Ingin Tahu Cara Mudah Budidaya Melon dengan Mulsa Plastik? Baca Ini!

Cara Budidaya Melon Dengan Sistem Mulsa Plastik
Halo, salam sejahtera untuk semua! Kesempatan kali ini, penulis akan membahas mengenai cara mudah budidaya melon dengan sistem mulsa plastik. Buah melon mempunyai banyak faedah dan kaya muatan zat serta vitamin yang ada didalamnya. Pada sebuah melon, terdapat 60 kalori serta 14 gr muatan gula alami. Disamping itu, faedah buah melon dapat memberi energi, dan kandungan lemak yang renda. Lalu, apa muatan berguna pada buah manis yang lembut ini? Baca faedahnya pada bahasan berikut ini

Buah melon yang banyak Anda temui rupanya bukan buah asli dari Indonesia. Melon berada dari dataran Persia yang menebar ke banyak wilayah-wilayah seperti Timur Tengah, Eropa, Amerika, Asia, sampai sampailah negara kita yakni di Indonesia.

Bila Anda ingin belajar mengenai langkah menanam melon, kunjungilah sentral budidaya buah melon di wilayah Cisarua (Bogor, Jawa Barat), Kalianda Lampung, Madiun, Ponorogo, Ngawi (jawa timur), dan wilayah Boyolali, Klaten, Karanganyar, dan Sragen (Jawa Tengah).

Langkah menanam melon tidak terlepas dari penetapan tempat yang cocok buat tanaman melon tersebut. Sebab tempat yang sesuai habibat buah melon akan membuahkan hasil panen yang melimpah.

Persyaratan Tumbuh Buah Melon

  • Hindari lahan dengan kondisi angin yang bertiup terlalu kencang yang dapat mematahkan batang dan tangkai buah tanaman.
  • Carilah lahan yang disinari sinar matahari sepanjang hari.
  • Temperatur yang disenangi tanaman melon ialah sejuk serta kering, anggap – anggap di antara 24 sampai 30 derajat celcius.
  • Hujan yang sering serta deras tidak bagus buat tanaman melon sebab bisa merontokkan calon buah yang masih tetap loyo.
  • Tumbuh sempurna pada dataran rendah dengan ketinggian tanah 350 – 950 meter diatas permukaan laut.
  • Tanah liat yang memiliki kandungan pasir serta kaya faktor hara ialah media paling baik buat tanaman melon. PH tanah netral antara 5 hingga 7

Bila kebetulan tempat yang Anda punya ada di dataran tinggi dengan cuaca dingin, karena itu seharusnya Anda sewa tempat di dataran rendah yang sesuai persyaratan di atas. Sesudah tentukan tempat, selanjutnya langkah menanam melon yang baik dengan diawali :

Cara Pemilihan Bibit Melon

Penyeleksian benih yang baik ialah sisi daricara menanam melon yang pertama. Untuk tentukan apa benih itu baik atau mungkin tidak coba rendam benih di air atonik serta furadam kira-kira 2 jam.

Langkah menanam melon dalam pembibitan yakni, lihat bila ada benih yang mengapung, karenanya tanda-tanda benih itu kurang baik buat budidaya buah melon Anda.

Kemudian taruhlah benih yang kering serta tidak lembab supaya terlepas dari tumbuhnya jamur. Bila benih di taruh di polibag karena itu, beri alas koran di bawah polibag itu supaya akar melon tidak tembus tanah.

Persemaian Benih Melon

Cara menanam melon selanjutnya yaitu pembibitan. Bibit buah melon perlu Anda semai terlebih dulu, saat akan ditanam di tempat. Berikut langkah menanam melon dalam step persemaian benih :

-Rendam benih semasa 3 jam untuk melahirkan perkecambahan benih.
-Masukan benih dalam polibag yang awalnya telah berisi pupuk kandang serta tanah dengan formasi 1 : 4
-Tutup benih dengan tanah yang digabung abu sekam.
-Sirami dengan teratur tiap pagi satu hari 1x dengan memakai semprotan.
-Sesudah benih berumur 12 hari dan telah tumbuh daun 3 sampai 5 helai karena itu benih siap untuk dipindah di dalam tempat sebenarnya.

Persiapan Lahan 

Sesudah benih siap tanam, selanjutnya langkah menanam melon ialah menyiapkan tempat yang akan dipakai untuk budidaya buah melon Anda. Langkah menyiapkan tempat tanam

- Cangkul lahan agar tekstur tanah gembur sekaligus menghilangkan gulma-gulma maupun sisa-sisa tanaman yang ada sebelumnya yang bisa mengganggu tanaman melon Anda.

- Jika PH tanah terlalu asam, tambahkan kapur dolomit. Apabila jika lahan terlalu banyak air/basa, Anda bisa menambahkan dengan belerang sebelum lahan ditanami

- Biarkan lahan selama satu minggu setelah dibajak agar terkena sinar matahari.

- Setelah 1 minggu, buatlah bedengan dengan panjang 15 meter, lebar 120cm, serta tinggi 50cm.

- Berikan jarak antar bedengan yang dapat difungsikan sebagai parit dengan jarak kurang lebih 50 cm hingga 70 cm.

- Gunakanlah plastik mulsa untuk tutupi bedengan dengan 2 lapis, lapis bawah ialah mulsa berwarna hitam, serta mulsa atasnya ( sisi luar ) berwarna perak.

- Diamkan bedengan semasa 1 minggu sesudah tertutup mulsa plastik sebelum membuat lubang tanam untuk tanaman melon.

- Sesudah satu minggu, lubangi mulsa plastik dengan sisa kaleng susu sekaligus juga membolongi bedengan dengan kedalaman 5 sampai 10 cm.

Untuk semakin jelasan semacam apa tempat, dalam persiapan langkah menanam melon yang pas, bisa Anda melihat pada gambar berikut ini:

Penanaman Benih Melon

Sesudah lubang tanam siap, langkah menanam melon selanjutnya ialah mengalihkan benih tanaman melon di dalam lubang tanam yang berada di bedengan. Waktu tanam yang disarankan ialah pada awal bulan kemarau.

BACA JUGA

Segudang Manfaat Plastik UV Pada Tanaman di Dalam Greenhouse

Ingin Tahu Cara Menanam & Merawat Hidroponik dengan Benar? Baca Ini!

Ingin Tahu Cara Jitu Melindungi Tanaman dari Hama? Gunakan Paranet Saja

Langkah menanam melon yang baik ialah menanam bersama-sama media tanah di dalam polibag, tetapi janganlah lupa untuk melepas plastik polibag itu. Masukan benih bersama-sama media tanah barusan di dalam lubang tanam di bedengan dengan hati – hati supaya janganlah sampai menghancurkan akar yang telah tercipta di saat bibit disemai.

Pemeliharaan Tanaman Melon

Lakukan perawatan teratur serta tekun ialah langkah menanam melon yang tidak kalah penting. Step ini terbagi dalam penjarangan, penyulaman, penyiangan, pengairan, pemupukan, sampai penyemprotan pestisida untuk menyingkirkan hama serta penyakit tanaman.

Pekerjaan langkah menanam melon dengan lakukan penyulaman, penjarangan, sampai penyiangan bisa Anda kerjakan bertepatan dengan waktu penyiraman tanaman. Kerjakan penyiraman dengan teratur satu hari sekali saat pagi hari, mengingat memang tanaman melon tak perlu memerlukan air yang banyak serta janganlah sampai menggenangi bedengan.

Langkah menanam melon yang baik ialah teratur mengatur bila ada tanaman yang tidak tumbuh prima karena itu selekasnya tukar dengan tanaman yang baru (penyulaman), serta pisahkan antar tanaman yang berdesakan (penjarangan) dan bersihkan gulma serta rumput pengganggu di seputar tanaman melon (penyiangan).

Untuk pemupukan susulan, kerjakan sekitar tiga periode yakni, di saat tanaman berumur 20 hari, 40 hari, serta 60 hari sesudah benih ditanam di tempat tanam. Sebarkan pupuk di tepian bedengan dengan jumlah Urea 300kg/ha , TSP 200 kg/ha , dan KCl 200 kg

Cara Panen Melon

Buah melon dapat Anda panen dengan beberapa ciri fisik ukuran buah telah lumayan besar, warna kulit telah kekuningan, dan pada kulit telah nampak serat jala yang kasar serta riil nampak. Atau bila dihitung semenjak waktu tanam biasanya Melon bisa dipanen sesudah umur 120 hari dihitung semenjak benih ditanam di bedengan.


Demikian barusan penjelasan artikel singkat yang mengulas mengenai langkah menanam melon yang baik supaya membuahkan panen yang melimpah serta sesuai keinginan Anda. Selamat Menanam Buah Melon.

Itu tadi ulasan singkat artikel tentang cara muda budidaya buah melon dengan sistem mulsa plastik hitam perak . Semoga bisa menambah wawasan kita semua, Terima kasih.

1 Komentar

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q.ME
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama