Cara Memasang Mulsa Plastik Tambak, dari Fungsi Sampai Manfaat yang Diperoleh

Pengertian Mulsa Tambak

Hai, kembali lagi bersama penulis yang akan membahas seputar dunia pertanian, perkebunan, pertanian dan juga perternakan. Salah satu upaya yang dikerjakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan negara untuk meningkatkan produktivitas tambak ialah melalui program revitalisasi pada tambak dengan menggunakan plastik mulsa khusus tambak.

Persiapan tambak yang dikerjakan sebelum memulai pemasangan plastik mulsa tambak ialah, penambalan bocoran, perbaikan pintu air, kedok teplok, perbaikan pematang, pendalaman parit dan pelataran tambak serta perataan tanah dasar. Seterusnya mempesiapkan/membuat bahan yang akan dipakai untuk penempatan plastik mulsa seperti pacak mulsa, pencapit mulsa serta tali polyethilen. 

Penempatan plastik mulsa dilaksanakan sesudah landasan tambak sudah kering serta rata. Hasil penilaian keadaan tambak sesudah penyebaran beni udang vaname memperlihatkan jika temperatur air untuk tambak plastik mulsa lebih tinggi dibandingkan tambak yang tidak memakai plastik mulsa. 

Untuk tambak plastik mulsa tidak terlihat klekap terapung yang jika terbenam bisa membusuk jadi H2S. Pemakaian plastik mulsa untuk tambak sulfat masam bisa menahan timbulnya partikel besi untuk pematang, landasan serta air tambak dan bisa mengeliminasi porositas, kebocoran air tambak serta menahan berlangsungnya pengadukan lumpur untuk landasan tambak oleh arus kincir. 

Produksi udang vaname untuk tambak sulfat masam yang memakai plastik mulsa di Instalasi Tambak Eksperimen Marana dengan padat penyebaran 80 ekor/m2 sepanjang perawatan 2 bulan capai 2.99 ton/ha, sintasan 75,96%, dengan size 203 ekor/kg.

Apasih Manfaat dan Fungsi plastik mulsa pada tambak

  • dapat mengeliminasi porositas dan kebocoran air tambak
  • mengatasi masalah kualitas tanah
  • memperkecil kemungkinan terjadinya pengikisan tanah pada tanggul dan dasar tambak tanah oleh arus kincir/air
  • mencegah terjadinya air koloid
  • menjadikan mudahnya terkumpul limbah/samapah pada tambak sehingga feeding lokasi lebih bersih.

Selain itu, pemakaian plastik mulsa pada tambak juga memperoleh manfaat-manfaat lain 

  • sanggup meningkatkan produktivitas
  • menghemat pemakaian air dan kincir dikarenakan respirasi mikroorganisme rendah
  • anggaran investasi relatif murah
  • pemasangan mudah dan segera (sekitar dua hari untuk tambak 3.000 m2)
  • meskipun plastik mulsa tambak nampak slim, namun ulet dan tahan terhadap pelapukan walaupun terpapar sinar matahari terus menerus.
BACA JUGA:

Saat sebelum dilapis plastik mulsa, tempat perlu disiapkan lebih dulu buat menghindar lepasnya gas beracun hasil pembusukan landasan tambak. Dalam menyiapkan tempat tambak saat sebelum manfaatkan plastik mulsa ialah sebagaiberikut :

  • pembuangan lumpur limbah
  • pengeringan lahan
  • pengapuran
  • perataan tanah

Produksi mulsa plastik mudah lantaran oleh pabrik dalam jumlah besar. Anda bisa menghubungi distributor atau supplier mulsa plastik untuk kebutuhan mulsa plastik Anda. Kelebihan pemakaian mulsa plastik tersebut sangat terbukti untuk menunjang aktifitas keberhasilan dalam petambakan guna meningkatkan produktivitas dalam tambak yang tersebar diberbagai daerah di Indonesia.

Berbagai macam keunggulan yang ada di atas telah membawa kita pada kesimpulan bahwa mulsa plastik tambak sangat bermanfaat untuk menunjang kegiatan tambak. Inilah yang membuat mulsa plastik terpilih menjadi yang terbaik untuk para petani ataupun petambak.

 Petani maupun petambak yang mengerjakan budidaya dapat menangguk hasil yang lebih besar dengan usaha yang minimal. Waktu ongkos produksi dapat ditekan, maka keuntungan akan meningkat meski harga jual hasil pertaniannya tetap. Tambak bakal mulai diisi lagi dengan mulsa yang baru. 

Nah, berakhir sudah pembahasan materi untuk artikel kali ini. Jangan lupa share agar semua mendapat informasi yang bermanfaat ini ya. See you later!

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama