Cara Mudah Menanam Kacang Merah Dengan Bantuan Mulsa Plastik

Cara Budidaya Kacang Merah

Hai, kembali lagi bersama penulis yang akan membahas seputar dunia pertanian, perkebunan, pertanian dan juga perternakan. Saat petani lain repot menanam dan menjaga komoditas cabai atau bawang merah, mengapa Sahabat tidak ambil kesempatan menanam kacang merah? Karena, kacang merah juga adalah salah satunya komoditas yang

Disamping itu, langkah menanam kacang merah tidak demikian repot. Bahkan juga, tidak sesusah yang dipikirkan. Ingin tanam di kebun atau di sawah tumbuh subur, ingin tanam dalam polybag juga ok

Kacang merah, kacang jago atau kacang galing

Sepintas saja, kacang merah ini sebenarnya banyak nama yang lain menempel kepadanya. Misalkan, ada yang menyebutkan kacang merah dengan kacang galing dan ada pula yang menyebutkan dengan kacang jogo. Belum juga di beberapa pasar internasional, kacang merah diketahui bernama bean

Jadi, tak perlu bingung penyebutan itu. Apa saja namanya, yang penting dicatat dan diikuti, yang bernama kacang merah itu bijinya warna merah atau merah berbintik-bintik putih saat sudah tua dan wujud bijinya bundar cukup panjang seperti biji kacang panjang. Jika dari segi perkembangan, kacang yang tinggi kandungan protein ini, tumbuhnya tegak alias tidak menjalar.

Baik, silahkan kita mencari tahu bagaimana sesungguhnya budidaya kacang merah supaya tumbuh subur dan keproduktifannya tinggi. 

Waktu Tanam Kacang Merah

Ada yang menanyakan, kapan saat yang bagus menanam kacang merah? Sesungguhnya, kapan pun bisa ditanamkan seandainya cukup tersedianya air untuk perkembangannya. Kecuali air, drainase harus juga telah dibikin supaya saat hujan turun tidak menggenangi tempat kacang merah.

Tetapi, agar tidak lelah untuk menyirami saat penanaman dan percepat perkembangan benih, karena itu seharusnya kacang merah ditanamkan akhir musim kemarau atau mendekati musim kemarau.

Persyaratan tumbuh Kacang merah 

Saat sebelum ke persiapan tempat, sedikit harus dipahami mengenai persyaratan tumbuh yang bagus supaya produksi kacang merah tinggi. Persyaratan yang perlu tercukupi supaya maksimal tumbuh dan panennya, karena itu seharusnya ditanamkan pada daratan tinggi. 

Ketinggian 1000-1500 m dpl adalah ketinggian lokasi yang bagus untuk menanam kacang merah, namun tumbuh di ketinggian di bawahnya.

Persyaratan yang lain, kacang merah menginginkan tanah yang subur dengan pH bagus 5,5 – 6. Dan yang tentukan dalam perkembangan dan keproduktifannya ialah cahaya matahari. Kacang merah perlu cahaya matahari selama seharian.

Walau persyaratan terlihat ketat, janganlah sampai menangguhkan kemauan Sahabat menanamnya. Mengapa? Kacang merah ingin tumbuh dalam tempat/rumah Sahabat seandainya tempat tanam dibikin subur dan penuhi persyaratan dekati syarat tumbuh yang seharusnya.

Mempersiapkan Tempat Saat sebelum Menanam Kacang Merah

Mustahil langsung menanam jika tiada tempat. Sesudah ada tempat juga harus disiapkan secara baik. Walau kacang merah ditanamkan dalam pot, persiapan tempat tanam harus tetap dipersiapkan secara baik.

Jadi, hal yang pertama perlu dikerjakan untuk menanam kacang merah ialah persiapan tempat selaku medium tumbuh nanti. Tanah diproses dengan dibajak atau dicangkul hingga lahannya jadi gembur.

BACA JUGA:

Langkah Tepat Menanam Lidah Buaya dalam Polybag

Cara Menanam Paprika Dalam Pot atau Polybag

Cara Menanam Pohon mangga dari Biji Hingga Panen

Seterusnya pengerjaan bedengan dan drainase. Bedengan untuk menanam kacang merah dibuat seluas 1 mtr. dengan ketinggian 20-30 cm. Untuk jarak antar bedengan dibikin 50-60 cm supaya mempermudah dalam perawatan nanti. Sedang panjang bedengan, ya disamakan dengan keadaan tempat.

Supaya tanah untuk menanam kacang merah lebih subur, pupuk tanah dengan pupuk landasan. Apa pupuk dasarnya? Terapkan pupuk kandang sekitar 15-20 ton per hektar. Jumlahnya disamakan dengan kesuburan tempat.

Jika Sahabat mempunyai keuangan atau modal yang cukup, seharusnya bedengan untuk menanam kacang merah terpasang mulsa plastik. Tetapi, jika tidak ada mulsa juga tidak jadi masalah atau masalah. Tetapi, janganlah lupa dibikin lubang tanam dalam jarak tanam 20 cm x 40 cm (dalam barisan x antar barisan).

Benih Kacang Merah

Dalam soal persiapan benih, persiapkan benih kacang merah yang unggul dan bermutu. Untuk varietasnya, punyai beberapa pilihan macam kacang merah jika Sahabat ketarik menanamnya. Ada kacang merah ukuran kecil, sedang, dan sampai ukuran besar.

Ingat, benih kacang merah tak perlu disemai sebab bisa ditanamkan langsung. Namun, supaya benih kacang merah cepat berkecambah, karena itu tindakan benih perlu dikerjakan. Tindakan benih seperti perendaman di air hangat sepanjang beberapa saat atau dipendam dalam larutan atonik.

Menanam Benih kacang Merah

Menanam kacang merah benar-benar gampang jika tempat telah betul-betul siap. Karena, penanaman kacang merah cukup dikerjakan dengan memakai alat tugal. Tetapi, jika ada alat jadi makin bagus sebab bisa mengirit waktu, ongkos dan tenaga kerja.

Langkah menanamnya ini. Lubangi tanah dengan tugal sedalam 2-3 cm, masukan benih kacang merah sekitar 2 buah per lubang, lalu tutup dengan tanah tipis saja.

Penyulaman Kacang Merah

Dalam budidaya kacang merah atau tanaman yang lain, penyulaman adalah salah satunya aktivitas yang jangan diacuhkan. Karena, dengan penyulaman, karena itu tempat bisa ditegaskan tidak ada yang kosong dan kacang merah akan tumbuh seragam.

Penyiangan, Pembubunan dan Pemupukan Susulan Kacang Merah

Pembumbunan adalah penutupan akar tanaman yang muncul di permukaan tanah dengan menguruk/menumpuk dari tanah di samping kanan-kirinya. Pembumbunan berperan untuk memperkokoh figur tanaman. Pembumbunan semakin lebih efektif bila dikerjakan bertepatan dengan penyiangan supaya tenaga kerja tidak terbuang banyak. Pembumbunan pertama dikerjakan bertepatan dengan penyiangan ke-2 .

Keperluan akan hara sebaiknya terpenuhi untuk mendukung perkembangan tanaman jagung. Oleh karena itu, tanaman jagung perlu dipupuk secara teratur. Jumlah pemupukan yang dipakai biasanya 200-350 kg urea per hektar, 100-200 kg SP-36 per hektar, dan 200-400 kg NPK per hektar. 

Pemupukan pertama dikasihkan di saat tanaman belum ditanamkan. Pemberian pupuk dikerjakan dengan menebarkannya ke dalam jalur yang dibikin dalam jarak seputar 10 cm dari barisan tanam dengan kedalaman 10 cm. Pemupukan susulan dikasihkan sesudah tanaman berusia empat minggu.

Selesai sudah artikel untuk hari ini, jangan lupa selalu kunjungi website ini untuk update berita terbaru ya. Sampai jumpa.

1 Komentar

  1. Mantap bang, ada artikel tentang media tanam hidroponik saya ingin ikut belajar. Terimakasih 🙏🏻

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama