10 Fakta Menarik Tentang Buah Melon, Yuk Simak!


Apa kalian sudah tau apa itu buah melon? Melon merupakan buah yang sangat lezat dan segar dan banyak dijumpai di negara - negara lain terutama di Indonesia. Buah ini mempunyai kulit yang berwarna hijau atau kuning dengan dagingnya yang berwarna orange, putih, atau hijau tergantung jenis nya.

Selain mempunyai permukaan yang renyah dan rasa manis yang menyegarkan melon juga mempunyai  kandungan beberapa nutrisi penting. Berdasarkan dengan kandungannya, tentu saja konsumsi melon dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Walaupun menyehatkan, kamu tetap tidak boleh mengonsumsi terlalu banyak buah melon. Sebab, asupan yang ada di dalamnya dapat membahayakan gangguan pencernaan dengan tanda-tanda, semacam perut terasa kembung, mual, dan diare.

Manusia yang mempunyai penderita alergi, buah melon berpotensi memicu akan muncul reaksi alergi. Seperti gatal-gatal, ruam kulit, diare, mual, muntah, hingga dyspnea atau sesak napas. Sebab itu, penting bagi yang mempunyai penderita alergi untuk bertanya-tanya dengan para dokter sebelum mengonsumsi buah melon.

Baca juga :


1. Dapat Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi merupakan gangguan yang yang bertanda-tanda, seperti sakit kepala, bibir terasa kering, penurunan frekuensi buang air kecil, dan sering kelelahan. Masalah tersebut dapat terjadi karena akibat tubuh kekurangan banyak cairan, sehingga dapat tidak mampu menjalankan fungsinya. Dehidrasi bisa juga menyebabkan gangguan kesehatan yang serius.

Dengan kandungan 90 persen air di dalamnya, buah melon bisa membantu untuk mengatasi gejala dehidrasi. Bermacam-macam mineral di dalamnya juga dapat membantu untuk mengembalikan elektrolit di dalam tubuh.


2. Memenuhi Gizi Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil atau bisa juga di sebut juga bumil ini harus membutuhkan nutrisi beragam vitamin dan mineral yang lebih tinggi dari biasanya.

Manfaat lainnya juga terdapat pada vitamin C yang dapat bekerja dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Dengan itu, bumil tidak akan mudah terserang penyakit yang berisiko dapat membahayakan bayi yang ada didalam kandungan.


 3. Dapat Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Menurut jurnal Food Research International, selain dagingnya kulit melon juga dapat bisa berpotensi untuk menyehatkan semacam pencernaan. Hal ini karena berhubungan dengan senyawa fenolik dan produksi asam lemak yang dapat meningkatkan kesehatan untuk saluran pencernaan.


4. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Natrium dan kalium yang ada di dalamnya dapat menurunkan dan menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Hal ini pastinya dapat mendukung kinerja pada jantung.

Buat kamu yang mempunyai penyakit darah rendah, natrium yang berada di dalam buah melon akan bekerja dengan cara mengikat cairan dan menambah volume darah. Dan juga, kamu yang memiliki penyakit darah tinggi, kalium dalam buah melon akan bisa membantu menyeimbangkan jumlah volume yang ada di dalam darah.


5. Dapat Menurunkan Resiko Peradangan

Nutrisi yang terkandung di dalam melon adalah sumber antioksidan potensial untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit kronis. 

Kandungan di dalam vitamin C buah melon bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Nutrisi tersebut mampu mempercepat perpindahan sel-sel kekebalan tubuh ke arah yang terinfeksi, dan merangsang sel untuk memakan patogen penyebab penyakit.


6. Dapat Menyehatkan dan Mengkuatkan Tulang

Melon mengandung bermacam-macam nutrisi yang penting untuk memperbaiki tulang yang kuat, termasuk folat, vitamin K, dan magnesium. Keadaan ini berhubungan dengan menurunkan kepadatan mineral pada tulang dari waktu ke waktu.


7. Mendukung Kulit yang sehat

Asupan vitamin C yang cukup sangatlah penting pada buah yang sering menjadi bahan pembuatan salad dapat juga membantu untuk memperbaiki dan memelihara jaringan kulit. Asupan vitamin C yang terdapat di dalamnya akan bekerja efektif untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat cahaya matahari.


8. Menyehatkan Rambut

Vitamin A berperan sebagai pertumbuhan dan pemeliharaan semua jaringan yang berada pada bagian tubuh, termasuk di bagian kulit rambut. Vitamin C menjalankan tubuh untuk memproduksi kolagen yang memberikan bentuk pada sel, kulit, dan rambut. Kebutuhan vitamin dan mineral tersebut akan bisa kamu dapatkan pada buah melon ini.


9. Dapat Mendukung Kekebalan Tubuh

Vitamin C mempunyai peran penting dalam mendukung fungsi kekebalan tubuh. Asupan vitamin C yang cukup dapat mencegah dan mengobati sebagian infeksi pernapasan dan sistemik, seperti pneumonia dan flu biasa. Sebab itu, sistem kekebalan manusia sangatlah kompleks sehingga harus membutuhkan nutrisi yang penting agar berfungsi dengan baik.


10. Dapat Menyehatkan Mata

Buah berdaging orange ini mengandung dua antioksidan lutein dan zeaxanthin. Senyawa dengan karotenoid ini baik untuk mendukung kesehatan mata dan bisa dapat mencegah perkembangan kehilangan penglihatan dengan bertambahnya usia.





Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama