5 Khasiat yang Akan Anda Rasakan Jika Rutin Mengkonsumsi Sirsak


Sirsak,nangka belanda, atau biasa disebut durian belanda,(Annona muricata L.) ialah tumbuhan berbunga yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia buahnya sering kali dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris, nangkèlan, nangka ènglan (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), durian belanda (Malaysia), nangko belando (Palembang), serta jambu landa (di Lampung). 

Penyebutan "belanda" dan variasinya, "jawa", "betawi", serta "sebrang" menunjukkan bahwa sirsak adalah buah yang didatangkan dari tempat lain. Pada kenyataannya, sirsak didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda ke Nusantara pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya, buah sirsak diyakini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat buah sirsak yang perlu Anda ketahui:

Baca juga:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat di dalam buah sirsak berperan sebagai antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh serta mengurangi risiko untuk terkena penyakit kronis, seperti diabetes dan hipertensi.Selain itu, kandungan nutrisi pada buah sirsak juga diketahui dapat menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat melawan penyakit infeksi.

2. Meredakan peradangan

Ekstrak buah sirsak diketahui mempunyai efek antiradang. Efek ini dipercaya baik untuk meringankan peradangan dan mencegah penyakit yang muncul akibat peradangan, seperti asam urat atau gout, hipertensi, dan arthritis.walaupun demikian, penelitian sejauh ini belum dapat menyimpulkan dengan pasti bagaimana efektivitas buah sirsak sebagai pengobatan. Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat buah sirsak yang satu ini.

3. Melancarkan pencernaan

Tingginya kandungan serat dan air di dalam buah sirsak ini juga baik untuk menjaga saluran cerna agar tetap aktif. Rutin memakan buah-buahan, termasuk buah sirsak, juga bisa mengatasi dan mencegah sembelit.

4. Melawan infeksi

Suatu riset di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah sirsak terlihat bisa membunuh bakteri, virus, serta parasit. Ditambah kandungan nutrisinya yang bisa memperkuat daya tahan tubuh, buah sirsak dipercaya baik untuk membantu pemulihan tubuh setelah terkena infeksi.

5. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Di dalam buah sirsak, terkandung antioksidan dan beragam zat kimia lain yang mempunyai sifat antikanker. Beberapa studi di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah dan daun sirsak terlihat dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker, seperti kanker payudara, prostat, usus besar, hati, ginjal, dan mulut.
Berbagai penelitian memang telah menunjukkan berbagai manfaat buah sirsak untuk kesehatan.tapi, perlu diingat, manfaat sirsak tersebut baru diketahui berdasarkan hasil studi dari beberapa penelitian berskala kecil.
Buah sirsak boleh saja dimakan sebagai bagian dari pola makan sehat karena memang mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi.

Sirsak telah terbukti membantu mengatur kadar gula darah dalam beberapa penelitian pada hewan.
Pada penelitian yang diterbitkan pada Journal of Ethnopharmacology, pemberian ekstrak sirsak pada tikus diabetes mengurangi kadar gula darah hingga 75 persen.
tapi, penelitian pada hewan ini menggunakan jumlah ekstrak sirsak yang terkonsentrasi. Itu artinya, jumlah buah sirsaknya cukup banyak jika dikonsumsi sebagai makanan.
walaupun diperlukan penelitian pada manusia, temuan ini menunjukkan bahwa buah sirsak matang punya manfaat bagi penderita diabetes jika dipasangkan dengan diet sehat dan gaya hidup aktif.


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama