Wajib diketahui Tentang 10 Manfaat Bawang Merah!



Bawang merah banyak dikenal sebagai bumbu masak untuk penambah cita rasa. Bawang merah ini juga bisa bermanfaat untuk merawat kesehatan di bagian tubuh tubuh. Karena memiliki kandungan anthocyanin atau  antosianin ini dapat mampu bekerja untuk menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit seperti jantung, beberapa jenis penyakit kanker, dan diabetes.


Baca Juga :


1. Membuat Wajah Awet Muda

Sulfur atau belerang dalam bawang merah ini membantu untuk meremajakan kulit, sehingga wajah terlihat lebih muda dibandingkan dengan usia sebenarnya. Cara mendapatkan manfaat bawang merah untuk wajah ini cukup mudah, yaitu pertama-tama rendam bawang merah yang telah dikupas ke dalam air panas, lalu basuhkan ke wajah secara perlahan-lahan dari bekas air rendaman tersebut. Lakukan kegiatan ini setiap hari 


2. Dapat Mencegah Infeksi

Bawang merah juga dapat bisa mencegah terjadinya infeksi pada kulit wajah. Kamu bisa menggunakan bawang merah ini untuk menyembuhkan wajah yang terkena sengatan serangga. Caranya yaitu cukup gosok dibagian yang terkena sengatan dengan ekstrak bawang merah. Manfaatnya yaitu akan membantu meredakan rasa sakit. Cara lainya yaitu dengan cara ditumbuk atau dipotong sebagian lalu oleskan pada sengatan nyamuk, lebah atau tawon.


3. Meningkatkan Kesehatan Pada Otak

Manfaat bawang merah untuk wajah ini didukung berbagai mineral dan vitamin yang ada di dalamnya. Ini termasuk piridoksin, karena bisa dapat membantu merangsang pelepasan GABA atau neurotransmitter yang dapat memblokir impuls antara sel-sel saraf di bagian otak. Hal ini sangat penting karena untuk menjaga meningkatnya stres rendah dan menjaga hormon di dalam tubuh pada tingkat yang tepat.

Jika kamu ingin mengurangi stres atau menenangkan pikiran, bawang merah ini dapat memberikan dorongan GABA dengan cepat.


4. Mencegah Penyakit kanker

Alil sulfida dalam bawang merah ini juga dapat membagikan perlindungan terhadap penyakit kanker. 

Karena hal ini termasuk untuk menghentikan siklus sel-sel, mencegah migrasi sel pada penyakit kanker, dan menginduksi apoptosis. Meskipun begitu, kamu tetap harus membutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan apa khasiatnya terhadap penyakit kanker ini.


5. Mendukung Kesuburan Pria

Ekstrak kulit bawang merah ini bisa juga dapat untuk meningkatkan aktivitas ke saluran epididimis. Pada akhirnya berperan penting dalam fungsi sperma tersebut. 





6. Menjaga kesehatan Mulut

Bawang merah mengandung senyawa belerang yang mempunyai sifat antibakteri. Karena bawang merah ini dapat membantu melawan bakteri yang disebakan oleh bau mulut, kerusakan pada gigi, gigi yang berlubang, dan penyakit gusi. Sementara itu, ia juga bisa dapat membantu untuk mengurangi risiko yang terkena penyakit kanker mulut ini.


7. Sebagai Obat untuk Masuk Angin

Bawang merah sudah di kenal lama untuk digunakan untuk pengobatan tradisional karan dapat mengatasi masuk angin. Caranya yaitu dengan digeprek atau mengiris bawang merah, kemudian campurkan dengan minyak kayu putih, lalu, setelah di campur dengan campuran tadi usapkan ke bagian badan yang terkena masuk angin.


8. Dapat Mengatasi Jerawat

Menurut salah satu ilmiah yang berjudul Therapeutic Uses and Pharmacological Properties of Shallot menyebutkan bahwa bawang merah  mengandung sifat antimikroba dan antiinflamasi. Ini yang membuatnya untuk mengatasi masalah pada jerawat. Senyawa sulfur organik yang terkandung di dalamnya dapat memberikan sifat profilaksis atau mencegah infeksi dan kuratif atau menyembuhkan terhadap banyaknya infeksi.


9. Dapat Juga Mengecilkan pori-pori di Wajah

Bawang merah juga bisa membantu untuk mengecilkan pori-pori di bagian wajah. Caranya yaitu Iris tipis-tipis dan oleskan di bagian wajah yang terdapat pori-pori.


10. Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Bawang merah dapat menyembuhkan sakit tenggorokan, dengan cara berkumur dengan jus bawang hal ini akan bisa membantu untuk meredakan rasa sakit yang muncul akibat sakit tenggorokan. Manfaat bawang merah ini dikarenakan adanya antioksidan dan vitamin yang ditemukan dalam bawang merah.


Tetapi saat kamu mengonsumsi bawang merah berlebihan itu akan menyebabkan rasa mulas, bau mulut, interaksi obat dll.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama