Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria? Inilah 5 Manfaat Dari Lengkuas


 Lengkuas juga kerap untuk dijadikan sebagai bumbu masakan khas Indonesia dan juga Asia. Ta mampu untuk menyedapkan rasa makanan, ada banyak juga manfaat-manfaat lengkuas bagi kesehatan. Itulah sebabnya, bumbu dapur yang mirip seperti jahe ini juga sering digunakan sebagai bahan obat-obatan tradisional.

Selama berabad-abad, lengkuas telah dijadikan sebagai tanaman obat untuk mengatasi atau mencegah berbagai macam-macam penyakit. Manfaat lengkuas juga sebagai obat tradisional tidak diragukan lagi karena rempah ini sudah diketahui mengandung banyak senyawa penting yang cukup bermanfaat bagi kesehatan, seperti galangin, asam felonik, polifenol, dan juga flavonoid.

Inilah manfaat-manfaat lengkuas untuk kesehatan ada beragam, yang di antaranya adalah:

1. Meredakan nyeri sendi

Lengkuas diduga dapat untuk meredakan nyeri sendi, misalnya pada kasus osteoarthritis atau juga rheumatoid arthritis. Sama jahe dan juga kunyit, lengkuas juga mengandung senyawa kimia antiradang yang juga dapat untuk membantu meredakan peradangan penyebab nyeri sendi.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada penderita osteoartitis lutut juga menunjukan bahwa ekstrak jahe dan juga lengkuas dapat untuk meredakan nyeri lutut yang muncul saat berdiri, jika dikonsumsi setiap hari. Namun, perlu juga dilakukan penelitian yang lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas lengkuas sebagai obat antinyeri.

Baca Juga:

2. Meningkatkan kesuburan pria

Mengonsumsi lengkuas juga sudah diyakini dapat untuk meningkatkan kesuburan pria. Sebuah penelitian yang dilakukan selama 3 bulan kepada pria dengan kualitas sperma yang buruk, menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung lengkuas dapat untuk membantu meningkatan kualitas sperma.

Meski demikian, penelitan ini tidak murni menggunakan lengkuas saja, tetapi juga menggunakan bahan-bahan yang lain, yaitu buah delima. Oleh karena itu, studi lebih lanjut perlu dilakukan terhadap manfaat-manfaat lengkuas ini.

3. Menurunkan kadar gula darah dan kolesterol

Konsumsi lengkuas juga diyakini dapat untuk mencegah penyakit diabetes tipe 2 dan jantung. Manfaat ini mungkin dapat diperoleh berkat dari kandungan antioksidan polifenol yang dapat untuk menurunkan kadar gula darah dan juga kolesterol jahat yang ada pada dalam tubuh.

4. Membunuh dan menghambat perkembangan virus dan bakteri

Penelitian menunjukkan kandungan galangin dalam lengkuas bahwa lengkuas berpotensi menghambat perkembangan virus Corona. Selain itu, ekstrak lengkuas juga disebut memiliki kandungan antimikroba yang sudah terbukti cukup mampu untuk membunuh bakteri penyebab dari berbagai macam-macam penyakit. Meski demikian, berbagai manfaat lengkuas tersebut juga cukup perlu untuk diteliti lebih lanjut.

5. Mengurangi risiko terkena kanker

Selain beberapa manfaat yang ada di atas, lengkuas juga diduga dapat membantu mengobati dan juga mencegah penyebaran sel kanker, seperti kanker kolon, kanker serviks, dan juga kanker payudara. Tentunya, masih dibutuhkan bukti dan juga penelitian untuk lebih lanjut mengenai manfaat lengkuas yang satu ini.

Lengkuas juga memiliki rasa yang agak sedikit pedas, tetapi pedas dari lengkuas tidak sepedas jahe. Untuk bisa mendapatkan berbagai manfaat lengkuas tersebut, Anda juga bisa untuk menambahkan rempah ini ke dalam makanan, menjadikannya teh dengan cara direbus, atau bisa juga mencampurkannya ke dalam racikan jamu.

Meski dapat dijadikan sebagai obat-obatan tradisional untuk mengatasi dan juga mencegah sejumlah penyakit, sebaiknya jangan hanya mengandalkan lengkuas untuk mengatasi penyakit yang Anda derita tanpa Anda berkonsultasi dengan dokter.

Ingin tanaman bebas gulma? Coba gunakan Plastik Mulsa agar tehindar dari gulma, Info harga Klik Disini

Selain manfaat lengkuas yang masih perlu dibuktikan, rempah ini juga diduga bisa dapat menyebabkan beberapa efek samping, yang seperti penurunan nafsu makan, buang air kecil berlebihan, atau diare, jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Jadi, sebelum Anda mengonsumsi lengkuas sebagai pengobatan alternatif, Anda juga sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, terutama jika Anda yang memiliki kondisi medis yang khusus. Dokter juga dapat memberikan penanganan dan juga saran konsumsi lengkuas sesuai dengan kondisi Anda.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama