Manfaat Timun untuk Kecantikan dan Kesehatan

 


Timun banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia salah satunya di Indonesia. Di Indonesia timun sering dijadikan sebagai lalapan makanan atau diolah menjadi acar.

Timun dalam bahasa inggris ialah Cucumis sativus L atau cucumber ialah merupakan tanaman yang dapat bertumbuh baik di ladang, kebun, ataupun pada halaman rumah. Timun dapat tumbuh baik yaitu pada tanah yang subur dan gembur dengan paparan sinar matahari serta kelembapan pada udara tinggi. Tanaman timun mempunyai panjang sekitar 30 centimeter. Apabila masih muda, timun akan mengandung banyak cairan, kulit yang berwarna hijau, dan permukaannya yang licin, tetapi apabila saat tua timun akan berubah menjadi warna kuning.


Baca Juga :


1. Terhindar dari Dehidrasi

Timun memiliki kandungan air mencapai 95% yang dapat membantu untuk menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi dan mengisinya kembali dengan menghilangkan racun. Dengan memiliki kandungan air yang tinggi dapat berfungsi sebagai pembersih sistem dan menghilangkan produk limbah keluar dari sistem.


2. Menurunkan Tekanan Darah

Timun mempunyai kaya akan serat, kalium, dan magnesium, hal tersebut dipercaya dapat menurunkan tekanan darah.

Sementara itu, berbagai peneliti mendapatkan apabila kandungan kalium dan airnya yang tinggi akan membuat sifat diuretiknya menjadi ringan, sehingga dapat membantu mengatur tekanan darah.


3. Mengurangi Lingkaran Hitam di Mata

Pasti sobat pertanian99 mempunyai lingkaran hitam di bagian bawah mata atau mata panda tentu hal ini tidak baik untuk kesehatan. Memiliki mata panda terjadi apabila sobat kurang tidur atau miliki penyakit tertentu.

Nah untuk cara menghilangkan nya cukup mudah. Pertama yaitu Siapkan satu buah mentimun, kedua iris dengan tipis-tipis, ke tiga ambil irisan timun tersebut dengan menempelkan di atas mata selama 8 sampai 10 menit. Cara tersebut dapat mengurangi lingkaran hitam di bagian bawah mata.




4. Menghilangkan Bau Mulut

Timun juga dipercaya dapat menghilangkan bau mulut yang sering merasa sobat tidak percaya diri saat berbicara pada orang lain. Nah timun ini dapat membantu untuk melepaskan kelebihan panas di dalam perut yang menjadi faktor utama munculnya bau mulut.

Cara nya cukup mudah yaitu pertama iris timun secara tipis-tipis, kedua tempelkan di langit-langit lidah dengan menggunakan tangan selama 30 detik. Selama timun menempel, terjadi reaksi kimia di dalam timun yang dapat membunuh bakteri yang memicu bau mulut.


5. Dapat Mengatasi Kulit Kering

Manfaat timun selanjutnya yaitu mengatasi kulit kering. Hal tersebut dapat disebabkan oleh kandungan air yang tinggi dan sifat antiinflamasi dari timun yang bisa mengatasi permasalahan kulit kering, contohnya luka akibat terpapar sinar matahari. Cara menggunakannya pun sangat mudah yaitu pertama potong timun menjadi beberapa bagian, kedua setelah dipotong potongan tersebut di letakkan di alat untuk membuat jus, ke tiga apabila jus sudah jadi campur kan dengan yogurt atau air perasan lemon, ke empat setelah di campur yaitu selanjutnya oleskan ke kulit yang kering dan diamkan sekitar 10 sampai 15 menit.


6. Menguatkan Rambut dan Kuku

Timun dapat memperkuat pertumbuhan rambut dan kuku. Karena, memiliki kandungan silika yang baik untuk perawatan pertumbuhan kuku dan rambut.


7. Mengatasi Jerawat

Timun memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Cara nya sangat mudah, yaitu dengan mengunakan masker dari timun dan kamu bisa menambah perasan jeruk nipis ke dalam masker tersebut lalu oleskan di bagian wajah secara rutin saat sebelum tidur. Hal tersebut agar lebih cepat untuk menghilangkan jerawat yang membandel.


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama