Berikut Ini Langkah-Langkah Menanam Ubi Jalar Dengan Benar!!

Distributor Plastik Mulsa Best Quality - Lim Corporation

Perawatan tanaman ubi jalar perlu dilakukan setelah Anda melakukan penanaman. Anda harus mengamati secara kontinyu selama tiga minggu setelah ditanam, terutama bibit yang mati atau tumbuh secara abnormal.
Bibit yang mati harus segera disulam dengan cara mencabuti bibit yang mati, kemudian diganti dengan bibit yang baru, dengan menanam sepertiga bagian pangkal setek yang ditimbun tanah.

BACA JUGA :
Penyulaman sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari, saat sinar matahari tidak terlalu terik dan suhu udara tidak terlalu panas. Bibit (setek) untuk penyulaman sebelumnya dipersiapkan atau ditanam ditempat yang teduh. Selain hal-hal tersebut, masih ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk perawatan tanaman ubi jalar. Berikut langkah-langkah perawatan tanaman ubi jalar.

1. Penyiangan tanaman ubi jalar
Pada sistem tanam tanpa mulsa jerami, lahan penanaman ubi jalar biasanya mudah ditumbuhi rumput liar atau gulma. Gulma merupakan pesaing tanaman ubi jalar, terutama dalam pemenuhan kebutuhan air, unsur hara, dan sinar matahaari.

Oleh karena itu, gulma harus segera disiangi. Bersama-sama kegiatan penyiangan, dilakukan juga pembumbunan, ialah menggemburkan tanah guludan, selanjutnya ditimbunkan pada guludan tersebut.


2. Pembubunan tanaman ubi jalar
Penyiangan dan pembubunan tanah biasanya dilakukan pada umur satu bulan setelah tanam, kemudian diulang saat tanaman berumur 2 bulan. Tata cara penyiangan dan pembumbunan bisa dilakukan dengan cara membersihkan rumput liar (gulma) dengan alat pertanian secara hati-hati agar tidak merusak akar tanaman ubi jalar.

Selanjutnya, gemburkan tanah di sekitar guludan dengan cara memotong lereng guludan, kemudian tanahnya diturunkan ke dalam saluran antar guludan. Lalu, timbun kembali tanah ke guludan semula. Lakukan pengairan hingga tanah cukup basah.

3. Pemupukan tanaman ubi jalar
Pemupukan bertujuan menggantikan unsur hara yang terangkut saat panen, menambah kesuburan tanah, dan menyediakan unsur hara bagi tanaman. Zat hara yang terbawa atau terangkut pada saat panen ubi jalar cukup tinggi, yaitu terdiri atas 70 kg N (± 156 kg urea), 20 kg P2O5 (±42 kg TSP), dan 110 kg K2O (± 220 kg KCl) per hektare pada tingkat hasil 15 ton ubi basah. Pemupukan bisa dilakukan dengan sistem larikan (alur) ataupun sistem tugal.

Produsen Plastik Mulsa
* Info selengkapnya mengenai harga Mulsa Plastik klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Mulsa Plastik untuk melindungi tanaman dari serangan hama serta menjaga kelembapan tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup)

Customer Service: 
Telp: 031 - 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00)
Mobile: 0852 3392 5564 / 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan Admin klik salah satu tuntan berikut:

CATATAN:
- Minmal order 10 roll
- Harga netto (tidak termasuk PPN)
- Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu
- Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota tujuan

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama