Suka Makan Wortel? Inilah 8 Manfaat Wortel yang Harus Kamu Ketahui!


Wortel atau Daucus carota L adalah jenis tanaman sayuran yang diambil umbinya dan mempunyai segudang manfaat jika mengonsumsinya secara rutin. Wortel mempunyai berbagai macam warna,seperti warna orange, kuning, putih, merah ataupun ungu. Tetapi di Indonesia sendiri, wortel lebih dikenal dengan warna orange serta memiliki rasa yang gurih, renyah dan sedikit manis. 

Tanaman wortel dapat dibudidayakan di dataran tinggi dengan ketinggian minimal 1000 mdpl dengan suhu udara sekitar 15 – 21 derajat celcius untuk hasil yang optimal. Wortel populer sebagai sumber vitamin A yang dapat digunakan untuk kesehatan mata dan bisa meningkatkan penglihatan jarak jauh. Selain itu, wortel juga mengandung vitamin B dan kandungan vitamin lainnya yang baik untuk kesehatan. Ingin tahu apa saja manfaat mengonsumsi wortel? simak ulasan berikut ini.

Baca Juga:

1. Melindungi Kesehatan Mata


Wortel dapat melindungi kesehatan mata dikarenakan wortel memiliki kandungan vitamin A dan kandungan beta karoten. Jika rutin mengonsumsi wortel, maka mata akan terhindar dari penyakit katarak, rabun dan masalah mata lainnya. 

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Jika ingin menjaga kadar gula darah supaya tetap normal, maka konsumsi wortel adalah salah satu jalannya, sebab wortel mengandung gula yang tidak dapat membuat gula darah melonjak tinggi sehingga lebih aman dikonsumsi daripada makanan manis. Namun, wortel memiliki ukuran indeks glikemik yang rendah. 

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi wortel dapat menekan keinginan untuk mengemil, karena wortel memiliki kandungan serat yang membuat perut kenyang lebih lama, sehingga sayuran ini tepat untuk diet. Selain itu, 100 gram wortel hanya mengandung 36 kalori.

4. Menurunkan Risiko Kanker



Beta karoten pada wortel merupakan salah satu antioksidan yang mampu melawan radikal bebas yang merusak sel dan memicu sel menjadi abnormal. Maka sebab itu, Konsumsi makanan yang kaya antioksidan secara rutin dapat menurunkan risiko kanker.

5. Melancarkan Pencernaan

Serat tidak hanya bermanfaat untuk mencegah sembelit, namun juga menjadi makanan bagi bakteri baik yang berada di usus. Bakteri baik di usus bisa mengatur kekebalan dan mencerna makanan dengan baik. Bila keseimbangan bakteri di usus terjaga, tentu akan membuat sistem pencernaan akan selalu sehat

6. Menyehatkan Otak

Ketika usia bertambah, biasanya kinerja otak mengalami penurunan. Mengonsumsi makanan kaya akan beta karoten seperti wortel dapat memperlambat proses penurunan kinerja otak. Sayuran wortel mengandung beta karoten yang bisa menjaga kesehatan otak. Selain itu, Beta karoten juga dapat mencegah kerusakan maupun peradangan pada sel-sel otak.

7. Mencegah Kerontokan Rambut


Rambut rontok sering dialami baik wanita ataupun pria. jika kondisi rambut rontok semakin parah, maka hal ini dapat menyebabkan kebotakan. Untuk mencegah kerontokan rambut lebih parah, maka mengonsumsi wortel yang kaya beta karoten menjadi jalan salah satunya. Antioksidan yang terdapat pada wortel bisa membuat akar rambut lebih kuat dan kulit kepala lebih sehat. 

8. Membuat Kulit Tetap Sehat


Selain menjaga kebersihan kulit dan menggunakan produk perawatan kulit, kulit juga membutuhkan nutrisi dengan cara mengonsumsi makakan sehat. Wortel termasuk salah satu makanan yang dapat memberi manfaat untuk kesehatan kulit. Adanya karotenoid pada wortel dapat membuat tampilan wajah jadi lebih berseri, sehat dan awet muda.


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama