Cara Muda Menyimpan Cabai Agar Tidak Cepat Busuk, Bisa Tetap Segar Selama 3 Bulan!

Cara Mudah  Menyimpan cabai Agar Tidak Mudah Busuk
Selamat pagi! Semoga para pembaca selalu diberikan kesehatan. Oke, hari ini kita akan membahas artikel soal cara muda menyimpan cabai agar tidak cepat busuk, bisa tetap segar dalam 3 bulan.

Di saat seperti ini, menyetok bahan/bumbu dapur semacam cabai di rumah adalah pilihan yang tepat. Soalnya, cabai jadi bahan utama yang pasti hampir setiap hari diolah di rumah. Tetapi permasalahannya, cabai sering cepat busuk hingga tidak bertahan lama jika disetok.

Jika telah busuk, tentunya cabai tidak dapat lagi dipakai!

Sayang sekali, kan!

Nah, jika ini seringkali berlangsung di dalam rumah, dapat jadi Anda salah simpan cabai hingga jadi cepat busuk. Diantaranya, masukkan cabe ke freezer hingga jadi beku serta lembek saat akan diproses. Karena itu, ada langkah gampang serta ringkas untuk simpan cabai supaya awet serta bertahan lama nih.

Berikut adalah caranya:

Jangan Campur Cabai dengan Bumbu Dapur Lain

Waktu simpan cabai dalam kulkas, jangan meletakannya di samping produk lain. Stefu merekomendasikan tidak untuk simpan cabai bersisihan dengan dairy product, seperti susu, telur, serta keju.

Karena produk itu akan menghisap aroma cabai hingga aroma cabai akan melekat dengan kuat. Disamping itu, Prasetyo merekomendasikan untuk simpan cabai tidak bersisihan dengan sayuran fresh lainnya.

Cara Petik Cabai dapat Memengaruhi Keawetan Cabai

Bila kamu mempunyai tanaman cabai sendiri upayakan memetiknya saat pagi hari. Karena pagi hari adalah waktu paling baik untuk menuai. Berat buah masih maksimal waktu pagi hari.

"Tujuannya agar buah yang diambil tidak terkontaminasi oleh organisme pembusuk," papar Prasetyo. Cara memetik yang baik dengan dipelintir tangkai buah cabai. Lakukan hal itu dengan waspada agar ranting atau cabang tidak patah.

BACA JUGA:
Sukses Pasca Panen Sayuran Dengan Memakai Waring Sayur
Kunci Sukses Budidaya Tanaman Cantik Dengan Naungan Paranet
Cara Menanam Monstera dan Kunci Sukses Merawat Monstera Dengan Metode Terbaik

Cabai yang diambil dengan batang semakin lebih bertahan lama disimpan dibanding yang dipanen tanpa ada mengikutkan tangkainya.

Pisahkan Cabai dari Tangkainya

Setelah membeli cabai, petik tangkainya. Buang cabai yang busuk atau agak lembek. Namun, kalau yang busuk hanya ujungnya, Anda cukup mematahkan atau memotong sebagian dan ambil yang masih bagus. Pastikan tidak memasukkan cabai ke dalam wadah agar tidak menular ke cabai yang masih segar.

Jangan Cuci Cabai

Cabai dicuci kalau mau diolah saja, agar selalu segar dan tidak lembab yang kelembapan itu membuat cabai membusuk. Jika akan cabai tidak akan diolah sekarang, cabai bisa di tempatkan di wadah bolong-bolong dan diletakan didalam lemari es/kulkas.

Menyimpan Cabai yang Benar

Siapkan tempat yang memiliki ptnutup, jadikan tisu sebagai alas di bagian bawah dan sekeliling wadah bagian dalam. Rapikan cabai yang ingin disimpan di dalam wadah cabai, dan pastikan tak terlalu penuh didalam wadah agar cabe tak bonyok dan rusak atau bisa jadi busuk. Taruh sesiung bawang putih yang sudah dikupas diatas cabai.

Bawang putih berbentuk anti bakteri, hingga cabe tidak gampang busuk serta rasa pedasnya masih terbangun. Kemudian, tutup wadah dengan rapat serta taruh di kulkas sisi bawah rack. Jangan disimpan dalam freezer. Janganlah lupa tukar tisu yang baru bila telah cukup basah supaya cabe tetap fresh.

Nah itu dia cara mudah dan praktis menyimpan cabai, Anda jadi tak perlu khawatir harus sering membuang cabai karena cepat busuk.


Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat. Jangan lupa selalu kunjungi website ini untuk update berita terbaru ya. Jangan lupa share agar semua mendapat informasi yang bermanfaat ini ya. See you later!

1 Komentar

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama