Tips Cara Menjaga Buah Agar Tidak Cepat Busuk

Tips Cara Menjagah Buah Agar Tidak Cepat Busuk

Selamat pagi! Semoga para pembaca selalu diberikan kesehatan. Oke, hari ini kita akan membahas artikel soal tips menjagah buah agar tidak cepat busuk. Buah-buahan jadi konsumsi harus untuk kita untuk selalu jaga badan masih sehat. Masalahnya banyak senyawa yang diperlukan tetapi tidak dibuat sendiri oleh badan. Karena itu kita memerlukan konsumsi di luar.

Umumnya, seorang akan beli buah-buahan dalam jumlah yang cukup banyak. Buah-buahan itu pun tidak akan habis dalam kurun waktu satu hari dan harus tersimpan untuk hari-hari selanjutnya.

Nah, ini yang umumnya jadi permasalahan untuk beberapa orang. Bila simpan buah dengan tidak betul, bisa-bisa malahan tidak fresh, cepat membusuk dan menghancurkan cita-rasa.

Supaya buah yang kalian taruh tidak cepat busukk, coba praktikkan 10 panduan ini. Baca penjelasannya di bawah ini, ya.

1. Pisah Buah Yang Busuk Dengan Yang Lain Ditambah Dulu

Waktu beli buah dengan jumlah banyak, umumnya seorang akan menambah buah yang masak dengan 1/2 masak atau bahkan juga belum masak. Nah, untuk simpan buah yang lain tingkap kematangannya harus dipisah. Upayakan untuk konsumsi buah yang telah masak selekasnya supaya tidak membusuk.

Disamping itu, kalian harus memeriksa kulkas atau posisi penyimpanan buah secara periodik. Pinggirkan buah yang telah masak atau bahkan juga mulai membusuk. Buah yang masak bisa keluarkan gas yang memacu pembusukan pada buah lain. Jadi buah-buah itu bisa menulari yang lain seperti penyakit.

2. Taruh Buah Di Tempat Kering

Panduan setelah itu simpan buah di lokasi yang kering. Kelembapan buah tetap harus dijaga karena kandung air membuat masih fresh. Bila kekurangan air, karena itu buah akan layu dan kisut karena evaporasi.

Tetapi, buah tetap harus tersimpan di lokasi yang kering supaya tidak gampang membusuk. Jauhi membersihkan buat saat sebelum memasukkan ke dalam kulkas. Simpan buah di tempat tertutup yang telah dilapis kertas untuk meresap embun didalamnya.

3. Langkah Simpan Alpukat Supaya Tidak Cepat Masak Dan Busuk

Alpukat adalah salah sebuah yang cepat masak. Buah alpukat bisa cukup dengan tersimpan dalam beras atau tempat yang tertutup. Karena itu kadang beberapa orang beli alpukat yang belum masak agar bisa dicicipi dalam janga waktu yang lama.

Lalu, bagaimanakah cara simpan alpukat yang bagus supaya tidak cepat masak? Kalian membutuhkan kantong plastik kedap udara untuk lakukan ini. Masukan alpukat di dalam kantong itu. Mengeluarkan semua udara yang ada didalamnya, jangan dibiarkan oksigen masuk di dalamnya. Ini akan membuat proses pematangan berjalan lebih lamban. Selanjutnya tempatkan buah yang sudah terbungkus itu dalam kulkas. Udara dingin dapat menghalangi alpukat cepat masak.

4. Taruh Apel Dengan Langkah Dibuntel Kertas

Apel adalah buah yang menghasilkan gas etilen yang bisa percepat proses pembusukan. Penyimpanan buah ini jangan disetarakan dengan lainnya. Masalahnya buah yang lain akan meresap gas etilen itu dan membusuk.

Untuk simpan apel, kalian perlu membuntel apel yang keadaannya baik dengan kertas atau koran. Jangan dibiarkan buah itu sama-sama bersinggungan sebab bisa membusuk bisa lebih cepat. Membuntel semasing apel bisa menahan kerusakan yang besar.

Awalnya, kalian harus pilih helai koran yang tidak mempunyai warna sebab tinta memiliki kandungan toksin. Tak perlu membuntel apel begitu ketat, yang perlu buah itu tidak bersinggungan keduanya. Selanjutnya masukan bingkisan itu dalam tempat dan taruh di lokasi yang dingin.

5. Jangan Pijakk Jeruk Waktu Tersimpan

Jeruk kemungkinan jadi salah sebuah yang termudah penyimpanannya. Buah satu ini membutuhkan ruang yang dingin untuk jaga kualitas dan kesegarannya. Bila kalian menyimpan pada suhu dingin seperti kulkas, jeruk dapat bertahan sampai sebulan, lho.

Tetapi, upayakan tidak untuk menimbun jeruk waktu tersimpan. Hal itu akan membuat buah di bawahnya hancur.

6. Jangan Taruh Pisang Dalam Kulkas

Bila kalian kerap simpan pisang supaya lebih bertahan lama, selekasnya hentikan hal itu. Simpan pisang dalam kulkas malahan akan mengganti rasa dan wewangian pisang. Jadi, ini tidak dianjurkan.

Pertama kali, pisah pisang yang belum dan telah masak. Diamkan pisang yang telah masak ada pada suhu ruang. Saat itu, kalian harus menahan pisang yang sudah masak supaya tidak cepat membusuk. Bebaskan pisang-pisang itu dari tandannya. Selanjutnya buntel bonggol pisang dengan plastik satu-satu untuk menahan timbulnya gas etilena yang dibuat secara alami. 

Supaya plastik lebih meeting, kalian dapat memakai plester untuk merekatkannya. Disamping itu, kalian dapat menyimpan bersama buah-buahan mentah yang lain seperti pir dan alpukat untuk perlambat proses pematangannya.

7. Taruh Mangga Di Kulkas Supaya Tidak Cepat Masak

Mangga bisa masak sendirinya pada suhu ruang. Prosesnya lumayan cepat kurang lebih seputar tiga hari. Nah, untuk perlambat proses itu, kalian cukup menyimpan dalam kulkas. Awalnya yakinkan tempat untuk simpan mangga itu kering, ya.

BACA JUGA:

Cara Menanam Paprika Dalam Pot atau Polybag

Cara Praktis Menanam Cabai Sistem Hidroponik

Cara Menanam Pohon mangga dari Biji Hingga Panen

8. Semangka Harus Tersimpan Dalam Temperatur Dingin

Semangka adalah buah yang tinggi kandungan air. Buah ini tidak bertahan bila didiamkan pada suhu ruang. Apa lagi bila telah dipotong, rasa buah semangka malahan bisa menjadi asam.

Oleh karenanya, kalian bisa menyimpan dalam kulkas. Lebih bagus kembali bila potongi buah semangka lebih dulu saat sebelum di taruh dalam tempat. Pisah dari buah atau makanan yang lain supaya tidak tercemar.

9. Anggur Bisa Bertahan Lama Dalam Temperatur Dingin

Penyimpanan buah anggur yang terbaik dengan memasukkan ke dalam kulkas. Sebab kandung air yang banyak didalamnya membuat anggur memerlukan temperatur yang terus dingin.

Anggur bisa bertahan 10 hari bila di taruh dalam kulkas. Tetapi, buah ini akan bertahan seputar 3 bulan bila kalian meletakkannya dalam freezer. Saat sebelum dikonsumsi seharusnya taruh lebih dulu pada suhu ruang.

10. Kentang Tidak Bisa Terserang Matahari

Masih sama dengan awalnya, kalian harus pisahkan kentang yang sehat dan yang mempunyai kecacatan lebih dulu. Taruh kentang di keranjang yang mempunyai beberapa lubang supaya udara bisa mengucur. Selanjutnya simpan kentang di lokasi yang kering dan gelap.

Kentang jangan terserang cahaya matahari langsung sebab akan memiliki kandungan toksin namanya solanin. Disamping itu, jangan simpan kentang di kulkas sebab akan bertunas dan tidak bisa dimakan.

Selesai sudah artikel untuk hari ini, jangan lupa selalu kunjungi website ini untuk update berita terbaru ya. Sampai jumpa.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama