plastik Untuk Tambak, dan Apa itu Tambak?

Distributor Milsa Plastik Tambak - Lim Corporation

Tambak dalam dunia perikanan adalah kolam buatan, pada umumnya di daerah pantai, yang berisi air serta dipakai untuk sarana budidaya di perairan (akuakultur). Hewan yang dikembangbiakkan ialah hewan air, salah satunya ikan, udang, dan juga kerang. Penyebutan "tambak" ini umumnya dikaitkan dengan air payau atau pun air laut. Kolam yang diisikan air tawar umumnya disebut kolam atau juga empang.

Keadaan bawah dasar tambak tergolong suatu keadaan fisik dasar tambak serta juga proses rule terjadi di dalamnya baik itu terkait fisika, biologi, kimia ataupun ekologi baik secara langsung atau secara tidak langsung juga ikut terpengaruh pada kelangsungan budidaya udang ataupun organisme lain pada suatu keterkaitan ekosistem pada perairan tambak.

Baca Juga :

Kebanyakan, tambak atau kolam buatan ini juga sering digunakan plastik mulsa untuk budidaya ikan dan juga udang. Nah, kali ini kami akan membahas tentang metode serta cara dan langkah pemasangan plastik mulsa pada tambak sebab hal ini wajib dilakukan.

Berikut Cara Pemasangan Plastik Mulsa Pada Tambak Secara Benar

Ada beberapa cara pemasangan mulsa plastik pada tambak, yaitu :
1. Pemasangan mulsa secara menyeluruh, yang mana semua area tambak diberi plastik mulsa, yakni dasar, tanggul serta lereng tambak.

2. Pemasangan mulsa cuma pada lereng tambak.

3. Pemasangan hanya cuma di dasar tambak.

4. Pemasangan mulsa pada lereng serta tanggul tambak.

5. Mulsa yang dipakai saat budidaya dapat digunakan 2 x masa budidaya, namun, wajib berhati-hati saat menjaga/meminimalisir kerusakan pada saat masa budidaya serta ketika masa pemanenan.

Mulsa tambak terbagi menjadi 2 lapisan, yaitu lapisan yang berwarna yakni perak pada bagian atas serta warna yaitu hitam pada bagian bawah dengan artian warna perak pada mulsa bakal memantulkan lagi sinar matahari jadi langkah fotosintesis bakal lebih bagus, keadaan tambak yang cukup lembab, mengurangi adanya penyakit. Dan bila warna hitam pada mulsa bakal menyerap suhu panas jadi pada di dasar tambak akan jadi hangat. Tidak hanya itu warna hitam juga mencegah cahaya matahari  menembus masuk kedalam tanah.

Pemasangan mulsa tambak baiknya dikerjakan saat panas matahari terik supaya plastik mulsa bisa memuai jadi menutupi tambak secara baik. Langkah pemasangannya dapat dikerjakan oleh 6-8 orang untuk luas 1 Hektare. caranya tarik tiap ujung mulsa, pasangkan salah satu ujung pakai pasak penjepit mulsa (umumnya dipakai bambu yang dibentuk seperti staples/huruf U) selanjutnya kerjakan hal yang sama pada ujung satunya. Sesudah kedua ujung mulsa terpasang kuat, dengan cara bersamaan tarik mulsa pada kedua sisi tiap meternya dengan cara bersamaan.

* Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Sambungkan kedua sisi mulsa secara bedengan menggunakan pasak penjepit tadi jadi semua sisi mulsa tersambung rapat pada bedengan. Semua permukaan tambak wajib tertutup secara rapat, dengan cara menaruh plastik mulsa dengan cara tumpang tindih dengan lebar tempat yang tumpang tindih 10 hingga 15 cm. Sesudah itu bagian tengah mulsa yang ditumpang tindih dijepit menggunakan bilah bambu yang utuh serta selanjutnya diperkokoh pakai pasak penjepit bentuk stapler/huruf U supaya tak ada celah ataupun rongga.

jaul Mulsa Tambak dan Mulsa Pertanian
* Info selengkapnya mengenai harga Mulsa Plastik klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Mulsa Plastik  untuk melindungi tanaman dari serangan hama dan melindungi kelembapan tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja. (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup).

Customer Service : 
Telp : 031 - 8830487 
Mobile : 0852 3392 5564 / 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950
Email : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan :
- Minmal order 10 roll
- Harga netto ( tidak termasuk PPN )
- Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota
tujuan
- Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama