Sudah Tau Apa Saja Jenis-Jenis Buah Pepaya? Yuk Simak Disini!


Buah pepaya ialah merupakan salah satu jenis buah yang banyak disukai di negara Indonesia. Permukaanya yang lembut, dan rasanya yang sangat manis ini lebih nikmat untuk dikonsumsi. Sementara itu, buah pepaya ini juga menjadi salah satu buah yang sangat mudah dibudidayakan sehingga kamu dapat sering menjumpai pepaya di pasaran dengan harga yang sangat terjangkau. Tanaman pepaya ini mempunyai  rasa yang manis dan sangat menyegarkan. Hal tersebut akan menjadikan buah pepaya ini menjadi salah satu buah favorit karena kaya akan vitamin dan nutrisi. Tidak heran kita mengonsumsi buah ini karna dapat menyehatkan jika rutin mengonsumsi bauh pepaya.

Buah pepaya sendiri ini ternyata mempunyai beragam jenis dan keunggulan stiap masing-masing jenis tersebut. Namun, jika dilihat sekilas dari pohon pepaya ini mempunyai bentuk yang sama. Akan tetapi buah yang dapat dihasilkan jelas mempunyai perbedaan. 


Baca Juga : 

1. Pepaya Hawaii

Jenis pepaya ini mempunyai ukuran kecil di bawah 1 kilogram. tidak heran jika buah pepaya ini dijuluki pepaya solo, karena mampu dimakan oleh satu orang saja. Buah pepaya hawaii ini juga mempunyai ciri yaitu memiliki fisik yang agak bulat dengan kulit yang berwarna kuning cerah. Sementara itu, pepaya jenis ini mempunyai rasa yang manis dan segar. Pepaya hawai ini juga banyak sekali dibudidayakan, sebab tergolong jenis pohon yang cepat tumbuh. Justru, buah pepaya ini sudah bisa dipanen aekitaran 9 bulan sejak pembibitan tanaman.


2. Pepaya Bangkok

Pepaya Bangkok ialah termasuk varietas buah pepaya yang berasal dari Bangkok, Thailand dan masuk di wilayah Indonesia sekitar tahun 1970. Buah pepaya bangkok ini memiliki Ciri yaitu yang membentuk lonjong dan daging buahnya berwarna agak kemerahan. Rasa pepaya Bangkok tidak perlu dikhawatirkan, karena memiliki rasa yang sangat manis hingga menyegarkan saat kita memakanya. Berbeda lagi dengan pepaya yang berjenis hawaii, karena jenis pepaya Bangkok mempunyai berat sekitar 3 kilogram per buah. Pepaya Bangkok merupakan salah satu varietas favorit para petani. Karena mempunyai salah satu keunggulannya yaitu akan cepat tumbuh, dan hanya membutuhkan waktu setahun untuk menjadi sebuah pohon.




3. Pepaya Cibinong

Jenis pepaya selanjutnya yaitu Cibinong. Jenis ini termasuk variasi lokal yang tidak kalah unggul. Nama dari variasi buah ini diambil dari nama asal buah yaitu daerah Cibinong, Jawa Barat. Pepaya cibinong ini apabila buahnya sudah matang yaitu diliat dari bagian kulitnya yang berwarna hijau matang sampai hijau tua. Pepaya cibinong ini juga mempunyai ciri-ciri khasyaitu buahnya yang berbentuk lonjong memanjang dan bagian ujungnya lancip. Sementara itu dibagian dalam buahnya terdapat warna merah kekuningan, dengan rasa yang manis dan menyegarkan juga.


4. California

Meskipun bernama California, justru ini merupakan pepaya asli dari Indonesia yang nama aslinya yaitu calina. Jenis pepaya california ini mempunyai warna daging yang merah cerah, dan rasanya sangat lezat dan manis. Seementara itu, pepaya ini bisa tahan selama hingga 5 hari meskipun tanpa bahan pengawet. Jenis pepaya ini bisa dipanen setiap 8 atau 9 bulan sekali. Karena tergantung pada kondisi pohon dan kesuburan dalam tanahnya.


5. Kapoho

Pepaya jenis kapoho ini termasuk buah yang memiliki rasa sangat manis dan mempunyai daging buah yang berwarna kuning. Buah yang berjenis kapoho ini berasal dari distrik Puna di Hawaii, akan tetapi disebagian besar pohon pepaya dapat dibudidayakan. Variasi ini diperkenalkan di Hawaii pada tahun 1911. Buah yang berjenis kapoho ini mempunyai berat kira-kira hingga 6,8 kilogram. Setiap panen minimal akan bisa mendapatkan 2 sampai 3 buah pepaya kapoho yang matang.




 

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama