Cara Menanam Bawang Dengan Mulsa Plastik

Budidaya Bawang Dengan Mulsa Plastik
Halo semua, kembali lagi bersama penulis. Kali ini kita akan membahas artikel soal Cara menanam bawang dengan mulsa plastik. Siapa yang tidak dengan umbi umbian yang bernama Allium cepa (bawang merah)? Ya, umbi tanaman yang berikut ini dijadikan pelengkap di hampir semua jenis masakan bangsa ikita Indonesia. Masakan akan terasa tidak lengkap apabila tanpa bumbu ini. Selain itu semua, untuk masakan bawang merah rupanya juga kerap dikonsumsi sebagai obat. Produksi dalam negeri tahun 2016 rerata seputar 5.4 ton per ha, sesaat kekuatan produksi sebetulnya capai 10–12 ton/ha. Supaya tingkatkan produktivitas bawang merah, karena itu pemakaian mulsa plastik salah satu cara yang bisa dilakukan.

langkah-langkah pada saat menanam bawang merah dengan plastik mulsa:

PEMBUATAN BEDENG
  • Pemasangan tali raffia ,guna untuk pembuatan bedeng agar terlihat rapih dengan ukuran L: 1 m dan panjang disesuaikan dengan kemampuan
  • Pemaculan pada pinggiran bedengan untuk pembuatan saluran  bedengan,dengan tanahnya di timbun pada bedengan. Lebar Saluran antar Bedengan 30 Cm
  • Bedengan yang sudah dibentuk/dibuat diberi Pupuk dasar berupa kotoran ternak, kompos . Dosis pemberian pupuk organik dipermukaan Bedengan 1 M² 5 – 7 Kg. Lalu di campur dengan tanah pada permukaan Bedengan sampai merata.
  • Ratakan permukaan bedengan sehingga permukaan Bedengan rata guna untuk pemasangan mulsa  plastic.
MANFAAT MULSA  PLASTIK
  • Melindungi tanah dari daya rusak butir hujan.
  • Meningkatkan penyerapan air oleh tanah.
  • Mengurangi volume dan kecepatan aliran permukaan (mengurangi erosi).
  • Menjaga suhu dan kelembaban tanah
  • Memelihara kandungan bahan organik tanah
  • Mengendalikan pertumbuhan tanaman pengganggu (gulma).
Faedah serta Peranan Mulsa Plastik Hitam Perak Untuk peranan mulsa plastik ini yakni jaga bentuk struktur tanah supaya tidak kencang kering, dan menahan tumbuhnya tumbuhan liar atau gulma yang bisa mengganggu tumbuhan induk. Penggunaan juga membuat perlindungan tumbuhan dari masalah binatang penggangu atau hama penggangu. Pengaturan mulsa plastik, lazimnya seringkali diaplikasikan pada budidaya tumbuhan dengan cara intensifikasi produksi, misalnya tumbuhan hortikultura sejenis sayur-sayuran. Dengan pengaplikasian mulsa plastik diharapkan untuk hasil panen akan jadi bertambah dan kualitas serta kualitas hasil panen akan lebih baik lagi.

PEMASANGAN MULSA  PLASTIK
  • Pemasangan mulsa plastic  minimal  2  orang
  • Bentang mulsa plastic diatas permukaan bedeng, dengan warna hitam menghadap kebawah dan warna perak menghadap keatas 
  • Ujung-ujung mulsa plastic ditarik secara bersamaan dan kedua ujungnya dipasak dengan usuk  bamboo  berbentuk  n
  • Pasang pasak  bamboo pada bagian samping, sambil ditarik ujung mulsa  agar  lebih pres dengan permukaan tanah, hingga selesai pemasangan.
PEMBUATAN LUBANG  TANAM  
  • Pembuatan lubang tanam dengan menggunakan alat bantu  yang telah disiapkan dan sesuai dengan jarak tanam
  • Jarak tanam bawang putih antar baris 20 cm  dan antar kolom  15 cm  ( 20 x 15 cm )
  • Lahan siap untuk di tanam Bawang Putih.

Persiapan dan Pemilihan Bibit

Bawang merah dapat ditanam dengan umbi atau biji (TSS). Pilih umbi yang warnanya mengkilat, tidak cacat, padat, dan telah disimpan semasa 2–4 bulan dengan titik tumbuh 80%. Upayakan bibit umbi memiliki ukuran yang sama hingga perkembangan bawang merah nanti seragam.

Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan dilaksanakan semasa 2 kali, yang pertama 15 hari setelah tanam serta 30 hari setelah tanam. Pupuk yang digunakan berbentuk urea, ZA, serta Kcl di selama garitan tanaman.

BACA JUGA
Sukses Budidaya Tomat Dengan Mulsa
Kegunaan Mulsa Plastik Untuk Budidaya Sayuran
Cara Tanam Cabai Dengan Sistem Mulsa Plastik

Pengairan serta penyiangan

Bawang merah memerlukan air yang banyak tetapi jangan sampai tergenangi. Sesudah waktu penanaman 0–10 hari penyiraman dikerjakan seputar 2x sehari, usia 11–35 hari seputar 1x sehari (pagi hari), serta di atas 35 hari sampai waktu panen 1x/hari pagi atau sore hari. Penyiangan harus dikerjakan bila petani memperoleh gulma, tetapi penggunaan mulsa plastik tentunya akan turunkan jumlah gulma yang peluang tumbuh.

Panen

Tanda bawang merah sudah siap panen yaitu:
  • Pangkal terasa lemas bila dipegang
  • Daun menguning dan rebah
  • Umbi terlihat di permukaan tanah
Panen dilaksanakan dengan mengambil tanaman lalu diikat selanjutnya dijemur sampai kering. Ini berperan buat jaga agar umbi bawang merah tidak cepat busuk. Setelah umbi bawang 85% kering karena itu bawang merah siap dijual.

Riset di wilayah Temanggung di tahun 2014, memperlihatkan jika gabungan pemakaian mulsa plastik serta penataan jarak tanam pada bawang merah memperlihatkan hasil panen yang maksimal. Jarak tanam 15 cm x 25 cm membuahkan rumpun umbi terbanyak serta umbi kering sesudah ditimbang juga paling berat dibanding hasil budidaya bawang merah tanpa ada mulsa dengan jarak tanam semakin rapat.

Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan mulsa plastik pada kebun bawang merah Anda?

Itu tadi ulasan singkat artikel tentang Cara menanam bawang dengan Mulsa plastik. Semoga bisa menambah wawasan kita semua, Terima kasih.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama