Sukses Budidaya Tanaman Selada Dengan Sistem Mulsa Plastik Hitam Perak

Budidaya Selad Sistrm Mulsa Plastik
Selamat pagi! Semoga para pembaca selalu diberikan kesehatan. Oke, hari ini kita akan membahas artikel soal sukses budidaya selada dengan sistem mulsa plastik. Implikasi mulsa plastik di bagian pertanian telah makin meluas. Dahulu kita seringkali lihat cuma petani bawang yang mengimplementasikannya, saat ini banyak petani komoditas pertanian yang lain yang ikut memakai mulsa plastik. Kesadaran petani akan keutamaan konservasi tempat membuat beberapa petani ingin memakai mulsa plastik. Jenis mulsa plastik yang seringkali di gunakan oleh beberapa petani yakni mulsa plastik Hitam Perak.

Mulsa plastik Hitam Perak diaplikasikan sebab dapat menjaga kelembapan tanah dengan cara menghalangi sinar ultraviolet yang berlebihan. Disamping itu, mulsa plastik hitam perak diambil sebab harga yang relatif murah. Mulsa plastik gampang didapat di kios-kios alat pertanian, hingga beberapa petani tidak akan kesusahan disaat akan beli mulsa plastik hitam perak untuk tempat pertaniannya.

Salah satunya komoditas yang mulai memakai mulsa plastik hitam perak yakni selada. Selada yakni type sayuran yang seringkali diaplikasikan untuk pendamping makanan atau lalapan. Bila dilihat dari sisi warnanya, selada bisa dibagi jadi dua yakni selada hijau serta selada merah. Ke-2 type selada ini bisa dibudidayakan di negara kita, walau tanaman selada bukan tanaman asli Indonesia. Tetapi untuk membudidayakan selada dengan bagus anda membutuhkan taktik yang cocok dalam penanaman serta perawatan selada.

BACA JUGA

Trik Untuk Menanam Belewah Dengan Plastik Mulsa

Beginilah Tips dan Trik Melubangi Mulsa Plastik Hitam Perak

Budidaya Nanas Dengan Sistem Mulsa Plastik Hitam Perak

Apa Fungsi Mulsa Plastik Bagi Tanaman Selada? 

Tanaman selada yaitu tipe sayuran yang tak memerlukan cahaya matahari yang banyak. Jika seandainya tanaman selada terkena cahaya matahari yang terlalu banyak, maka tanaman ini akan mudah layu dan mengalami kematian.

Oleh karena itu, jika di Indonesia tanaman selada biasanya di budidayakan pada dataran tinggi yang mempunyai suhu rendah dan panas matahari yang tak terlalu terik. Anda tak usah risau, karena sekarang mulsa plastik hitam perak hadir sebagai solusi untuk menghindarkan tanaman selada dari paparan cahaya matahari yang berlebih.

Tidak cuma itu saja, mulsa plastik juga akan memberikan profit lain bagi Anda. Jika Anda menggunakan mulsa plastik, maka disekitar tanaman selada tak akan ada gulma yang tumbuh. Karena, mulsa plastik akan menekan petumbuhan gulma disekitar tanaman selada Anda. mulsa plastik yang menutupi zona bedengan selada akan menghambat gulma atau rumput supaya tak tumbuh karena dikala permukaan tanah tertutup mulsa plastik, maka gulma tak akan medapatkan cahaya sang surya sehingga gulma susah tumbuh di zona yang tertutup oleh mulsa plastik.

Situasi ini tentu benar-benar menguntungkan bagi Anda, Anda dapat menghemat pengeluaran karena anda tak pelu membeli herbisida atau menyewa daya kerja untuk membasmi gulma-gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Selain itu, tanaman selada Anda juga akan lebih sehat karena gizi dan unsur hara tanah tak akan direbut oleh gulma. Seandainya Anda memberikan pupuk organik bagi tanaman selada Anda, tak akan ada pupuk yang terbuang sia-sia. Karena penggunaan mulsa plastik akan mempertimbangkan seluruh gizi dan unsur hara cuma dipergunakan oleh tanaman yang tak tertutup mulsa plastik yaitu tanaman selada Anda.


Mulsa plastik juga akan melindungi bedengan tanah dari pengikisan dan pengikisan akibat hujan lebat. Mulsa plastik membuat tanah lebih kokoh dan tak mudah terkikis jika hujan besar datang. Harga mulsa plastik juga cukup relatif murah, jadi jangan khawatir dengan modal permulaan yang terlalu besar.

Bagaimana? Berminat untuk menggunakan mulsa plastik pada kebun selada Anda? Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat. Jangan lupa selalu kunjungi website ini untuk update berita terbaru ya. Jangan lupa share agar semua mendapat informasi yang bermanfaat ini ya. See you later!

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama