Berikut Ini Cara Pemasangan Mulsa Plastik Hitam Perak Pada Bedengan

Cara Mudah Pemasangan Mulsa Plastik Hitam Perak

Hai, kembali lagi bersama penulis yang akan membahas seputar dunia pertanian, perkebunan, pertanian dan juga perternakan. Melakukan perawatan pada tanaman anda merupakan langkah terbaik yang wajib dilakukan untuk menghasilkan tanaman yang produktif dan kontinyu. Ini dilaksanakan dari mulai sebelum tanam sampai sesudah tanam. 

Perawatan sebelum tanam mencakup perlakuan benih, pemrosesan tanah serta penempatan mulsa plastik. Sedang perawatan sesudah tanam mencakup penyiraman, pemupukan, pengaturan hama serta penyakit dan perempelan tunas.

Pemasangan mulsa plastik merupakan salah satu perawatan sebelum tanam. Adapun manfaat dari pemasangan mulsa plastik ini adalah :

  • Dapat mengatur dan menjaga kelembaban tanah agar tetap normal
  • Dapat menjaga suhu mikro tanah agar tetap optimal
  • Mencegah erosi dan pencucian hara saat musim hujan
  • Menekan pertumbuhan gulma pengganggu sehingga menghemat biaya penyiangan
  • Mencegah serangan hama penyakit akibat pantulan sinar UV dari mulsa plastik hitam perak

Kelembapan serta temperatur mikro tanah yang terbangun akan makin tingkatkan performa bakteri POC GDM yang telah disemprotkan awalnya bertepatan waktu olah tanah. Faedah tertera di atas semua akan bersumber pada produktivitas tanaman yang makin baik.

Penempatan mulsa plastik yang memiliki warna hitam menghadap ke bawah serta yang memiliki warna perak menghadap ke atas. Keperluan per hektar mulsa plastik hitam perak dengan lebar 120 cm ialah 12 roll. Penempatan mulsa plastik seharusnya waktu matahari terik supaya proses pemuaian maksimal serta mulsa bisa tutup rapat pada bedengan.

Cara pemasangan mulsa plastik hitam perak adalah seabagai berikut :

  • Siapkan mulsa plastik sepanjang bedengan dikurangi ± 50 cm untuk pemuaian dan penarikan saat pemasangan.
  • Ujung-ujung mulsa plastik ditarik secara bersamaan dan kedua ujung dipasak dengan bambu berbentuk U.
  • Pasang pasak bambu di salah satu sisi terlebih dahulu dengan jarak 50 cm, kemudian dilanjutkan pada sisi yang lain sambil ditarik secara perlahan agar mulsa dapat menutup dengan rapat.
  • Buat lubang sesuai jarak tanam dengan menggunakan pelubang khusus atau kaleng bekas susu kental manis yang dipanaskan.
  • Untuk hasil yang terbaik, usahakan saat pemasangan mulsa menggunakan minimal 2 orang tenaga kerja pada saat panas matahari sedang terik (tengah hari).

Apa Itu Mulsa Plastik 

Mulsa plastik ialah lembaran plastik penutup tempat tanaman budi daya yang mempunyai tujuan membuat perlindungan permukaan tanah dari erosi, jaga kelembapan serta susunan tanah, dan menghalangi perkembangan gulma.

BACA JUGA:

Mengenal Buah Tin, Asal Usul, dan Manfaatnya untuk Tubuh

Tips Cara Merawat Tanaman Tomat Supaya Cepat Berbuah Lebat

Jangan Asal Tanam, Begini Cara Tepat Budidaya Tanaman Lidah Buaya di Polybag

Mulsa plastik atau plastik mulsa adalah produk selembar plastik yang dipakai untuk tutup tanah bedengan atau tempat pada pembudidayaan tanaman. Mulsa, atau dalam Bahasa Inggris disebutkan mulch, benar-benar bermanfaat untuk menghalangi tumbuhnya gulma, membuat perlindungan tanah dari erosi, jaga susunan tanah supaya masih baik, dan jaga kelembapan tanah.

Mulsa plastik umumnya dipakai untuk bermacam tanaman hortikultura, khususnya tipe sayur-sayuran seperti cabe, sayuran daun, atau pada budidaya tanaman buah-buahan seperti semangka atau melon.

Plastik mulsa adalah tipe mulsa yang anorganik (ada pula mulsa organik yang umum dipakai contohnya sekam padi, jerami, dedaunan kering, dan lain-lain). Sekali juga termasuk anorganik, pemakaiannya ramah lingkungan sebab dibuat dari polietilena yang densitas atau kepadatannya rendah

Ada banyak jenis plastik mulsa, dan pembedaannya dilakukan atas berbagai faktor, misalnya warna serta intensitas sinar matahari yang dapat diteruskan, yaitu:

1. Mulsa plastik putih

2. Mulsa plastik merah

3. Mulsa plastik biru

4. Mulsa plastik hitam

5. Mulsa plastik perak

6. Mulsa plastik perak perak, kedua sisi warna perak

7. Mulsa plastik hitam perak (disingkat MPHP), yaitu satu sisi warna hitam dan satu sisi warna perak.

8. Mulsa Tambak

- Mulsa Untuk "Tambak" Cap MONTANA

- Mulsa Plastik Untuk "Tambak" Cap HERCULES 

Warna mulsa akan berpengaruh besar kecilnya perolehan tembusan radiasi matahari yang diterima oleh tanah dan diteruskan ke permukaan dan formasi tanah, serta cahaya yang dipantulkan oleh mulsa akan mengubah keadaan di area tanaman.

Oke sekian yang bisa penulis sampaikan, jika ada pertanyaan silahkan beri komentar saja dibawah. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama