Cara Lengkap Budidaya Bawang Putih Berkualitas Sampai Sukses

Cara Budidaya Bawang Putih

Selamat pagi! Semoga para pembaca selalu diberikan kesehatan. Oke, hari ini kita akan membahas artikel soal cara lengkap budidaya bawang putih berkualitas sampai sukses. Memiliki segudang faedah, bawang putih jadi salah satunya umbi, bumbu dapur, sampai rempah-rempah yang terbanyak diperlukan untuk kepentingan memasak, serta sampai untuk kesehatan. Tingginya keinginan bawang putih di Indonesia sendiri, membuat beberapa pelaku bisnis lakukan budidaya bawang putih. Serta, beberapa suplai bawang putih di Indonesia, masih mengimpor di luar negeri lho.

Bawang putih yang mempunyai nama latin Allium Sativum, adalah umbi yang termasuk juga dalam kerabat Liiliaceae. Bawang putih mempunyai rasa yang ciri khas, serta benar-benar memengaruhi cita rasa pada masakan. Hingga, masakan apa saja yang memakai bawang putih, akan bertambah lebih gurih serta enak.

Muatan Bawang Putih

Bukan hanya jadi faktor penting untuk cita rasa masakan, bawang putih mempunyai segudang faedah untuk kesehatan. Bawang yang bersaudara dengan bawang merah ini adalah asli budidaya Asia Tengah.

Hingga budidaya bawang putih tidak asing lagi di Indonesia. Tetapi, mereka dapat juga tumbuh subur di Italia serta wilayah selatan Perancis.

Pada sebuah bonggol atau bulatan bawang putih, ada kurang lebih 1-10 siung. Dimana tiap siungnya memiliki berat seputar 6-8 gr. Karena itu, per 100 gr bawang putih, kurang lebih memiliki kandungan:

  • 4 kalori
  • 1 gr karbohidrat
  • 0,2 gr protein
  • 0,1 gr serat
  • 0,1 miligram mangan (sama dengan 3% keperluan harian badan)
  • 0,9 miligram vitamin C (sama dengan 2% keperluan harian badan)
  • 5,4 miligram kalsium (sama dengan 1% keperluan harian badan)
  • 0,4 mikrogram selenium (sama dengan 1 persen% keperluan harian badan)
  • Deretan anti-oksidan seperti flavonoid, oligosakarida, serta asam amino.

Bukan hanya itu, bawang putih mempunyai muatan senyawa sulfur aktif seperti alliin, allyl propyl disulfide, dialil disulfida, serta dialil trisulfida.

Faedah Bawang Putih Untuk Kesehatan

  • Turunkan Kolestrol
  • Mengatur Desakan Darah
  • Sehatkan Jantung
  • Turunkan Efek Kanker
  • Jaga Kesehatan Otak
  • Menangani Jerawat
  • Menguatkan Tulang
  • Menantang Radang, Pilek, serta Bantuk
  • Menangani Rambut Rontok

Langkah Budidaya Bawang Putih

Nah, sudah mengetahui kan info berkaitan bawang putih dari faedah untuk masakan sampai kesehatan. Buat kamu yang punya niat lakukan budidaya bawang putih rumahan atau untuk dibuat usaha, berikut ada cara-cara efisien budidaya bawang putih yang bermutu, dari mulai persiapan step awal, sampai sukses panen.

Mempersiapkan Tempat

Langkah budidaya bawang putih yang pertama-tama dilaksanakan ialah mempersiapkan tempat sampai perlengkapan yang akan diperlukan. Nah, di Indonesia sendiri benar-benar sangat mujur, untuk permasalahan iklim. Sebab iklim di Indonesia termasuk juga konstan untuk menumbuhkan banyak tipe tanaman termasuk juga bawang putih.

Kamu dapat memakai media tanam memakai polibag, pot, atau langsung ke tempat tanah di pekarangan. Tak perlu tempat yang luas, untuk budidaya bawang putih, kamu dapat melakukan di tempat kecil sekalinya. Bawang putih juga menyenangi tanah yang mempunyai struktur lempung berpasir serta susunan tanah yang gembur dengan pH 5,5-7.

Tanam bawang putih dengan jarak 4 inci serta kedalaman 2 inci. Letakan bawang putih dengan sisi akar yang menghadap ke bawah, serta sisi runcing menghadap ke atas. Kemudia, kamu dapat tutup dengan tanah, lantas berikan pupuk serta ditepuk dengan cara perlahan-lahan.

Mempersiapkan Bibit Bawang Putih

Langkah budidaya bawang putih seterusnya yang perlu dilaksanakan ialah mempersiapkan bibit bawang putih. Kamu dapat memakai satu bonggol bawang putih untuk bibit, yang dapat kamu beli ke pasar. Tetapi, kamu harus juga mengenali tipe bawang putih mana yang pas untuk dibuat bibit.

Nah, alangkah sebaiknya bila kamu beli bibit bawang putih di toko tanaman yang jual varietas bawang putih. Jadi benar-benar disaranakan, bila kamu membeli di toko tanaman saja.

BACA JUGA:

Cara Menanam Strawberry di Polybag, Mudah dan Cepat Berbuah

Tips Cara Merawat Tanaman Tomat Supaya Cepat Berbuah Lebat

Bagi Yang Belum Tahu Apa Itu Paranet? Yuk Mengenal Paranet Beserta Fungsinya

Sebab, bawang putih di pasar, bisa bukan datang dari Indonesia, hingga tipe itu tidak pas untuk ditanam di Indonesia. Bawang putih di pasar condong susah ditanam, sebab umumnya beberapa pedagang memberikan tambahan bahan kimia supaya bawang dapat tahan lama.

Lihat Waktu Tanam

Langkah budidaya bawang putih setelah itu memerhatikan waktu tanam. Masalahnya waktu tanam yang pas untuk bawang putih ialah di waktu musim luruh. Bawang yang ditanam pada musim itu, akan mempunyai ukuran yang semakin besar, serta mempunyai rasa yang makin kuat.

Tetapi, sebab di Indonesia cuman mempunyai dua musim serta ada di iklim tropis, karena itu waktu tanam yang pas ialah di awal musim semi. Kamu dapat lakukan penanaman bawang putih di bulan Februari atau Maret.

Menjaga Bawang Putih

Dalam lakukan budidaya bawang putih, kamu harus juga selalu menjaga tanaman sampai membuahkan bawang yang bermutu. Kamu jangan lupa untuk memenuhi keperluan air, dengan periode yang pas, yaitu tiap 3-4 hari bergantung cuaca.

Kemudian, bila tanaman bawang putihmu mulai ada akar bunga, karena itu kamu dapat memotongnya. Hal tersebut dilaksanakan supaya umbi bawang putih dapat tumbur besar.

Pemberian Pupuk

Dalam pemberian pupuk pada budidaya bawang putih, kamu dapat memakai tipe pupuk organik atau non-organik. Untuk pupuk organik, kamu dapat memakai pupuk kandang dari kotoran ayam atau kambing, dengan jumlah semasing 10-20 ton/ha serta 30 ton/ha.

Kamu dapat juga memakai pupuk nitrogen yang umumnya dipakai 3x semasa perkembangan, yaitu di saat tanam, pembangunan tunas, serta pembangunan umbi. Nah, untuk jumlah pupuk non-organik ialah 200 kg N, 180 kg P2O5, 60 kg K2O, serta 142 kg S per hektar.

Bukan hanya itu, pemberian pupuk kimia cair (faktor mikro) Sitozim dengan fokus 0,25%, penting juga untuk membuahkan bawang yang bermutu. Pupuk kimia cair dapat kamu semprotkan ke daun bawang putih.

Lakukan pemberantasan gulma juga penting, supaya budidaya bawang putih dapat tumbuh cepat. Masalahnya gulma akan menghalangi proses perkembangan, pembangunan, serta pembesaran umbi.

Langkah Panen Bawang Putih

Dalam budidaya bawang putih, kamu harus juga pahami tanaman yang siap panen. Untuk rerata waktu yang diperlukan budidaya bawang putih dari pertama tumbuh sampai waktu panen ialah seputar 90-120 hari.

Tanaman bawang putih yang siap panen, akan memberi sinyal daun yang menguning serta mulai mati. Serta, untuk waktu panen, kamu jangan telat memanen, sebab hasil umbinya akan mengkerut serta membuahkan rasa yang tidak enak.

Langkah memanen bawang putih, dapat kamu kerjakan dengan mengambil tanaman memakai tangan. Sesudah dipanen, hasil panen diikat sekitar 20-30 rumpun per ikat, lantas dijemur sampai batangnya kering, serta waktu yang dibutuhkan ialah seputar 15 hari.

Mengawetkan Bawang Putih

Sesudah waktu panen, hal yang penting dilaksanakan semasa budidaya bawang putih ialah mengawetkannya semasa dua minggu, sampai kering, dengan didiamkan. Sesudah kering, karena itu kulitnya akan jadi kering serta umbinya mengeras. Lantas, kamu harus menyimpannya dalam tempat yang dingin serta kering.

Nah, kemudian kamu dapat memakai bawang putih untuk olahan masakan, kesehatan, atau untuk dipasarkan. Mempunyai harga yang relatif masih, membuat budidaya bawang putih jadi salah satunya potensial yang memberikan keuntungan buat beberapa pelaku bisnis. Sebab, jumlah petani bawang putih sampai sekarang ini masih disebut terbatas, kemungkinan kamu dapat mengawali usaha budidaya bawang putih rumahan lebih dulu.

Yup, sampai juga kita di ujung pembahasan untuk artikel ini. Semoga bermanfaat bagi para pembaca, Sekian dan Terima kasih.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama