Bagaimana Cara Menanam Blewah Agar Sukses Panen?


Buah blewah banyak sekalih akan nutrisi yang bagus untuk tubuh kita, Karena ini lah kandungan dan kegunaan dari buah ini, orang banyak yang menyukai buah tersebut. Karena hal tersebut kini juga banyak orang yang memulai peruntungan dengan memulai budidaya blewah. Berikut ialah cara budidaya Blewah :

a. Syarat Tumbuh
Bibit tanaman blewah bertumbuh ditempat rendah Sampai tempat tinggi, bibit blewah akan tumbuh pada lahan yang mendapatkan cahaya sang suya secara penuh sepanjang hari. Tanah yang digunakan untuk bertanam blewah ini harus kaya akan unsur hara dan mempuyai pH sekitar 6,0 hingga 7,0.

b. Penyemaian Benih dan Persiapan Bibit
Bibit blewah bisa ditanam dalam tempat tanam, satu Sampai dua bibit per lubang tanam, tapi lebih bagus laksanan penyemaian benih terlebih dahulu, penyemaian dapat memakai polybag atau tray semai sama halnya dengan penyemaian melon, semangka ataupun pare. Setelah berumur 10 sampai 14 hari bibit dapat dipindah tanamkan ke lahan tanam.

c. Persiapan Lahan Tanam
Lahan yang digunakan tuk budidaya, dibersihkan terlenihdahulu dari rumput liar atau tanaman pengganggu lain - lain. Lanjutnya aduk tanah dengan cara dibajak atau di cangkul.
Bikinlah bedengan dengan ukuran bedengan kira-kira 60 Sampai 80 cm untuk lebarnya dan mempunyai lebar parit sekitar 40 cm Serta jarak antar bedengan 2 sampai 3 meter (untuk menjalar batang tanaman).

d. Pemupukan Dasar
Jika bedak telah selesai dibikin, Laksanakan pemupukan dasar memakai Pupuk kandang atau kompos, NPK atu campuran KCL, ZA dan TSP atau SP36. Seminggu sebelum melaksanakn pemupukan dasar, laksanakn pengapuran memaki pupuk pertanian atau dolomit jika pH tanah kurang dari 6.0.

e. Penanaman Blewah
Setelah bibit berumur 10 sampai 14 hari dan lahan tanam pun seudah siap, segera laksanakan penanaman. Bolongan tanam tadi jangan lupa disiram terlebih dahulu sebelum ditanami, Lanjutnya tugal dengan kedalaman dicocokan dengan polybag semai, jika selesai, polybag dilepas kemudian masukan bibit beserta tempat tanam dalam lubang tanam. Siram bibit seperlunya. Penanaman ini baik dilaksanakn pada sore hari.

f. Penyiraman
Pada saat bibit berumur nol hingga 10 hari, penyiraman dilaksanakan setiap hari, selanjutnya dilaksanakn sesuai kebutuhan.

k. Pemanenan Blewah
Tanaman blewah yang sudah dapt dipetik apabila buah telah berumur sekitar 50 hari. Dalam sekali tanam, pemanenan dapat dilaksanakan sebanyak 2 X.

Baca Juga : 

Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Mulsa Plastik  untuk melindungi tanaman dari serangan hama dan melindungi kelembapan tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama