[Wajib Tahu] Cara Ampuh Turunkan Gula Darah Dengan Sirih Merah

       Sirih Merah (Piper Crocatum), ketika ini tidak hanya diaplikasikan untuk tanaman hias, tetapi juga tanaman obat tradisional pasien kencing manis (Diabetes Mellitus). Orang - orang Sleman, khususnya Yogyakarta, telah mengaplikasikan manfaat daun sirih merah ini secara turun temurun. 

       Pengaplikasian daun sirih merah juga dapat sebagai obat alternatif peradangan, asam urat, sembelit, hipertensi (darah tinggi), kanker, hepatitis, kelelahan serta maag. Senyawa fitokimia yang terkandung dalam daun sirih merah adalah alkoloid, saponin, tanin serta flavonoid. Senyawa aktif alkoloid dan flavonoid memiliki kesibukan hipoglikemik atau penurun kandungan glukosa darah. senyawa tanin dan saponin dapat diaplikasikan sebagai antimikroba (kuman dan virus).

       Tanaman sirih merah juga memiliki ciri khas adalah berbatang bulat hijau keunguan dan tidak berbunga, daunnya bertangkai membentuk jantung hati dan sisi atasnya meruncing. Permukaan daun mengkilap tidak rata, tanaman sirih merah adalah tumbuhan merambat. Daunnya memiliki rasa pahit getar, tetapi aromanya lebih wangi dibanding sirih hijau. Jikalau di sobek, daun sirih merah akan berlendir.

     Teknik Jitu Dalam Budidaya Zukini


       Tanaman sirih merah menyukai dengan daerah yang sejuk, berhawa sejuk serta sinar matahari 60 - 75%. Tanaman sirih merah tumbuh dan berkembang bagus di daerah pegunungan. Jikalau tumbuh pada daerah panas, batangnya cepat jadi kering. Disamping itu, warna merah daunnya akan hilang. Padahal kesempatan khasiatnya ada pada senyawa kimia yang terdapat dalam warna merah mudahnya.

       Peneliti muda dari Insitut Pertanian Bogor (IPB), Mega Safithri dan Farah Fahma telah mempelajari toksisitas air daun merah serta kesanggupannya dalam menurunkan kandungan glukosa darah tikus. Pembuatan ekstrak daun sirih merah sangatlah mudah. Sejumlah 200 gr daun sirih merah di rebus bersama dengan 1 liter air hingga volumenya tinggi 100 ml. Perbandingan berat daun sirih merah dengan ekstrak rebusan yang diminum adalah 2 : 1. Untuk mengetahui tingkat keamanan serta resikonya daun yang berbentuk antiseptik ini dikerjakan uji toksisitas.

       Hasil riset ini dapat diaplikasikan pada manusia pasien diabetes. Dosisnya adalah berat tubuh pasien dikalikan dengan 20 gr per kg berat tubuh. Jikalau berat tubuh pasien 50 kg, maka dia memerlukan 1 kg daun sirih merah fresh atau 500 ml ekstrak air rebusan. Ekstrak ini dapat diminum 2 x sehari setiap pagi dan sore sebanyak 250 ml.


CV. LIM CORPORATION menyediakan Mulsa Plastik murah berkualitas, untuk info Harga Mulsa Plastik klik DISINI pemesanan hubungi kami di SMS/Call/WA : 

0852 - 3392 - 5564 / 0812 - 3258 - 4950 / 0877 - 0282 - 1277.
 
Info Tentang Pertanian Dan Perkebunan Hanya di www.pertanian99.com

@ULM

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama