Ini Dia Tips Mengolah Tanaman Kedelai di Lahan Kering dan Masam

Jual Plastik Mulsa Berkualitas - Lim Corporation

Beberapa kendala budidaya kedelai di lahan kering dan masam pada umumnya adalah karena kondisi pH tanah, C organik, kandungan hara N, P, dan Ca rendah serta Al dan Mn tinggi sering menjadi penghambat pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai. Oleh karena itu, perlu adanya teknik pengelolaan tanaman kedelai yang dibudidayakan di lahan kering dan masam seperti berikut ini.

BACA JUGA:

1. Penggunaan varietas toleran

Lahan masam bukan hanya mengandung Al dan Mn tinggi yang meracuni tanaman kedelai, tetapi kandungan hara N, P, K, Ca,Mg, dan hara lainnya rendah. Balitbangtan sudah menemukan kunci teknologi buat meningkatkan produksi kedelai di lahan yang kering masam.

Salah satunya dengan menggunakan varietas unggul Tanggamus yang toleran terhadap kemasaman tanah, dengan potensi produksi di lahan kering masam hingga 1,75-2 ton per hektare. Selain itu, pemanfaatan bahan pembenah tanah dan pupuk, serta menambah kapur dan bahan organik, pupuk NPK dapat juga memperbaiki kesuburan tanah.

2. Ameliorasi tanah masam

Tanah masam perlu disehatkan dengan meningkatkan pH dan menaikkan kejenuhan basa, serta peningkatan unsur haranya. Ameliorasi pada lapisan tanah bawah (subsoil) menggunakan gypsum. Pengapuran pada permukaan tanah hanya akan mengoreksi pH pada lapisan olah tanah, sedangkan pada lapisan subsoil pH masih rendah dan keracunan Al masih terjadi. Oleh karena itu, pemberian gypsum pada lapisan subsoil dapat memperbaiki pertumbuhan akar menjadi lebih dalam.



3. Teknik pengelolaan tanah

Pengaruh pupuk organik dalam memperbaiki kesuburan tanah kurang spontan namun lebih tahan lama. Sementara, pupuk buatan pengaruhnya spontan namun hanya tahan beberapa minggu atau bulan. Pupuk organik yang digunakan adalah pupuk hijau, kotoran ternak, bagas (sisa batang tebu setelah diperas sarinya), dan sebagainya.

Pencegahan erosi merupakan salah satu hal yang juga penting untuk diperhatikan, terutama pada lahan yang curam. Usaha yang harus dicoba adalah dengan membuat guludan sejajar kontur atau menggunakan batang pohon yang ditebang pada saat pembukaan lahan sebagai teras-teras.

Produsen Plastik Mulsa Hitam Perak
* Info selengkapnya mengenai harga Mulsa Plastik klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Mulsa Plastik untuk melindungi tanaman dari serangan hama serta menjaga kelembapan tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup)

Customer Service: 
Telp: 031 - 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00)
Mobile: 0852 3392 5564 / 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan Admin klik salah satu tuntan berikut:

CATATAN:
- Minmal order 10 roll
- Harga netto (tidak termasuk PPN)
- Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu
- Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota tujuan

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama